Kawasan Simpang Lima Gumul ini memiliki luas tanah hingga 37 keseluruhan. Sedangkan luar bangunan mempuyani luas 804 meter persegi dan ketinggiannya mencapai 25 meter. Monumen Simpang Lima Gumul mempunyai 6 lantai dan ditumpu 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Uniknya, angka tinggi dan luas monumen tersebut melambangkan tanggal, bulan dan tahun jadinya Kabupaten Kediri yaitu 25 Maret 804 Masehi.

Pasa sisi kiri dan kanan monumen terdapat 16 relief dimana hal ini setiap pada pahatan menggambarkan sejarah Kabupaten Kediri. Setiap pahatan menunjukkan nilai seni dan budaya yang tinggi dari masyarakat Jawa Timur. Pada sudut-sudut monumen ANda juga dapat melihat patung Ganesha.

Ganesha merupakan dewa yang dipuja oleh umat Hindu dianggap sebagai dewa pengetahuan dan kecerdasan, kebijaksanaan, pelindung dan sebagai penolak bala. Pada saat kamu masuk ke Monumen Simpang Lima Gumul, kamu akan mendapati ruang-ruang pertemuan di gedung utama serta ruang auditorium dengan atap kubah.

Sedangkan pada sisi bagian atas bangunan, kamu akan mendapati diorama dan minimarket yang menjual souvenir khas monumen ini.  Untuk ruang serba guna terletak pada bagi bawah tanah. Dibagian ini kamu akan menemui 3 akses yang berbentuk lorong yang menghubungkan tempat parkir ke basement monumen.

Keunggulan Simpang Lima Gumul Kediri

Simpang Lima Gumul terletak di kawasan yang sangat strategis serta lengkap dengan berbagai sarana umum. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai fasilitas di monumen ini.

kamu dapat menemukan gedung pertemuan, bank daerah, gedung serbaguna, terminal bus antar kota, pasar Tugu, transportasi umum dan wisata air Water Park Gumul, Paradise Island.

Dengan memiliki fasilitas Simpang Lima Gumul seperti ini, kamu dapat melakukan banyak hal di kawasan yang tidak pernah sepi pengunjung ini. Pada pagi hari, kamu akan mendapati warga lokal atau wisata yang jogging di area ini maupun hanya sekedar bersantai dan bercengkerama bersama keluarga. Selain itu, kamu juga dapat mendapati pedagang-pedang kaki lima yang berjejer di Pasar Tugu. Mereka menjajakan makanan, minuman dan menjual cenderamata.

Baca Juga : 5 Fakta Tahu Kuning Kediri yang Beda Dari Tahu Pada Umumnya

Fungsi Simpang Lima Gumul

Fungsi monumen Simpang Lima Gumul saat ini sebagai tempat pagelaran seni budaya sampai pameran produk unggulan Kabupaten Kediri.  kamu juga dapat menjual berbagai event lomba seperti drag race, jambore nasional dari berbagai komunitas Kabupaten Kediri ditempat ini.

Untuk kamu yang menyukai wahana permainan, kamu bisa ke Gumul Paradise Island. kamu bersama keluarga akan disuguhi permainan untuk keluarga seperti bodyslide, speedslide, funbommerang, kolam jamur bahkan flying fox, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 hari libur dan Rp. 15.000 hari biasa.

Rute Perjalanan ke Simpang Lima Gumul

Untuk akses yang paling mudah pergi ke Monumen Simpang Lima Gumul ini adalah setelah melalui kota Kediri. kamu hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jika kamu ingin menggambarkan kereta api, karak yang ditempuh sekitar 9,1 kilometer. Jadi membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk tiba ke tujuan ini.

Sedangkan untuk kamu yang berasal dari luar daertah kamu dapat menggunakan pesawat ke Bandara Juanda Surabaya. Kemudian kamu bisa naik kendaraan melewati Pare dan Kediri untuk tiba di kawasan Simpang Lima Gumul ini.

Waktu perjalanan dari Bandara Juanda Surabaya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Jadi saat kamu berada maupun berwisata di Surabaya, tidak ada salahnya mampir ke Simpang Lima Gumul simbol kota Kediri ini.

Tiket masuk ke Simpang Lima Gumul adalah gratis. kamu hanya dikenakan biaya parkir motor senilai Rp 2.000 dan mobil seharga Rp 5.000. Sungguh wisata yang mudah ya namun bertambah ilmu ditempat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here