Tempat wisata Jogja mungkin sangat identik dengan Keraton Jogja, Malioboro, dan mungkin juga Candi Borobudur, meskipun tempat-tempat ini sudah bukan merupakan kawasan wisata yang berada di wilayah Yogyakarta.

Selain ketiga tempat wisata yang telah disebutkan tadi, sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di Jogja yang nge-hitz saat ini. Beberapa di antaranya bahkan sangat cocok dan sering digunakan untuk kegiatan ngabuburit. Selain itu, asyik juga lho kalau mengajak pujaan hati malam mingguan di sini. Kalian bisa duduk berdampingan sambil bertukar cerita atau bercengkerama sambil menikmati lalu lalang kendaraan.

Berikut 5 tempat wisata Jogja terbaik yang bisa dibilang paling nge-hits sekarang.

5 Tempat Wisata Jogja Terbaik

  1. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Tempat Wisata Jogja - Alun Alun Kidul
Foto: Putrinyanormal.com

Di bagian depan Keraton Yogyakarta terdapat alun-alun utara. Sementara di bagian belakang keraton Kasultanan Yogyakarta ini terdapat alun-alun kidul, yang kalau diartikan berarti alun-alun selatan.

Alun-alun kidul ini konon katanya diyakini sebagai tempat istirahat para dewa. Tempatnya sejuk, sangat nyaman, dan bisa menenangkan jiwa. Sesuai namanya, alun-alun kidul berada di sebelah selatan Keraton Yogyakarta, atau secara administratif masuk dalam Kecamatan Keraton, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu aktivitas yang sangat terkenal di alun-alun kidul adalah Masangin, yakni melewati kedua ringin kembar yang ada di sana, namun dengan kedua mata tertutup. Orang yang bisa lewat di tengah-tengah ringin kembar itu diyakini punya hati yang bersih dan segala permohonannya akan terkabul.

Selayaknya tempat wisata Jogja lainnya, di alun-alun kidul juga ada penjual makanan dan minuman sehingga saat berkunjung ke sini kamu bisa sekalian kulineran. Dijamin kuliner yang ada di sini tidak akan bisa kamu temukan di tempat lain.

  1. Titik Nol Kilometer Jogja

Tempat Wisata Jogja
Foto: Seputarjogjakarta.com

Titik nol kilometer Yogyakarta terdapat di persimpangan Kantor Pos Besar Yogyakarta dan tidak jauh dari alun-alun kidul. Lokasinya termasuk strategis karena berada di pusat pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau kamu berjalan kurang lebih 100 meter ke arah selatan, kamu akan tiba di alun-alun utara Jogja. Sementara 100 meter ke utara terdapat Pasar Beringharjo serta Malioboro yang sangat terkenal.

Pada malam hari, suasana sangat indah di titik nol kilometer Yogyakarta ini. Gemerlap lampu kota akan bersinar terang dan tampak indah, sementara bangunan klasik di sepanjang jalan menambah semarak suasana. Kamu bisa ‘nyantai-nyantai manja’ di kawasan wisata paling hits di Yogyakarta ini.

  1. Malioboro 

Tempat Wisata Jogja
Foto: Ngadem.com

Siapa sih yang tidak tahu Malioboro? Tempat wisata yang bisa dibilang paling terkenal di Jogja ini tentunya memiliki keunikan tersendiri dan sangat menarik. Lokasinya yang tidak jauh dari tempat wisata lain, seperti titik nol kilometer, membuat Malioboro menjadi destinasi paling ramai yang didatangi wisatawan setiap hari, terutama di malam minggu.

Ada apa sih di Malioboro? Kamu bisa membeli berbagai pernak pernik dan bermacam-macam oleh-oleh sebagai buah tangan sepulang berlibur di Yogyakarta. Harga yang sangat murah menjadi hal utama sehingga banyak wisatawan memenuhi tempat ini.

  1. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Foto: irmanovika.wordpress.com

Tugu Jogja bisa dibilang sebagai ikon kota Yogyakarta. Tugu ini mudah ditemukan karena lokasinya yang sangat strategis. Kamu bisa bersantai ria sembari mengabadikan momen-momen terbaikmu selama berada di tempat ini.

Hanya saja, kamu perlu berhati-hati ya karena Tugu Jogja berada di tengah jalan. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah pasti berlalu lalang dan tempat ini juga seringkali dipenuhi wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Keraton Jogja

Tempat wisata jogja
Foto: Bakpiajogja.id

Nah, mungkin ini yang ditunggu-tunggu. Keraton Jogja merupakan ikon wisata paling terkenal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, satu-satunya daerah di Indonesia yang masih berupa kesultanan. Mungkin sistem pemerintahan dalam bentuk kesultanan ini pula yang membuat Yogyakarta mendapat sebutan Daerah Istimewa.

Hal paling unik, kegiatan di dalam keraton tetap aktif meskipun tempat ini menjadi destinasi wisata yang selalu dipenuhi pengunjung. Di dalam keraton inilah pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Inilah 5 tempat wisata Jogja paling terkenal dan sangat hits saat ini. Menariknya, kelima tempat wisata yang diulas pada artikel kali ini lokasinya tidak terlalu berjauhan satu sama lain. Jadi jika berkunjung ke Malioboro, kamu bisa sekalian berkunjung ke empat tempat lain tanpa perlu membuang waktu dan tenaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here