Jogja memang menjadi tujuan wisata favorit para traveler baik domestik maupun mancanegara. Salah satu kota istimewa ini memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa dipilih diantaranya yaitu wisata kuliner, wisata sejarah, dan wisata pantai. Berada di wilayah selatan pulau Jawa dan dekat dengan Samudera Hindia membuat Jogja menjadi salah satu provinsi yang memiliki puluhan pantai yang indah dan menakjubkan.

Tidak hanya indah saja, pantai di jogja juga memiliki keunikan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Jika penasaran pantai mana saja yang recommended untuk dikunjungi, berikut ini ada 5 pantai yang akan dibahas.

1Pantai Timang

[Foto: pantainesia.com]

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang cocok untuk penggemar aktivitas ekstrim dan menantang. Di sini terdapat wahana yang bisa memacu adrenaline yaitu wahana kereta gantung. Saya akan dibawa dari pantai menuju tengah laut dengan ombak di bawah kereta gantung.

Jarak tepi pantai dari pulau watu panjang yang akan menjadi tempat persinggahan kereta gantung adalah 100 meter. Untuk bisa menikmati wahana yang jarang ditemukan di pantai lain ini saya harus merogoh kocek sebesar Rp 100.000. Pantai Timang yang terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Gunung Kidul, Jogja ini bisa dikunjungi selama 24 jam penuh dengan harga tiket masuk Rp 5.000 per orang.

2Pantai Wediombo

[Foto: Brobali.com]

Pantai Wediombo termasuk ke dalam salah satu pantai yang unik karena terdapat jajaran batu karang tinggi di sekitarnya. Pantai yang dalam bahasa Indonesia berarti pasir yang luas ini cocok untuk wisatawan yang takut dengan ombak besar. Di sini terdapat laguna atau kolam renang alami yang dipisahkan oleh karang sehingga aman dari ombak laut kecuali saat pasang.

Pantai yang terletak di Jepitu, Gunung Kidul, Jogja ini memiliki pemandangan yang indah terutama di sore hari saat matahari terbenam. Untuk bisa masuk ke lokasi pantai saya hanya dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Jogja Terbaik Ini Paling Hits Sekarang

3Pantai Ngobaran

[Foto: yogyes.com]

Pantai di Jogja selanjutnya yang recommended untuk dikunjungi adalah pantai ngobaran yang terletak di Desa Kanigoro, Gunung Kidul Jogja. Keunikan dari pantai ini adalah pura yang ada di atas bukit sebagai tempat sembahyang umat Hindhu. Di sekitar pura juga berdiri banyak patung dewa yang berwarna putih.

Ketika air laut sedang surut akan terlihat berbagai jenis rumput laut berwarna hijau dan cokelat. Selain itu aktivitas warga sekitar pantai ketika berburu landak atau menangkap ikan juga menarik untuk diikuti.

4Pantai Ngrenehan

[Foto: Pantainesia.com]

Pantai ini cocok untuk penggemar wisata pantai sekaligus wisata kuliner karena di sini tersedia berbagai macam seafood segar yang bisa langsung didapat dari nelayan. Pada hari khusus seperti hari raya nyepi, di Pantai Ngrenehan akan diadakan upacara Melasti oleh umat Hindhu.

Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Gunung Kidul, Jogja yaitu berada tidak jauh dari Pantai Ngobaran. Saya bisa menikmati keindahan dari dua pantai sekaligus jika berkunjung ke Desa Kanigoro. Harga tiket yang harus dibayar untuk masuk ke wilayah pantai Ngrenehan yaitu sebesar Rp 5.000.

5Pantai Baron

[Foto: jejakpiknik.com]

Pantai Baron merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang cukup populer. Bukan tanpa alasan, kepopuleran dari pantai ini memang layak karena pemandangan yang disajikan sangat eksotis.

Di sebelah kanan dan kiri pantai terdapat dua bukit besar yang mengapit, selain itu ada cekungan besar yang menambah keunikannya. Namun saya tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini. Bersantai, berfoto, dan menikmati kuliner khas adalah kegiatan yang paling mengasyikkan.

Itulah informasi mengenai 5 pantai di Jogja yang recommended untuk dikunjungi. Semua pantai memiliki keunikannya masing-masing yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here