Kebumen merupakan salah satu kabupaten di daerah Jawa Tengah yang memiliki kondisi geografis yang cukup unik. Bagian selatan dari kabupaten ini merupakan dataran rendah, sedangkan bagian utaranya berupa pegunungan dan perbukitan. Sementara itu, di bagian barat wilayahnya, terdapat rangkaian pegunungan kapur yang membujur dari utara hingga selatan. Tak hanya itu, Kebumen juga memiliki banyak sekali gua yang memiliki stalagtit dan stalagmit. Oleh karena hal tersebut, Kabupaten Kebumen ini memiliki segudang kawasan wisata yang unik dan menarik sehingga dapat menjadi tempat destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di saat liburan ini.

Berikut 10 daftar wisata ala Kebumen yang unik dan menarik yang wajib kamu kunjungi ketika liburan!

1Bukit Pentulu Indah

[Foto: Medium.com]

Sesuai namanya, bukit ini memiliki pemandangan indah dengan berbagai spot foto yang kekinian. Tarif yang dibebankan juga ringan sehingga tak ada salahnya untuk berkunjung ke sini. Tempatnya sejuk dikelilingi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Juga ada gazebo-gazebo sebagai tempat peristirahatan ketika lelah mendaki bukit.

2Pantai Menganti

[Foto: Jejakpiknik.com]

Ini dia New-Zealandnya Indonesia. Pantai indah dengan hamparan pasir putih bak permadani yang siap menyihirmu ketika kamu memandangnya. Batu karangnya besar dan menambah daya tarik pantai ini. Tak hanya itu, bukit yang ada juga turut menghias pantai ini. Air lautnya pun masih asri. Walau pantai, suasana yang disuguhkan tak terlalu panas. Di pantai ini juga terlihat pemandangan tebing kapur yang turut indah menghias.

3Pantai Surumanis

[Foto: Jejakpiknik.com]

Pantai indah ini punya julukan sebagai ‘Bali’-nya Kebumen. Juga termasuk pantai yang komplit karena selain terdapat pantai, juga terdapat bukit. Jadi, saat masuk area wisata, kamu akan disambut oleh bukit yang indah dengan pemandangan pantai di bawahnya. Sehingga tempat ini bakal menjadi latar belakang foto yang instagramable banget. Walau perjalananan yang harus dilakukan tak mudah, namun lelah akan terbayarkan ketika sampai.

4Goa Barat

[Iqbalkautsar.com]

Keadaan gua yang masih sangat alami bakal menjadi daya tarik bagi kamu si penjelajah alam yang suka tantangan. Karena jika ingin menaklukan isi dari gua ini dibutuhkan waktu kurang lebih 5 jam dengan medan yang cukup menantang dan dipandu oleh pemandu yang ada. Tak hanya itu, keindahan gua yang ada juga air terjun di dalamnya tidak akan membuat kamu menyesal telah masuk ke dalam. Wisata ini bukan wisata yang ramah untuk keluarga, akan tetapi tidak ada salahnya jika diperkenalkan untuk edukasi.

5Brujul Adventure Park

[Foto: Go-casualavenuebouquet-posts.tumblr.com]

Sesuai namanya, wisata yang satu ini menyajikan berbagai wahana outbond seperti flying fox, zip bike, ayunan, jembatan gantung, dan masih banyak lagi. Tenang saja, tempat wisata ini tidak akan menguras isi dompetmu. Di tambah lagi kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise jika kamu datang lebih awal, juga sejuknya udara yang ada dan pohon pinus yang cukup rindang.

Baca Juga: Pesona Keindahan Wisata Alam Curug Jenggala di Banyumas

6Roemah Martha Tilaar

[Foto: Kupang.tribunnews.com]

Roemah Martha Tilaar merupakan rumah pendiri produk Sari Ayu Martha Tilaar yang memiliki desain arsitektur bangunan ala belanda yang unik dan bersejarah. Di sini kamu bisa nongkrong sambil ngopi cantik, apalagi untuk kamu si pecinta kosmetik. Kamu bisa belajar mengenai sejarah kosmetik di Pulau Jawa jika kamu berkunjung di sini.

7Pemandian Air Panas Krakal

[Foto: Sportourism.id]

Setelah lelah berkeliling, alangkah baiknya jika kamu perlu melemaskan otot-ototmu yang lelah dengan pergi ke pemandian ini. Selain harganya yang murah, pemandian ini memiliki bentuk pemandian seperti kamar-kamar sehingga aman dan nyaman. Jika lelah menunggu antrian, kamu bisa mencoba jajanan yang di jual di Pasar Krakal yang terletak di sekitar pemandian tersebut.

8Benteng Van Der Wijck

[Foto: Ihategreenjello.com]

Selanjutnya, tempat wisata yang bersejarah dan mengedukasi ini wajib dikunjungi. Tak hanya benteng bekas peninggalan jejak penjajahan, di sekitar benteng ini terdapat wahana bermain anak-anak, kolam renang, dan juga warung jajanan dengan harga terjangkau. Disediakan pula bangunan yang difungsikan sebagai hotel jika kamu ingin menginap. Nama benteng ini pun diambil dari nama komandan yang berjaya di masanya.

9Pantai Petanahan

[Foto: Gotravelly.com]

Pantai Petanahan juga menjadi wisata dari Kebumen yang wajib dikunjungi saat liburan nanti, karena pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Ada hutan, tebing, dan pantai di satu tempat secara bersamaan. Pasir putihnya mempesona diiringi dengan ombak-ombak yang cukup besar di atasnya. Sehingga ada larangan berenang bagi pengunjung. Walaupun begitu, hal tersebut tak mengurangi keasyikan saat mengunjungi Pantai Petanahan, sebab pantai ini telah memiliki berbagai fasilitas dan tak lupa spot foto terbaik juga makanan-makanan yang di jual cukup murah di sekitarnya.

10Goa Jatijajar

[Foto: Ksmtour.com]

Yang terakhir, Goa Jatijajar. Gua ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di Kebumen. Goa Jatijajar ini adalah situs geologi yang juga menjadi kawasan wisata yang cocok bagi keluarga. Jauh dari hiruk-pikuk perkotaan menjadikan gua ini menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat. Uniknya,  jika kamu ke sini untuk masuk gua melalui atas dan keluar lewat jalan bawah. Sehingga, kurang di sarankan bagi orang lanjut usia. Sebagai solusinya, ada taman di luar gua yang cocok bagi mereka yang tidak masuk ke dalam gua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here