Kepulauan Maluku merupakan salah satu kumpulan dari pulau-pulau kecil di wilayah Indonesia bagian timur. Bangsa Eropa pada zaman dahulu menjulukinya sebagai “Kepulauan rempah-rempah”. Karena memang Maluku terkenal memiliki rempah-rempah yang beragam dan berlimpah.

Tidak hanya terkenal akan kekayaan rempahnya, Maluku juga memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata historical hingga wisata alam. Mengenai wisata alamnya, Maluku memiliki pulau-pulau dengan bentangan pantai yang indah nan menyejukkan hati. Pemandangan alam yang disajikan bak kepingan surga yang tercecer di bumi pertiwi.

Pulau-pulau di Maluku tidak kalah mempesonanya dengan pulau-pulau romantis yang berada di luar negeri. Berikut beberapa pulau yang bisa kamu masukkan ke dalam list destinasi bila berlibur ke Maluku.

1Pulau Molana

[Foto: Gotravelly.com]

Pulau Molana merupakan salah satu pulau kecil termasuk bagian dari Kepulauan Maluku, letaknya di Desa Haria, Saparua, Kab. Maluku Tengah. Rute akses menuju ke pulau ini, kamu dapat menyewa dan menggunakan speedboat dari Ambon maupun dari Saparua.

Pulau Molana ini memiliki karateristik yang khas pulau-pulau bagian timur Indonesia, yaitu pasir pantainya yang membentang sepanjang kurang lebih 1,5 km berwarna putih nan halus. Uniknya pasir ini dapat berpindah dari barat ke timur saat terjadi pergantian musim, hal ini terjadi karena adanya pengaruh angin muson barat dan muson timur.

Pada perairan Pulau Molana, kamu dapat melihat pemandangan bawah laut dengan diving. Di sini juga tersedia fasilitas berupa penginapan, restauran, dan penyewaan-penyewaan lainnya. Dilansir dari travel.detik.com untuk biaya masuk ke Pulau Molana sekitar Rp 10.000 per orang, biaya sewa speedboat atau perahu kecil sekitar Rp 500.000 pergi (PP), sewa kapal (muatan 10-15 orang) dengan ukuran lebih besar sekitar Rp 1.000.000 (PP).

2Pulau Pombo

[Foto: Pegipegi.com]

Pulau Pombo terletak di Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, pulau kecil ini dikelilingi oleh bebatuan dan karang atol dan berbentuk melingkar. Pulau Pombo ini salah satu pulau yang tidak berpenghuni, luas areanya kurang lebih 1.000Ha. Pasir pantai disini berwana putih dengan terdapat potongan-potongan.

Bila kamu ingin mengunjungi pulau ini sebaiknya persiapkan perbekalan seperti makanan, obat-obatan, dan barang-barang lain yang dibutuhkan selama di Pulau Pombo, karena di pulau ini tidak ada orang, penginapan maupun restauran. Walaupun tidak ada penginapan, kamu dapat berkemah disini. Namun perlu diingat tidak boleh mengotori dan merusak alamnya. Selain berkemah, kamu juga bisa diving dan snorkeling di sini.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Maluku Terenak yang Jadi Incaran Wisatawan

3Pulau Hatta

[Foto: Boombastis.com]

Pulau Hatta terletak di Banda, Kab. Maluku Tengah, sekitar kurang lebih 25 km di sebelah timur Kepulauan Banda. Pulau Hatta terkenal memiliki pemandangan yang sangat menawan. Pasir putih yang terhampar dikelilingi dengan birunya air laut membuat pulau ini tergambar indah di pandangan mata. Di sini wisatawan biasanya datang utnuk menikmati pemandangan di bawah laut dan menikmati romantisnya panorama sunset. Untuk akses ke Pulau Hatta, kamu dapat menyewa perahu dengan harga sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000.

4Pulau Banda Neira

[Foto: sindonews.com]

Pulau Banda Neira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Band, Kec. Banda, Kab. Maluku Tengah. Pulau Banda Neira memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah, tak hanya itu bentang alamnya yang mempesona menjadi daya tarik bagi wisatawan. Walaupun di dalam negeri tak seterkenal seperti Pulau Bali dan Raja Ampat, perlu diketahui bahwa pesona Pulau Banda Neira sudah tersohor hingga mancanegara.

Untuk akses ke pulau ini kamu bisa menggunakan kapal cepet Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu, harga tiket rentang Rp 410.000 (biasa) hingga 650.000 (VIP). Kapal Pelni (Kapal Nggapulu atau Kapal Lauser) dengan harga tiket Rp 105.000 per orang. Dapat juga menggunakan pesawat perintis dengan harga tiket pesawat Rp 350.000.

5Pulau Bair

[Foto: travelingyuk.com]

Pulau Bair terletak di Tual, Kab. Maluku Tenggara, Maluku. Terdapat dua teluk yang memiliki air laut jernih berwarna kehijauan. Pulau Bair terkenal sebagai versi mininya Pulau Raja Ampat, ini dikarenakan di sekelilingnya terdapat vegetasi mangrove dan berdiri tebing-tebing yang berdiri kokoh persis seperti di Raja Ampat.

Pemandangannya pun tak kalah indah dengan Raja Ampat. Banyak turis baik domestik maupun mancanegara yang mengagumi keindahan Pulau Bair ini. Akses ke pulau ini bisa via darat dari Tual menuju ke Desa Dullah Darat waktu tempuh sekitar 30-40 menit, biaya ongkos sekitar  Rp 5.000, sampai di Dullah lanjut ke Pulau Bair menggunakan speedboat dengan biaya sewa Rp 50.000 waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Itulah 5 destinasi wisata di maluku yang bisa kita rekomendasikan untuk kamu semua. Hal yang perlu diingat, bahwa harga dan rute jalanan dapat berubah sewaktu-waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here