Keindahan bentang alam di setiap sudut di Indonesia merupakan salah satu  karunia terbaik yang menjadikan negeri ini kian mempesona. Keindahan alam itulah yang seringkali memanjakan mata dan pikiran kita tatkala kita sedang diliputi rasa penat, gelisah, maupun perasaan yang memiliki aura negatif lainnya. Apalagi di tengah hiruk pikuk kota seperti kota Yogyakarta, kota padat yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini memang menjadi destinasi pelajar dari seluruh penjuru Indonesia maupun mancanegara untuk menuntut ilmu.

Hal tersebut menjadikan kota Yogyakarta sebagai salah satu kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi di Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan apabila tingkat stress yang ada pun cukup tinggi pula. Nah, bagi kamu yang ingin melepas rasa stress, lelah, penat, maupun rasa negatif apapun itu, kamu dapat pergi ke 5 destinasi wisata alam di Yogyakarta yang bahkan tak perlu jauh-jauh dari pusat kota!

1Gua Selarong

[Foto: Aodiatour.com]

Gua ini terletak di daerah Bantul, tepatnya sekitar 16 Km ke arah barat daya pusat Kota Yogyakarta. Gua ini dikenal sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat penjajahan dulu ini tak hanya menyimpan nilai sejarah, ternyata juga menyimpank panorama alam yang asri nan elok. Masih terletak di kawasan yang sama, terdapat air terjun yang sangat menggiurkan untuk dinikmati. Airnya yang mengalir  cukup deras serta percikan-percikan air di atas bebatuan membuat pemandangan yang ada makin terlihat menyegarkan. Daerah wisata ini pun penuh akan pepohonan yang rindang sehingga suasana yang ada makin memberi kesan yang sangat alami.

2Hutan Pinus Sendangsari

[Foto: Explorewisata.com]

Hutan ini juga disebut sebagai Hutan Pinus Pengger menyajikan kesejukan dari pepohonan pinus yang cukup rindang. Harga tiket yang murah menjadikannya sering didatangi pengunjung. Letaknya yang di pinggir jalan raya pun membuatnya tak sulit untuk ditemukan. Jarak yang harus ditempuh pun hanya sekitar 23 Km dari pusat kota ini tak hanya menyajikan pemandangan pohon-pohon pinus yang menjulang, akan tetapi juga menyajikan berbagai spot foto yang kekinian dan instagramable banget. Apalagi jika pemandangan malamnya diabadikan dalam foto, maka foto yang didapat akan lebih bagus akibat gemerlap cahaya lampu perkotaan terlihat dari atas hutan pinus ini.

3Gunung Api Purba Nglanggeran

[Foto: Travel.tribunnews.com]

Gunung api ini hanya berjarak kurang lebih 25 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Seperti namanya, gunung api ini merupakan gunung api yang pernah aktif di zaman purba, sehingga dapat disimpulkan bahwa bebatuan besar yang ada di sana merupakan peninggalan dari gunung tersebut. Gunung ini terletak sekitar 700m di atas permukaan laut, sehingga cocok apabila dijadikan tempat mendaki bagi pemula. Memang pendakian cukup menguras tenaga akibat medan yang cukup terjal, namun pemandangan yang disajikan ketika sampai tidak pernah menghianati usaha yang dilakukan. Sunset dan panorama Gunung Kidul dapat dilihat dari tempat ini pula. Wisata alam ini pun buka 24 jam dengan tarif yang tidak jauh berbeda ketika siang dan malam hari.

Baca Juga : 5 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Wisata Kaliurang Jogja

4Pantai Parangtritis

[Foto: Piknikasik.com]

Pantai ini telah melegenda di kalangan masyarakat Yogyakarta, baik akibat pemandangan luar biasa yang ada di sana maupun cerita mistisnya yang beredar. Wisata alam ini merupakan wisata alam lama yang masih terjaga keasriannya hingga sekarang. Pantainya yang luas, disertai dengan pasir hitamnya yang halus tanpa karang menjadikan tempat wisata ini cocok dijadikan tempat wisata alam keluarga. Ditambah lagi saat senja, kamu dapat juga menyaksikan indahnya sunset. Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup komplit. Ditambah adanya penyewaan tenda di dekat pantai yang menjadikannya makin menarik. Jaraknya pun hanya sekitar 30 Km. Masalah biaya pun aman, tak akan menguras isi dompetmu.

5Air Terjun Sidoharjo

[Foto: Alodiatour.com]

Seperti Pantai Parangtritis, air terjun ini juga hanya berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota. Suasananya masih sangat asri dan belum sering terjamah pengunjung membuat destinasi yang satu ini terlihat masih sangat alami. Tarifnya pun sangat terjangkau, namun kendaraan yang dibutuhkan untuk ke sini harus prima karena rute yang ditempuh cukup menanjak. Siapkan juga tenaga untuk jalan kaki sekitar 300m menuju tempat wisata ini. Selamat berwisata!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here