Dulu sebelum menikah, banyak di antara kita yang berlibur hanya demi menyenangkan diri sendiri, namun setelah memiliki buah hati tentu yang menjadi prioritas kita adalah anak. Semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anaknya, termasuk dalam hal berlibur.

Salah satu kota yang dikenal paling ramah anak adalah Bandung, Jawa Barat. Di kota kembang ini ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dijadikan wahana rekreasi bagi anak sehingga mereka bisa bermain dengan aman dan menyenangkan. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata tersebut biasanya juga bisa membantu anak agar mengenal dan lebih cinta pada alam dan lingkungan sekitarnya.

Kali ini, tim travelizt akan mengulas 5 tempat wisata alam di Bandung yang cocok bagi anak, memiliki pemandangan yang unik, dan yang pasti liburan anak pun jadi lebih menyenangkan.

Wisata Alam Dusun Bambu Family Leisure Park

Tempat wisata alam untuk anak di Bandung
Sumber: sheratonbandung.com

Tempat wisata alam ramah anak ini terletak di Dusun Bambu Family Park yang lokasinya berada di kaki gunung kawasan Situ Lembang, Bandung. Dengan lokasi yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota, dipastikan udara di lokasi ini sangat bersih dan sangat baik bagi kondisi anak-anak Anda.

Pemandangan di sini juga indah dan udaranya masih sejuk, ditambah lagi ada gazebo-gazebo berbentuk unik yang instagramable banget. Selain itu, di sini juga tersedia permainan naik balon udara atau mendayung kano sambil menikmati udara pegunungan.

Kampung Gajah Wonderland Bandung

tempat wisata ramah anak
Sumber: wisatalembangbandung.com

Banyak sekali permainan yang ada di Kampung Gajah yang ada di daerah Lembang, Bandung ini. Ada pula kebun ala Teletubbies yang bisa menjadi tempat anak bermain sekaligus mengenal lingkungan alam.

Di sini, Anda dan keluarga bisa menikmati kurang lebih 20 wahana permainan. Agar tidak terlalu melelahkan saat hendak mengeliling Kampung Gajah yang luasnya kurang lebih 60 hektar, ada Segway yang bisa Anda sewa sehingga acara jalan-jalan jadi tambah seru.

Tempat Wisata Anak di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung

Tempat wisata ramah anak
Sumber: nyikreuh.com

Selama ini, mungkin kalian mengenal Ranca Upas hanya sebagai bumi perkemahan, padahal tempat wisata yang satu ini juga bisa menjadi alternatif tempat wisata alam untuk anak di Bandung, tepatnya di Balai Konservasi Penangkaran Rusa.

Di sana, Anda bisa mengajak anak-anak ikut memberi makan rusa, mengenal berbagai jenis hewan yang cukup banyak di sana, juga bisa mempelajari berbagai jenis tumbuhan. Di Ranca Upas, Anda dan anak-anak akan diajak menikmati berbagai kegiatan outdoor, bermain di rumah pohon, atau mencoba macam-macam aktivitas di air yang memang disediakan untuk memanjakan Anda yang ingin menikmati liburan yang berkesan.

Jendela Alam Farm, Bandung

Tempat wisata bandung untuk anak
Sumber: liburananak.com

Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Lembang, Bandung, tempat wisata bernama Jendela Alam Farm ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak berlibur sekalian menambah pengetahuan dan wawasan mereka. Di Jendela Alam Farm, anak-anak bahkan diajari cara beternak dan mencintai hewan peliharaan.

Sambil menikmati pemandangan alam dan kesejukan udara di tempat ini, ajak pula anak memberi makan dan memelihara hewan, atau bahkan bisa memberi susu untuk hewan-hewan kecil yang sedang dipelihara di sana.

Tempat Wisata Anak Kampung Batu Malakasari

Tempat wisata terbaik untuk anak
Sumber: gogonesia.com

Kampung Batu Malakasari merupakan area bekas penambangan, yang kemudian dibangun menjadi tempat rekreasi keluarga yang sangat menyenangkan. Di sini, Anda bisa bermain perahu kano dan menyeberangi danau yang di sekelilingnya terdapat bebatuan yang bergirigi. Batu-batu tersebut menunjukkan tentang proses terbentuknya daratan dari gempa tektonik zaman dahulu.

Jangan takut kotor, karena dari kegiatan inilah anak-anak bisa belajar mengenai banyak hal tentang lingkungan alam sekitarnya, yang mungkin sulit Anda dapatkan begitu Anda kembali ke kota besar. Di Kampung Batu Malakasari ini juga dilengkapi dengan Tectona Waterpark yang merupakan kawasan berenang untuk anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here