Bandung merupakan ibukota dari provinsi Jawa Barat. Kota Kembang ini adalah salah satu kota di Indonesia yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik. Banyak hal menarik yang bisa kamu temui di kota ini, diantaranya adalah cuaca yang sangat sejuk, dingin dan lingkungan yang ramah dapat membuat orang betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Selain itu, Bandung juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang begitu beragam dan unik, seperti wisata alam, wisata kuliner, taman bunga, taman kota, wahana bermain, museum hingga pusat perbelanjaan. Berikut ini saya akan merekomendasikan kepada kamu 5 museum yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kota Bandung.

1Museum Geologi

[Foto: Aanwijzing.com]

Terletak di Jalan Diponegoro No. 57, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum ini didirikan pada 16 Mei 1928, dan telah mengalami renovasi dengan bantuan dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Lalu kemudian museum ini dibuka kembali dan diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri pada 23 Agustus 2003 . Di tempat ini kamu bisa melihat beberapa koleksi batu-batuan, fosil, mineral dan peta (geologi, geofisika, gunung api, geomorfologi). Selain itu juga terdapat berbagai replika binatang purba. Kamu bisa mengunjungi Museum Geologi di hari senin-kamis pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan hari sabtu-minggu pukul 08.00-14.00 WIB.

2Museum Gedung Sate

[Foto: Travelounge.co]

Terletak di Jalan Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat telah diresmikan oleh pemerintah dan dibuka untuk umum mulai dari 8 Desember 2017. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk menggali informasi yang sangat interaktif dengan pendekatan teknologi yang canggih. Tempat ini menyuguhkan Interactive 3D Scale Model of Gedung Sate, Hologram, Augmented Reality, Interactive Glass Display, Wall Video Mapping sehingga pengunjung yang datang akan merasa terlibat dalam pembentukan atau pengerjaan Gedung Sate. Kamu bisa mengunjungi Museum Gedung Sate pada hari selasa-minggu pada pukul 09.30-16.00 wib.

Baca Juga : Jakarta Punya 5 Museum Tersembunyi yang Tidak Kamu Ketahui

3Museum Sri Baduga

[Foto: Tempatwisatadibandung.info]

Terletak di Jalan B.K.R 185/ Jalan Lingkar Selatan, Bandung, Jawa Barat. Tepatnya berhadapan langsung dengan lapangan bersejarah di Kota Bandung yaitu lapangan Tegalega dan lokasinya sangat dekat dengan Monumen Bandung Lautan Api. Museum ini menyimpan sejarah kebudayaan dari masyarakat suku Sunda di Jawa Barat pada zaman dahulu dan juga peninggalan kerajaan Pajajaran. Museum Sri Baduga ini dibangun pada 1974, dan diresmikan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia pada 5 Juni 1980 dan sekaligus diberi nama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat. Namun museum ini telah beberapa kali mengalami renovasi hingga pada akhirnya tahun 1990 berganti nama menjadi Museum Sri Baduga. Kamu bisa mengunjungi tempat ini pada hari selasa-jumat pada pukul 08.00-16.00 wib dan hari sabtu-minggu pukul 08.00-12.00 dengan biaya sekitar Rp 2.000 sampai Rp 3.000.

4Museum Barli

[Foto: Jendelakeluarga.com]

Terletak di Jalan Prof. Ir. Sutami No. 91, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum ini merupakan museum yang didedikasikan untuk seorang pelukis yang berasal dari Bandung yakni Barli Sasmita. Lukisan Barli memiliki berbagai aliran seperti realisme, ekspresionisme dan impresionisme dipamerkan di museum ini. Kamu bisa mengunjungi Museum Barli pada hari senin-minggu pada pukul 07.00-22.00 wib, dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

5Museum Konferensi Asia Afrika

[Foto: Rutewisata.net]

Terletak di Jalan Asia Afrika No. 65, Kota Bandung, Jawa Barat. Ditempat ini kamu bisa melihat beberapa koleksi dokumen rahasia, Konferensi Bogor, foto-foto dokumentasi dari peristiwa Pertemuan Tugu, KAA hingga Konferensi Kolombo. Kamu bisa mengunjungi museum ini tanpa mengeluarkan biaya, pada hari sabtu-kamis dari pukul 08.00-16.00 wib dan hari jumat pada pukul 14.00-16.00 wib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here