Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia bagian barat yang cukup banyak diminati wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk berlibur. Keindahan alam di Banten sudah tidak diragukan lagi mulai dari keindahan Pantai Sawarna, Danau Tasikardi, serta yang paling terkenal ialah Taman Nasional Ujung Kulon.      

1Lokasi Taman Bunga Pandeglang

[Foto: Missdayen.blogspot.com]

Selain nuansa alam ‘alami’, ternyata di Banten juga terdapat nuansa alam buatan. Taman Bunga Pandeglang atau Taman Bunga Kaduhejo yang terletak di Desa Sukasari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten ini akan saya jadikan rekomendasi kunjungan wisata yang tidak dapat dilewatkan khususnya bagi penggemar spot photography, karena disini kamu akan melihat nuansa alam bertemakan ‘pelangi daratan’ yang sangat cocok digunakan sebagai ikon pemotretan. Disebut ‘pelangi daratan’, karena di Taman Bunga Pandeglang terdapat hamparan bunga dengan keunikan serta warna yang beragam, seperti ungu, biru, kuning, merah, jingga, dan masih banyak lagi. Kupu-kupu dengan berbagai macam warna turut beterbangan dari satu bunga ke bunga lain sehingga semakin mempercantik panorama di Taman Bunga Pandeglang ini. Tak hanya disuguhkan panorama tersebut, disini kamu juga akan disuguhkan pemandangan asri dan udara sejuk khas pedesaan. Saking indahnya, bahkan dalam tiga hari pasca dibuka, pengunjung terus tertarik berdatangan pada destinasi agrowisata ini.

2Taman Bunga Pandeglang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

[Foto: Backpackerjakarta.com]

Selain untuk destinasi liburan, tempat ini biasa digunakan para pelajar atau mahasiswa untuk mengamati, menganalisa dan mempelajari aneka ragam bentuk bunga atau tumbuhan secara lebih intens dan menambah pengetahuan mengenai cara perawatan, pertumbuhan, dan perkembangan dari berbagai jenis bunga dan tumbuhan, karena selain bunga, di dalam Taman Wisata ini terdapat lahan yang dipenuhi pohon jambu. Orang-orang banyak yang menyebutnya Kampung Jambu.

Baca Juga : 6 Gunung di Indonesia Ini Punya Taman Bunga Edelweis yang Cantik

3Fasilitas Taman Bunga Pandeglang

[Foto: tomojikan.com]

Fasilitas di tempat wisata ini terdapat gazebo yang digunakan para pengunjung untuk bersantai sambil berfoto serta beribadah. Selain itu terdapat warung untuk membeli makanan ataupun membeli oleh-oleh seperti bibit bunga, sayuran, serta pupuknya. Meskipun tempat wisata, di Taman Bunga Pandeglang ini juga terdapat beberapa aturan yang harus ditaati pengunjung, antara lain:

Dilarang membuang sampah sembarangan

Sudah banyak terjadi di kawasan wisata khususnya di Indonesia, pengunjung tidak memperhatikan kebersihan area yang dikunjungi, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pengunjung lain, selain itu juga bisa merusak ekosistem di dalam Taman Bunga yang indah ini.

Dilarang memegang bunga.

Biarkan bunga-bunga di tempat ini tumbuh apa adanya tanpa ada tangan-tangan yang mencoba mempengaruhi pertumbuhannya.

Dilarang memetik bunga.

Aturan seperti ini sudah umum diberikan di tempat-tempat wisata khususnya yang berbau alam. Selain merusak, memetik bunga juga menyebabkan rusaknya ekosistem yang terdapat di area tersebut.

4Jam Buka dan Harga Tiket Taman Bunga Pandeglang

[Foto: Picdeer.com]

Lokasi Taman Bunga ini dibuka sejak pukul tujuh pagi hingga pukul enam sore. Terdapat 4 pilihan tiket masuk dengan cara memilih paket produk dimulai dengan harga Rp.7000,- hingga Rp.25.000,- per orang dan kamu sudah bisa mengelilingi pelangi daratan ala taman bunga serta kebun sayuran sembari minum minuman dingin gratis dari tempat ini.

5Sarana Taman Bunga Pandeglang Selalu Diperbaiki

[Foto: Youtube.com]

Meski terlihat sudah tertata rapi dan indah, pemerintah berencana masih akan memperbaiki sarana-sarana yang ada di Taman Wisata Pandeglang terutama akses jalan menuju ke tempat tersebut. Akses jalan masuk masih kurang baik, jalan hanya bisa dilewati oleh satu mobil, sehingga jika ada mobil yang datang dari arah berlawanan, salah satu harus menepi.

Terimakasih dan sekian dari kami semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here