Wisata alam memang paling cocok untuk menghilangkan lelah dan penat setelah bekerja. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sayang jika tidak dinikmati. Di berbagai wilayah Indonesia pasti memiliki wisata alam yang memikat, tak terkecuali dengan Purworejo.

Purworejo merupakan kabupaten kecil yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki wisata alam hutan yang tidak hanya indah saja, namun juga eksotis dan unik untuk dinikmati. Berikut ini 5 rekomendasi wisata alam hutan Purworejo yang cocok dikunjungi untuk melepas penat.

1Hutan Pinus Sikepel

[Foto: Gstourjogja.com]

Tidak jauh berbeda dengan hutan pinus yang ada di wilayah lainnya, hutan pinus di Purworejo ini juga menghadirkan pemandangan indah dengan suburnya pepohonan. Terletak di perbatasan antara kota Magelang dan Purworejo, tepatnya yaitu berada di Desa Kembang Kidul. Terdapat berbagai macam fasilitas yang bisa kamu rasakan diantaranya adalah spot selfie, area bermain anak berupa mobil-mobilan, kolam renang di atas bukit, sarana outbond, dan lain sebagainya.

2Hutan Pinus Kalilo

[Foto: Jogja.tribunnews.com]

Hutan Pinus Kalilo termasuk ke dalam destinasi wisata baru di Purworejo. Meskipun begitu wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dari hutan ini cukup banyak setiap harinya. Aktivitas favorit pengunjung adalah berfoto karena pemandangan yang indah untuk dijadikan background. Namun kamu harus berhati-hati karena terdapat beberapa spot berbahaya seperti pinggiran jurang. Hutan yang mulai dibuka sejak tahun 2017 ini terletak di Desa Tlogoguwo, Kaligesing. Hanya dengan membayar parkir sebesar Rp 2.000 dan tiket sukarela kamu sudah bisa menikmati pemandangan dengan puas.

Baca Juga : Pesona Keindahan Hutan Wisata Tinjomoyo di Semarang

3Hutan Pinus Pamriyan Pituruh

[Foto: Yantobasna.blogspot.com]

Hutan pinus yang terletak di Desa Pamriyan, Kecamatan Pituruh ini memiliki pemandangan yang masih alami dan asri. Termasuk ke dalam wisata alam hutan Purworejo yang belum banyak dikunjungi sehingga kealamiannya masih terjaga dengan baik. Pemandangan yang indah di sekitar hutan cocok untuk dijadikan lokasi prewedding. Untuk menikmati berbagai keindahan yang diberikan oleh hutan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang karena tidak ada biaya masuk. Meskipun begitu spot foto dan pemandangan yang diberikan tetap indah dan menarik.

4Glamping De’Loano

[Foto: Krjogja.com]

Wisata alam hutan ini memiliki nama yang cukup unik yaitu Glamping De’Loano. Merupakan wisata alam hutan baru di Purworejo karena baru dibuka pada 14 Februari 2019. Glamping sendiri berarti berkemah, sedangkan De’Loano berasal dari lokasi wisata yaitu di Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Terdapat 10 tenda untuk menginap dan 1 tenda digunakan sebagai mushola. Kamu akan menemukan sensasi wisata yang berbeda jika menginap disini. Rimbunnya pohon pinus menambah kenikmatan pemandangan yang disajikan. Tidak hanya itu, cukup banyak spot selfie yang bisa digunakan sebagai background. Wisata ini dekat dengan Candi Borobudur, jadi kamu bisa sekalian mampir jika mengunjunginya.

5Hutan Kusumo Asri

[Foto: Indahnyapesonapurworejo.blogspot.com]

Hutan Kusumo Asri termasuk ke dalam wisata hutan yang cukup populer di Purworejo. Berbagai aktivitas seperti perkemahan, outbond, dan kegiatan petualangan bisa dilakukan di hutan ini. Lokasi hutan ini berada di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener. Untuk kamu yang sedang mencari wisata hutan alam yang indah, destinasi satu ini tidak boleh dilupakan begitu saja. Fasilitas yang diberikan diantaranya adalah parkir, kamar mandi, rumah makan, dan lain sebagainya. Untuk menikmati keindahan pemandangan dari Hutan Kusumo Asri kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Itulah 5 rekomendasi wisata alam hutan Purworejo yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Setiap destinasi memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dari kelima hutan di atas mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here