Blitar adalah salah satu kota di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai kota kelahiran Presiden Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno. Blitar juga salah satu kota wisata di Indonesia yang kaya akan nilai-nilai sejarah. Terlepas dari itu semua, Kota Blitar mempunyai banyak sekali wisata alam yang indah dan mempesona meskipun jarang sekali di ekspos dan letaknya tersembunyi. Berikut ini saya akan merekomendasikan 5 tempat wisata alam, yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Kota Blitar.

1Pantai Tambakrejo

[Foto: Id.wikipedia.org]

Pantai Tambakrejo berlokasi di Desa Tambakrejo Kec. Wonotirto Kab. Blitar, Jawa Timur. Tempat wisata ini mempunyai akses jalan yang mudah dan paling dekat dengan Kota Blitar. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Blitar untuk menuju ke tempat ini. Pantai Tambakrejo memiliki pemandangan yang mempesona, dengan dihiasi oleh pasir putih di sepanjang pantai. Tempat wisata ini juga menawarkan senja yang sangat eksotis. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner yang disediakan di warung-warung sekitar pantai dengan harga yang terjangkau. Ada juga tempat pelelangan ikan, untuk kamu yang ingin berbelanja ikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Baca Juga : Bukit Teletubbies Blitar Ini Sangat Indah dan Sejuk, Mau Ke sana? Ini Rutenya

2Rambut Monte

[Foto: Travel.tribunnews.com]

Rambut Monte terletak di lereng gunung Kawi, tepatnya di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Kamu bisa menempuh waktu sekitar 40-60 menit perjalanan dari Kota Blitar dengan jarak sejauh 30 km. Ada banyak spot menarik di tempat ini yang bisa kamu nikmati, seperti candi, telaga, petilasan atau tempat yang digunakan untuk bermeditasi dengan latar belakang pemandangan yang hijau dari sawah dan perkebunan teh milik warga setempat, yang terhampar luas di perjalanan ketika menuju lokasi Rambut Monte. Kamu hanya akan dikenakan biaya Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

3Coban Jurug Bening

[Foto: Allindonesiatourism.com]

Coban Jurug Bening berlokasi di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya. Jika pada umumnya kamu menikmati air terjun dengan mendongak, namun jika di Jurug Bening, kamu menikmatinya dengan menunduk karena air terjun ini menjorok ke bawah dari atas daratan pemukiman warga dan persawahan warga. Ketinggian dari air terjun Jurug Bening kurang lebih 35 m dengan aliran air yang tidak begitu deras dan bentuknya unik karena aliran air dipecah oleh bebatuan besar.

4Pantai Gondo Mayit

[Foto: Reresepan.com]

Pantai Gondo Mayit terletak di desa Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, tepatnya tidak terlalu jauh dari Pantai Tambakrejo, terletak di sisi timur Pantai Tambakrejo. Untuk ke tempat ini kamu harus melewati bukit dan menyeberangi sungai. Pantai Gondo Mayit masih sepi dan alami, karena masih belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Pantai ini dinamakan Gondo Mayit karena dahulu banyak jenazah yang ditemukan di tempat ini. Gondo Mayit mempunyai keindahan yang mempesona dengan pasir putih dan air laut yang bening.

5Goa Embultuk

[Foto: Gotravelly.com]

Goa Embultuk terletak di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, Blitar. Goa ini menyuguhkan keindahan pemandangan stalagmit dan stalaktit pada dinding goa yang banyak menarik banyak pengunjung.  Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan luar negeri maupun dalam negeri, terutama pada saat liburan sekolah. Untuk menelusuri goa, kamu bisa menggunakan lampu petromaks dan membawa baju ganti, karena di Goa Embultuk ini tempatnya gelap dan permukaan airnya cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here