Bali merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata berbagai wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Pulau Bali menghadirkan berbagai wisata pantai yang indah dan terkenal, salah satunya yaitu Pantai Pandawa. Pantai ini tidak kalah indah untuk dikunjungi jika dibandingkan dengan pantai terkenal lain seperti Pantai Kuta.

Pantai yang dikenal dengan nama Secret Beach ini sudah tidak rahasia lagi karena banyak turis mengetahui keberadaannya dan mulai mengunjunginya. Lokasi dari pantai ini memang cukup tersembunyi sehingga banyak wisatawan yang tidak tahu jika pantai ini ada. Berikut ini beberapa hal mengenai Pantai Pandawa yang harus diketahui sebelum mengunjunginya.

1Lokasi Pantai Pandawa

[Foto: Ceritapandawa.blogspot.com]

Jika berniat mengunjungi pantai ini, bisa datang ke Jalan Pandawa Desa Kutuh. Lokasi tersebut berada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Jaraknya kurang lebih 18 kilometer dari Bandara Ngurah Rai, Bali.

2Jalur Menuju Pantai Pandawa

[Foto: Trivindo.com]

Rute menuju Pantai Pandawa terbilang padat dan macet, tak heran jika saya membutuhkan waktu hingga 1 jam untuk sampai ke sana. Titik kemacetan yang paling banyak terjadi adalah di kawasan GWK jimbaran. Jalur yang dilalui juga cukup sulit terutama untuk pemula, karena harus melewati tebing batu yang terjal dan berliku. Di sekitar tebing tersebut terdapat sebuah patung dari Panca Pandawa yang ada di kisah Mahabarata. Oleh sebab itu pantai ini dinamakan Pantai Pandawa.

Baca Juga : Pantai-Pantai Cantik di Karangsem Bali yang Menawan

3Daya Tarik Pantai Pandawa

[Foto: Eksotis.net]

Pantai ini memiliki berbagai daya tarik yang sayang untuk dilewatkan, dijamin tidak akan menyesal jika mengunjunginya. Berikut ini adalah daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Pandawa :

Dapat menikmati keindahan pantai dan berenang dengan bebas

Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini berupa air laut yang jernih dan pasir putih sejauh mata memandang. Ombak yang relatif tenang dan pantai yang tergolong sepi pengunjung membuat saya bebas untuk berenang sepuasnya.

Berfoto dengan patung lima ksatria Pandawa

Patung lima ksatria Pandawa adalah salah satu daya tarik yang jarang dimiliki oleh pantai lain. Saya bisa menggunakan patung ini sebagai background foto yang kemudian bisa diunggah di sosial media.

Berkeliling pantai dengan kano

Kano adalah perahu kecil dan sempit yang biasanya hanya digerakkan dengan tenaga manusia saja. Di pantai ini saya bisa berkeliling menggunakan kano dengan kapasitas satu orang, pantai yang indah dapat terlihat jelas dari atas kano. Harga sewa kano kapasitas 1 orang adalah Rp 25.000, sedangkan kano kapasitas 2 orang adalah Rp 50.000.

Mencoba paralayang dari bukit timbis

Sebagai pencinta olahraga ekstrime, mencoba paralayang dari bukit timbis tidak boleh ditinggal jika berkunjung ke Pantai Pandawa. Pemandangan pantai dari atas ketinggian akan lebih terasa keindahannya. Jasa sewa paralayang di tempat ini dibanderol mulai dari Rp 400.000.

Mengamati budidaya rumput laut

Warga setempat membudidayakan rumput laut di sekitar lokasi pantai. Saya bisa belajar dan mengetahui cara budidaya rumput laut mulai dari mengikat bibit, menanamnya, hingga menjemur.

4Fasilitas yang Diberikan Pantai Pandawa

[Foto: Pantainesia.com]

Tidak hanya pemandangan yang diberikan saja yang indah, fasilitas yang dihadirkan di Pantai Pandawa juga lengkap. Berikut ini beberapa fasilitas yang dihadirkan :

  • Warung makan dengan berbagai pilihan menu diantaranya hidangan laut, nasi goreng, mie goreng, dan lain-lain.
  • Tenda payung atau kursi jemur yang bisa disewa.
  • Pijat refleksi di tepi pantai yang bisa disewa.
  • Toko oleh oleh baik pakaian, kain, barang seni, dan kerajinan khas Bali.

5Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

[Foto: Edorusyanto.wordpress.com]

Biaya yang dikenakan untuk masuk ke kawasan Pantai Pandawa adalah Rp 8.000 per orang. Sedangkan biaya parkirnya yaitu Rp 2.000 untuk satu motor dan Rp 5.000 untuk satu mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here