Nusa Tenggara Timur memiliki banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Salah satunya Air Terjun Benang Kelambu yang berada di Lereng Gunung Rinjani, Lombok. Lokasinya tepat berada di kawasan dusun Pemotoh, desa Aik Berik, kecamatan Batukeliang Utara, kabupaten Lombok Tengah.

Bagi pecinta wisata air terjun, kawasan ini bisa menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan. Bukan hanya pesona air terjunnya saja yang menawan, tetapi suasana di sekitarnya pun akan membuat perjalananmu sangat berkesan.

Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Air Terjun Benang Kelambu sangat unik karena mata airnya yang keluar dari celah-celah tebing, yang tertutup tumbuhan rimbun. Selain itu, air terjun ini memiliki 3 tingkat. Pertama, berasal langsung dari mata air dengan ketinggian 30 meter. Kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan yang terakhir hanya memiliki ketinggian 5 meter saja.

Air yang turun berjajar dari atas tebing tampak seperti kelambu yang menggantung di udara, karena air tersebut tidak jatuh langsung menyentuh tanah, melainkan mengalir melalui celah-celah tanaman yang merambat di sekitar tebing. Penasaran kan untuk melihat keindahan air terjun benang kelambu?

Untuk sampai ke lokasi bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati hutan selama kurang lebih 4 jam. Menimbang medan yang masih terjal dan cukup ekstrim, dianjurkan untuk menggunakan jasa ojek. Karena dengan menggunakan jasa ojek, bisa menghemat waktu dan lebih nyaman. Tukang ojek di sana sudah biasa dan berpengalaman dengan medan yang akan dilalui. Hal ini juga membuat perjalananmu lebih aman dibandingkan dengan membawa kendaraan sendiri. Ongkosnya pun juga tidak terlalu mahal.

Air Terjun Benang Kelambu Lombok
Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Kawasan ini dibuka untuk wisatawan umum mulai pukul 7 pagi hingga menjelang sore hari. Jangan salah, meskipun medannya masih terjal dan tempatnya jauh dari pemukiman warga, namun wisata ini telah mampu mendatangkan pengunjung lebih dari 5 ribu wisatawan manca negara di setiap tahunnya.

Untuk memanjakan para pengunjung Air Terjun Benang Belambu, penduduk setempat mendirikan Community Based Tourism Organization yang terdiri dari pelaku kuliner, pemandu wisata dan ojek yang bertanggung jawab untuk membuat konsep pengembangan kawasan wisata tersebut melalui pemberdayaan masyarakat. Di sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati aneka kuliner khas Lombok seperti sate bulayak yang terkenal lezat dan penganan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here