Jalan Tol Transjawa memang membuat penggunanya jadi lebih cepat, karena tidak ada hambatan sebagaimana yang biasa terjadi di jalur arteri. Namun, jalan tol yang panjang dan lurus kadang membuat pengemudi cepat bosan dan mengantuk. Karena itu, pengemudi baiknya beristirahat ketika merasa mengatuk.

1Rest Area Km 260B

[Foto: Jalajahnusae.com]

Rest area atau tempat istirahat ni sudah tersedia di sepanjang jalan Tol Transjawa. Diantara rest area yang ada, tempat istirahat di KM 260B Tol Pejagan-Pemalang sangat istimewa dan layak dihampiri. Mengapa? Karena tempat ini kita seperti bisa berwisata disebuah pabrik gula.

Rest area instagramable tol Pejagan ini berdiri di lahan bekas pabrik gula Banjaratma, yang kini direnovasi menjadi sebuah museum. Namun, rest area ini mempunyai konsep warisan budaya, atau biasa juga disebut heritage, sebab di beberapa bagian bangunan dibiarkan seperti saat pabrik Banjaratma masih beroperasi.

2Instagramable Spot

[Foto:Jateng.tribunnews.com]

Selain nilai sejarah, bangunan ini pun menawarkan banyak spot yang sangat instagramable, sehingga sayang kalau pengunjung yang senang berfoto melewatkan tempat ini. Pasalnya, kesan antik masih terlihat jelas pada tempat ini.

3Wisata Sejarah

[Foto: Interaktif.kompas.id]

Di Rest area instagramable tol Pejagan, terdapat bekas-bekas ruang dan peralatan, mesin roda gila, tungku dan lorong-lorong bekas mesin uap. Pabrik gula ini menggunakan teknologi uap sebagai penggerak pada mesinnya, bukan kayu ataupun batubara.

Saat ini, di bagian dalam pabrik telah direnovasi, di sana ada beberapa kios tempat menjual makanan sampai cafe dan minimarket serta beberapa fasilitas umum lain misalnya toilet dan taman. Rest area seluas 11 hektare ini terdapat  52 stan usaha kategori besar dan 64 stan UMKM.

Dikarenakan berkategori A, sejumlah fasilitas dibangun. Contoh masjid, SPBU, bengkel, klinik, parkir kendaraan kecil dan besar. Dengan perubahan seperti itu, pihak yang memiliki pabrik gula Banjaratma, mengharapkan rest area instagramable tol Pejagan kembali hidup, meski dalam bentuk yang berbeda.

Baca Juga : 5 Taman Wisata Instagramable di Tangerang Murah Meriah, Gratis Tiket Masuk!

4Sejarah Banjaratma

[Foto: Inews.id]

Pabrik gula ini terletak Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menurut sejarah pabrik ini didirikan tahun 1908, oleh N.V. Cultuurmaatschappij , sebuah perusahaan perkebunan yang berbasis di Amsterdam. Tahun 1918, status Banjaratma ditingkatkan jadi proefstations. Tempat ini khusus untuk melakukan penelitian ilmiah pada budidaya dan proses produksi gula, hingga mendapatkan produksi yang optimal.

Menurut penasehat Pemerintah Hindia Belanda, Mulder. Produsen gula semestinya menerapkan teknologi yang optimal, bukan teknologi modern. Karena itulah, di rest area instagramable tol Pejagan terdapat mesin uap sebab Banjaratma menggunakan teknologi mesin uap kala itu. Teknologi ini dianggap sangat ekonomis untuk pabrik gula di Jawa di masa itu.

5Penutupan Pabrik

[Foto: Semarang.bisnis.com]

Dahulu, teknologi yang lebih modern, yaitu mesin yang memakai bahan bakar batubara ataupun kayu, dinilai mengakibatkan biaya produksi terlalu mahal hingga mengurangi keuntungan. Namun, seiring perkembangan zaman, teknologi mesin uap tak ekonomis lagi. Akhirnya, setelah mengalami kerugian bertahun-tahun, Banjaratma harus ditutup pada tahun 1997. Sebagian mesin dipindahkan ke pabrik gula yang ada di Jatibarang.

Saat ini kegiatan di bekas pabrik gula di rest area instagramable tol Pejagan kembali hidup, tapi dalam bentuk yang berbeda. Banyak dari pengguna tol Tansjawa yang memanfaatkan area istirahat ini untuk melepas kantuk dan penat, juga melakukan selfi di spot-spot yang instagramable. Tak lupa juga membeli makanan dan minuman yang dijajahkan di kios dalam gedung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here