Bandung adalah salah satu kota yang ada di Indonesia yang mulai mendapatkan banyak perhatian. Alasannya karena ada banyak tempat wisata dengan tema alam yang ada di Bandung. Tempat wisata alam yang ditawarkan juga bukan hanya sekadar wisata alam yang belum terjamah, namun juga dilengkapi dengan banyak fasilitas, wahana permainan hingga wisata edukasi. Bukan hanya wisatawan lokal, namun saat ini Bandung juga menjadi salah satu tujuan wisata untuk wisatawan asing. Selain menjadi pusat belanja dan seni, bandung juga menawarkan wisata alam yang sangat memanjakan mata Anda. Mau tahu apa saja wisata alam yang ada di Bandung? Berikut ini adalah beberapa tempat wisata bandung yang bertemakan alam yang memiliki fasilitas terbaiknya. 

Tebing Keraton

Tebing keraton adalah tempat wisata Bandung yang tidak asing untuk wisatawan baik lokal maupun asing. Ada banyak orang yang update foto dari tebing keraton. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai Tebing Instagram. Tebing Keraton sendiri sebenarnya adalah salah satu wisata alam yang merupakan sebuah tebing dengan ketinggiannya kurang lebih 1.200 meter dari atas permukaan laut. Dari tebing keraton Anda bisa melihat pemandangan alam yang benar–benar luar biasa indahnya.

Sebenarnya nama Tebing Keraton sendiri mulai dikenal oleh masyarakat pada tahun 2014. Tempat ini berupa bukit dengan tebing yang terjal dan langsung menghadap ke arah Hutan Raya Djuanda dengan memiliki background dari Gunung Tangkuban Perahu. Hal paling spesial dari tempat ini dapat didapatkan ketika Anda datang saat matahari terbit, karena Anda melihat kabut pagi yang menyelimuti matahari. Atau Anda bisa juga datang pada saat matahari terbenam karena akan ditemani dengan langit senja.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung adalah salah satu tempat wisata Bandung dengan tema alam yang tidak pernah sepi pengunjung. Dulunya Kebun Binatang ini memiliki Nama Zoological Park. Secara keseluruhan luas dari area kebun binatang ini sekitar 13.6 hektar dan memiliki sekitar 213 jenis fauna dengan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi dan sekitar 79 jenis satwa sisanya adalah satwa yang harus dilindungi. Untuk lokasi kebun binatang Bandung ini sebenarnya sangat berdampingan dengan Sungai Cikapundung dan ITB.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan selama di Kebun Binatang Bandung ini diantaranya adalah melakukan aktivitas wisata air dengan menaiki sepeda air atau bebek kayu di kolam dengan mengelilingi daratan yang menjadi tempat habitat monyet. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk menunggangi gajah, kuda hingga unta. Selain Fauna, disini juga terdapat banyak flora yang menjadi tujuan objek wisata. Harga tiketnya juga sangat murah dan Anda bisa memesannya dengan cara online. 

Taman Kota Babakan Siliwangi

Hutan kota ini adalah salah satu taman kota yang menjadi salah satu alternatif untuk tempat wisata Bandung dengan tema alam. Taman Kota Babakan Siliwangi sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulu namanya lebih dikenal dengan sebutan Lebak Gede. Untuk luas area dari Hutan kota ini sekitar 3,8 hektar dan area ini sebenarnya adalah bentukan alam dari sungai Cikapundung. Setelah melakukan proses yang cukup panjang. Akhirnya di tahun 2011, PBB menyatakan jika Babakan Siliwangi adalah salah satu hutan kota yang ada di dunia secara resmi. Tempat ini dikelola oleh pemerintahan Bandung sehingga warga bebas untuk bisa mengunjungi tempat ini. 

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, dimulai dengan melihat habitat asli dari para satwa, hingga menjadi tempat lomba burung serta kegiatan lomba kesenian lain. Bahkan ada sebagian besar masyarakat Bandung menjadi tempat ini sebagai tempat untuk olahraga karena memiliki pemandangan yang asri dan rindang. 

Arung Jeram Cikapundung
Untuk Anda yang memang suka dengan kegiatan yang cukup ekstrim, maka tempat wisata bandung yang satu ini bisa menjadi pilihannya. Memiliki aliran air yang cukup deras Arum Jeram Cikapundung menjadi salah satu kegiatan yang tepat untuk Anda. Arum jeram yang ditawarkan juga sesuai dengan pemandangan alam yang sangat indah yang diberikan. Selain itu, disini Anda bisa bermain river board, yang merupakan sebuah pipa yang didesain untuk perorangan dan terbuat dari karet dan Anda bisa mengapung di atasnya dan mengikuti arus dari sungai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here