Setiap orang tidaklah sama, oleh karena hal itu juga hobi orang satu dan yang lainnya pasti berbeda. Ada yang gemar dengan kegiatan santai seperti menonton atau sekedar membaca buku, tetapi ada juga yang gemar berpetualang menuju alam bebas dan menaklukannya.

Nah, bagi kamu yang sedang berada di Lampung dan kebetulan tertarik dengan tantangan serta petualangan, rasanya kurang lengkap jika kamu melewatkan 5 tempat wisata yang menantang berikut ini. Sebab, selain menantang tempat ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dari destinasi-destinasi yang ada di Pulau Jawa!

1Air Terjun Pagasan Pringsewu

[Foto: travelingyuk.com]

Air terjun ini berada di  Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Berada lebih dari 80 Km dari pusat Kota Lampung, tak membuatnya sepi peminat. Pasalnya banyak petualang yang telah datang untuk melihat pemandangan indah dari air terjun ini. Medan yang ditempuh juga tidaklah mudah, mulai dari jalan menanjak sampai jalanan yang becek. Perlu kendaraan yang kuat untuk naik-turun bukit yang ada. Tak sembarang kendaraan dapat melintasi jalur untuk menuju air terjun ini. Hanya kendaraan roda dua bermotor yang bisa melewatinya. Selain itu fisik yang prima juga sangat diperlukan jika kamu ingin menaklukan air terjun ini.

2Gunung Rajabasa

[Foto: v31993.wordpress.com]

Bagi para pendaki, mendaki sebuah bukit maupun gunung adalah hal biasa. Namun, walaupun elevasi gunung jni kurang dari 2000mdpl, kamu tetap bisa merasakan sensasi dari track panjang dan menguras tenaga dari wisata alam ini. Start pendakian di mulai dari Desa Sumur Kumbang, yang nyatanya tidak termasuk ke dalam pos jaga 1. Lingkungan hutan di gunung ini masih terjaga keasriannya sehingga keadaannya bersih dari sampah. Tidak ada guide dalam pendakian ini. Yang ada hanyalah seekor anjing yang akan setia menemanimu sampai ke atas. Jika telah sampai di atas, maka kamu beruntung banget, pemandangan pantai yang indah akan menghipnotismu dalam sekejap.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Naik Gunung

3Air Terjun Lembah Pelangi

[Foto: liburanlampung.blogspot.com]

Disebut sebagai air terjun lembah pelangi karena air terjun ini seperti memiliki pelangi di bagian lembahnya. Perjalanan yang ditempuh pun tidak sebentar. Butuh 3-4 jam dari Kota Bandar Lampung.  Dapat ditempuh dengan menggunakan mobil, tetapi butuh mobil yang tangguh sebab jalannya masih berlumpur dan berlubang. Karena aksesnya yang masih sulit ini, hanya jiwa petualang yang sanggup menaklukannya. Akan tetapi, perjuangan kamu tidak akan sia-sia jika telah menuruni banyak anak tangga untuk sampai ke bawah air terjun ini. Pemandangan yang menakjubkan akan kamu saksikan di sana. Apalagi ketika fajar, indahnya air terjun bersama cahaya sunrise serta gagahnya Guunung Tanggamus akan bersanding.

4Air Terjun Curup Tujuh Marga Raya

[Foto: wisatakulampung.com]

Air terjun ini juga merupakan salah satu air terjun yang ada di Lampung yang masih memiliki akses jalan yang susah untuk dilalui. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini dari Kota Bandar Lampung juga tidaklah sebentar, yakni sekitar 2-3 jam. Tapi karena itulah, air terjun ini termasuk air terjun yang menantang untuk ditaklukan para petualang. Air terjun ini memiliki 7 tingkat yang tingginya hingga 75 meter dan termasuk ke dalam kawasan hutan lindung di daerah Lampung Tengah. Karena di kawasan hutan lindung inilah, wisata ini jarang dijamah oleh orang-orang. Namun, jangan salah. Kawasan ini tidak juga sepi. Saat kamu akan menuju ke air terjun, kamu juga dapat menyewa motor trail untuk menikmati pemandangan sambil melewati hutan lindung.

5Air Terjun Putri Malu

[Foto: kelilinglampung.net]

Lokasi air terjun ini berada di Desa Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Sesuai namanya, air terjun ini ternyata malu-malu. Sehingga untuk sampai ke sini butuh perjuangan akibat jalan yang sempit serta masih berbatu, sehingga hanya motor saja yang dapat melintasinya. Tidak hanya berbatu, jalan untuk ke lokasinya juga naik-turun. Wisata alam ini juga bukan wisata yang ramah untuk anak-anak dan keluarga. Trail track yang disuguhkan sejauh 7,2 Km. Namun, kamu tidak akan menyesal setelah sampai. Tinggi dan eloknya air terjun ini akan membuatmu terpukau, sehingga rasa lelah akan berkurang karenanya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here