Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal dengan nasi tiwulnya ini, terdapat banyak tempat destinasi alam yang menarik.

Berikut ini ulasan 10 destinasi alam di Pacitan yang wajib masuk list kamu, bila sedang berlibur di Kabupaten yang mendapat julukan ‘kota seribu satu goa’ ini.

1Pantai Klayar

[Foto: Nativeindonesia.com]

Ini dia pantai paling hits dan favorit di Pacitan, yaitu Pantai Klayar. Pantai yang termasuk salah dari gugusan Pantai Laut Selatan ini, memiliki gradasi warna pasir yang cukup menarik lho, yaitu berwarna putih dan coklat. Pasir yang berwarna putih pada bagian bibir pantai, akan bertransisi menjadi kecoklatan saat terkena air laut. Gradasi warna tersebut hanya bisa dilihat dari atas saja. Pantai ini juga memiliki fenomena alam berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx, yaitu patung berbadan singa dan berkepala manusia yang berada di Mesir.

Agar dapat menikmati keindahan Pantai Klayar, dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp.10.000/orang. Pantai Klayar lokasinya berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

2Pantai Buyutan

[Foto: Pinterest.com]

Pantai Buyutan memiliki hamparan pasir putih yang luas, dengan teksturnya yang lembut dan juga sangat bersih. Selain itu, terdapat batu karang besar berbentuk seperti mahkota yang berada di dekat bibir pantai, yang merupakan ikon dan menjadi dongeng di Pantai Buyutan ini. Batu Karang berbentuk mahkota Dewa Narada ini merupakan spot selfie favorit di Pantai Buyutan ini. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti berenang, diving, dan surfing. Para pengunjung yang ingin menginap, juga bisa berkemah di area perbukitan karang Pantai Buyutan ini.

Agar dapat menikmati keindahan Pantai Buyutan ini, cukup membayar parkir kendaraannya saja, karena tiket masuknya gratis.

Pantai ini berada di Desa Widoro, Donorejo, Kalak, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

3Gua Gong

[Foto: Nativeindonesia.com]

Goa Gong yaitu destinasi yang paling hits dan terindah di Kabupaten Pacitan. Keindahan Goa Gong tak tertandingi dengan goa-goa yang ada di daerah lainnya. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa, Goa Gong adalah goa yang paling indah di Asia Tenggara. Goa Gong ini cukup luas, panjang lorongnya saja sekitar 256 meter. Bagian yang paling indah di Goa Gong yaitu bagian ujung lorongnya, di sana para pengunjung akan disajikan sebuah ruangan berbentuk kubah raksasa, dengan panjang 100 meter, dan lebarnya 15 hingga 40 meter.

Tiket masuknya yaitu sekitar Rp 5.000/orang, dan jika ingin menyewa senter Rp 5.000/ senter. Jika ingin menyewa pemandu wisata, akan dikenai tarif sebesar R p30.000.

Gua Gong lokasinya berada di Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

4Sungai Maron

[Foto: Pesonasungaimaron.blogspot.com]

Selain destinasi pantai dan goa, Pacitan juga memiliki wisata sungai lho, yaitu wisata Sungai Maron. Sungai Maron ini sering disebut dengan Amazonnya Indonesia karena memiliki panorama yang hampir mirip dengan sungai terpanjang kedua di dunia tersebut. Sekitar Sungai Maron terdapat banyak pepohonan kelapa, tentunya akan menambah keasrian dari wisata yang mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan. Pengunjung bisa menyusuri sungai dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga, yang sudah disiapkan di dermaga.

Tarif masuknya yaitu Rp 2.000/orang, dan untuk menyewa perahu Rp 100.000 s/d Rp 150.0000, harga tersebut tergantung dengan kondisi perahu yang disewa.

Sungai Maron ini, lokasinya dekat dengan Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

5Sentono Gentong

[Foto: Infoseputarpacitan.blogspot.com]

Sentono Gentong menawarkan pesona alam luar biasa, dari atas bukit, semilir angin sejuk dengan nuansa hijau daun pohon di sekitarnya membuat kamu betah berlama-lama menikmati keindahan Kabupaten Pacitan dari atas bukit. Kamu bisa menikmati pemandangan laut serta kota pacitan sembari duduk duduk di gazebo yang sudah tersedia di lokasi.

Sentono Gentong berlokasi di desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Jarak dari pusat Kota Pacitan tidak begitu jauh, hanya sekitar 13 kilometer. Waktu tempuhnya kurang-lebih setengah jam karena harus melalui medan perbukitan.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Alam di Kediri Yang Harus Masuk Bucket List Kunjunganmu

6Pantai Taleng Ria

[Foto: Tempatwisataseru.com]

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan bersih. Para pengunjung dapat dengan leluasa berenang ataupun bermain air di bibir pantai tersebut. Di pantai ini, kamu bisa belajar berselancar, bermain di waterpark mini Kampoeng Aeir atau berfoto di Kampoeng Cemara yang cukup Instagenik.

Agar bisa menikmati semua kegiatan tersebut, kamu perlu membayar tiket Rp 15.000 ditambah Rp 5.000 sebagai tarif parkir kendaraan.

Letak pantai ini berada di Balong, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

7Pantai Banyu Tibo

[Foto: Mytrip123.com]

Pantai ini menyuguhkan air terjun yang debit airnya mengalir langsung dari pegunungan. Selain itu, Pantai Banyu Tibo juga dikelilingi oleh perbukitan bukit yang hijau dan gugusan batu karang yang menambah keasrian pantai tersebut.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau lho, yaitu sekitar Rp 5.000/orang.

Lokasi Pantai Banyu Tibo berdekatan dengan Goa Gong, tepatnya berada di daerah Widoro, Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

8Pantai Srau

[Foto: Msn.com]

Pantai Srau memiliki tiga bagian pantai yang bisa kamu jelajahi seharian. Bagian timur bisa untuk melihat matahari terbit, bagian barat untuk matahari terbenam dan bagian tengah dengan pemandangan Laut Selatan yang eksotis. Karang yang berada di tengah lautan kemudian dihantam ombak ikut menambah eksotis dari pantai ini.

Pantai Srau berada di Candi, Pringkuku, Candi, Pacitan, Kabupaten Pacitan.

9Pantai Soge

[Foto: Jejakpiknik.com]

Pantai Soge menyuguhkan keindahan alam yang bisa kamu lihat sebelum sampai ke pantai. Sepanjang perjalanan yang kamu lalui, keindahannya sudah bisa dinikmati secara leluasa.

Pantai Soge juga memiliki keunikan. Terdapat air tawar dari aliran muara, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Tiket masuk Pantai Soge bisa dikatakan sangat ramah di kantong. Pengunjung cukup membayar Rp. 3000-, per orang saja pada hari biasa.

Pantai  ini berada di desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

10Pantai Pidakan

[Foto: Danisetiawanku.com]

Ingin tahu seperti apa asyiknya mengunjungi pantai berbatu, langsung saja menuju Pantai Pidakan. Selain memberikan ‘vitamin sea‘ yang kamu butuhkan, tapi juga bisa memberikan alternatif pengobatan. Banyak yang menjadikan pantai berbatu ini sebagai sarana terapi refleksi. Kapan lagi bisa menikmati pemandangan pantai yang keren sembari beraktivitas sehat seperti di pantai Pidakan ini.

Pantai ini berada di dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

Nah, itulah ulasan 10 destinasi alam di Pacitan yang wajib masuk bucket list Greaters. Gimana seru-seru bukan destinasinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here