Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lumajang selama  ini dikenal sebagai kota pisang. Selain itu kabupaten Lumajang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Kebetulan wilayah Lumajang berada dikaki Gunung Semeru. Apakah kamu sedang merencanakan liburan di Lumajang ? kalau iya jangan lupa mampir dibeberapa destinasi wisata alam berikut ini.

1Air Terjun Tumpak Sewu Goa Tetes

[Foto: Youtube.com]

Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes adalah dua tempat wisata yang berada ditempat yang sama. Kedua tempat wisata ini berada di desa Sidomulya, kecamatan Pronojiwo. Lokasi tempat wisata ini juga bisa dtempuh melalui wilayah Ampelgading, Malang. Kebetulan tempat wisata ini berada diperbatasan kedua kabupaten tesebut. Seperti pada air terjun lainnya untuk menikmati keindahannya kamu harus berjalan kaki. Meskipun kamu lelah berjalan kaki tetapi keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Goa Tetes akan membayarnya. Oh iya harga tiket masuk di tempat ini bisa dibilang sangat murah. Kamu hanya diminta membayar 5000 rupiah. 3000 untuk tempat wisata dan yang 2000 untuk parkir. Bagi kamu yang suka foto-foto disana juga disediakan spot foto dengan membayar 3000 rupiah.  

2Puncak B-29

[Foto: Archipelago-indonesia.com]

Bagi kamu yang tidak sanggup untuk mendaki ketinggian gunung Semeru tak usah khawatir. Kamu bisa menikmati keindahan Semeru maupun gunung Bromo dari puncak B-29 yang berada di kecamatan Senduro. Meskipun keindahan kedua gunung tersebut tidak sewaktu-waktu bisa terlihat karena seringkali tertutup oleh keindahan awan. Puncak B-29 dikenal dengan julukan negeri diatas awan.

3Air Terjun Sarun

[Foto: Brilio.net]

Air Terjun Sarun akhir-akhir ini juga mulai dikenal oleh masyarakat luas. Air terjun ini juga berada di kecamatan Senduro. Banyak orang yang mengatakan bahwa air terjun yang satu ini mirip dengan Air Terjun Kapas Biru, hanya saja memiliki ketinggian yang lebih rendah. Jika kamu ingin kesana disarankan untuk meminta tolong masyarakat sekitar sebagai guide agar tidak tersesat.

4Coban Pawon

[Foto: Gotravelly.com]

Kawasan tempat wisata ini masih tergolong asri karena belum banyak orang yang menjangkau tempat ini. Bagi kamu yang suka berpetualang sangat cocok untuk mengunjungi tempat ini. Oh iya tempat wisata ini juga dkenal dengan nama Antrukan Pawon. Coban Pawon berada di desa Gucialit. Keindahan yang disuguhkan Coban Pawon tak perlu diragukan lagi hanya saja tempat wisata ini belum dikelola dengan baik.

Baca Juga : 5 Wisata Alam di Kota Blitar ini Cocok untuk Mengisi Libur Lebaran

5Ranu Kumbolo

[Foto: Lazone.id]

Siapa sih yang  tidak tahu mengenai tempat wisata yang satu ini. Ranu Kumbolo merupakan danau yang berada dilereng gunung Semeru. Lokasi tempat wisata ini biasanya digunakan sebagai tempat transit pendaki gunung semeru. Keindahan malam hari dengan ribuan bintang membuat keindahan Ranu Kumbolo semakin sempurna.

6Antrukan Menjangan Senduro

[Foto: Islahagus.blogspot.com]

Antrukan Menjangan Senduro merupakan air terjun yang juga berada di kecamatan Senduro. Konon air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70-80 meter. Air terjun ini bisa dikatakan memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

7Pantai Watu Godeg

[Foto: Wisataria.com]

Tak banyak yang tahu ternyata di Lumajang juga memiliki pantai yang sangat indah. Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Watu Godeg. Pantai yang satu ini memiliki pasir berwarna hitam yang sangat menawan. Ciri khas dari pantai ini adalah banyaknya tebing tinggi yang membuat pantai semakin indah. Oh iya pantai ini berada dikecamatan Tempursari.

8Pemandian Alam Selokambang

[Foto: Ihategreenjello.com]

Pemandian Alam Selokambang sangat cocok digunakan sebagai lokasi wisata keluarga. Disana terdapat kolam renang yang bisa digunakan pengunjung untuk bermain air. Keberadaan pemandian ini tidak jauh dari pusat kota Lumajang dan rute menuju tempat ini sangat mudaha karena sudah beraspal.

9Air Terjun Kapas Biru

[Foto: Jejakpiknik.com]

Air terjun kapas Biru merupakan salah satu air terjun di Lumajang dengan keindahan yang sangat luar biasa. Keindahan air tejun ini harus kamu nikmati dengan berjalan kaki beberapa kilo meter. Air terjun ini berada tidak jauh dari air terjun tumpak sewu.

10Kebun Teh Gucialit

[Foto: Youtube.com]

Kebun Teh Gucialit merupakan salah satu kebun yang merupakan peninggalan zaman kolonial. Kebun teh ini berada dilereng gunung semeru dan berada di desa Gucialit kecamatan Gucialit.  Ditempat ini memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata sehingga  cocok untuk menghilangkan kejenuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here