Pantai merupakan anugerah indah yang diberikan Tuhan kepada makhluknya di dunia ini. Anugerah yang diberikan kepada hambanya agar hambanya senantiasa bersyukur kepadanya. Agar hambanya juga bisa melepas penat di sela-sela padatnya aktivitas sembari menikmati keindahan-keindahan tiada tanding dari ciptaan-Nya. Sepertinya kalimat terakhir tersebut sangat cocok diutarakan untuk menggambarkan pantai indah yang satu ini. Pantai ini terletak di dekat Kota Baubau dan sering disebut sebagai Pantai Nirwana yang dapat diartikan sebagai pantai surga.

Ada beberapa alasan dibalik disebutnya pantai ini sebagai Pantai Nirwana. Selain karena panorama alamnya yang seakan menghipnotis siapapun yang melihatnya, pantai ini juga masih memiliki sisi lain yang akan membuatmu tak berhenti untuk takjub. Berikut alasan-alasannya!

1Pasir Bukan Pasir Putih Biasa

Yang namanya pantai pasir putih, pastilah pasirnya berwarna putih bersih. Namun terkadang, saat berusaha mencari daftar pantai dengan pasir putih di Indonesia, kamu datang ke pantai yang ternyata pasir putih yang ada di pantai tersebut sama sekali bukan pantai pasir putih yang sesuai dengan ekspetasimu. Hal itu tentunya berujung pada kata kecewa. Tapi, kamu tak perlu khawatir jika kamu ke pantai ini, karena pantai ini benar-benar memiliki pasir pantai yang sungguh putih dengan panjang hamparan sejauh 1 Km, tentunya tak kalah dengan pasir pantai dari Maldives.

2Warna air Lautnya Tidak Hanya Satu, Tetapi Tiga

Ini adalah salah satu dari sekian keunikan yang ada pada Pantai Nirwana ini yang menjadi pembeda antara pantai ini dengan pantai lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara. Kejadian langka ini dapat kamu lihat jika kamu datang saat musim kemarau dan beruntung, kamu bisa melihat warna air laut sejak pagi hingga siang yang terlihat berbeda. Kadang biru, hijau maupun hijau-kekuningan.

Baca Juga : Ada Cerita Dibalik Indahnya Danau Biru Kalaoka Utara

3Air Lautnya Dipercaya Dapat Menyembuhkan Asma

Mandi beberapa kali dengan air laut ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit asma serta gangguan pernapasan lainnya. Walaupun belum ada penelitian yang membuktikannya, akan tetapi kepercayaan yang menyebar di kalangan masyarakat tersebut akhirnya membuat pengunjung yang datang ikut memercayainya. Banyak pengunjung yang datang berkata bahwa mereka benar-benar mendapatkan khasiat dari mandi tersebut dalam penyembuhan penyakit mereka.

4Udara Pantainya Dapat Melepaskan Beban Sesak Di Dada

Bagi kamu si pekerja kantoran, udara pantai merupakan obat yang tepat bagi kamu, maupun orang lain yang memiliki rasa tertekan atau stress. Dengan menghirup udara khas lautan, dapat membantu menyegarkan pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari.

5Tidak Hanya Dapat Melihat Sunset, Sunrise, Berenang, Snorkeling, dan Belajar Diving Pun Bisa

Berenang di laut tepi pantai dan melihat sunset merupakan hal yang sudah umum. Apalagi hanya snorkeling atau diving saja. Itu juga sudah biasa. Namun, apabila ke pantai ini kamu tidak hanya melihat sunset, tetapi juga sunrise dan berenang sekalian snorkeling karena ombak di sini cukup tenang dan aman dibandingkan pantai-pantai di sebelah selatan Pulau Jawa. Biota bawah laut dari Pantai ini juga beragam dan sangat asri!

6Apalagi Letaknya Yang Dekat Dari Pusat Kota, Hemat Ongkos Banget

Ya, hal ini juga hal penting yang harus diperhatikan saat kamu pergi berwisata. Wisata di dekat kota yang memiliki pemandangan indah dapat membantu menghemat ongkos perjalanan yang dilakukan. Hal ini dikarenakan, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Panta Nirwana dari pusat Kota Baubau hanya sekitar 10-15 menit saja, atau hanya membayar sekitar Rp 5.000 jika menggunakan transportasi umum.

7Ada Pemandian Air Payau Di Dalam Gua Juga

Tak jauh dari Pantai Nirwana ini, ternyata terdapat sebuah gua. Masyarakat menyebut gua tersebut dengan sebutan Gua Moko. Yang ternyata panjang guanya mencapai 50 meter dan dijadikan sebagai tempat pemandian air payau yang memanjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here