Siapa sih orang yang tidak ingin berkeliling ke tempat-tempat bersejarah. Apalagi sampai keliling hingga ke mancanegara. Hobi travelling saat ini banyak sekali digandrungi oleh banyak orang, baik muda maupun dewasa. Nah, dalam artikel ini akan membahas seputar travelling ke Pulau Sumba. Kira-kira berada di mana pulau yang terkenal masih kental akan budayanya.

Di Indonesia sendiri banyak tempat yang indah dimana tidak boleh dilewatkan. Ada begitu banyak kota di Indonesia yang yang menyajikan ragam tempat wisata membuat para wisatawan baik lokal maupun internasional menyukai negara Indonesia mulai dari makanan, keramahtamahan, budaya juga tempat wisata.

[Foto: travelingyuk.com]

Pulau Sumba yaitu sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur, sebelah barat daya Flores. Di Sumba sendiri kalian bisa menemukan desa-desa tradisional yang dibangun di atas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu bersejarah. Di sana masih kental sekali adatnya. Bahkan masih ada ritual perburuan kepala manusia. Kalian juga masih bisa menemukan pohon tengkorak di beberapa desa, yaitu tempat di mana kepala orang yang pernah terpenggal dipajang. Jika kalian ingin melihat langsung mungkin travelling ke Pulau Sumba bisa jadi agenda tempat liburan kalian nantinya.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Pantai Malalayang Manado Bikin Terpukau

Untuk akses ke sana kalian bisa menuju ke Waitabula yaitu kota besar paling timur di Sumba. Tempat itu merupakan pintu gerbang barat menuju Sumba. Di sana juga menjadi tempat bandara terbesar dan paling modern di pulau ini yang bernama Bandara Tambolaka. Atau kalian bisa menuju ke ibu kota Sumba yaitu Waingapu.

Di Waingapu bisa jadi pilihan tepat jika kalian ingin memenuhi berbagai kebutuhan pokok, misalnya seperti makanan, obat-obatan, dan untuk merencanakan perjalanan serta modal transportasi. Hanya dengan melakukan travelling ke Sumba kalian akan benar-benar tahu mengenai tempat ini.

[Foto: triptrus.com]

Ketika kalian sampai di Sumba, kalian bisa menyewa mobil atau motor untuk berkeliling. Sebenarnya tips untuk jalan-jalan lebih hemat, tentukan partnet sebelum berpergian. Misalnya kalian ingin solo travelling, atau berdua dan sekalian ramaian. Hal itu beroengaruh untuk tarif transportasi.

Untuk masalah tarif bergantung pada jarak dan kemampuan yang menawar. Untuk biaya transportasi, kalian bisa menyewa mobil plus sopir harga sewanya sekitar Rp600.000 sampai Rp1.000.000 per hari. Atau bisa juga menyewa sepeda motor. Harga sepeda motor sendiri sekitar Rp75.000 sampai Rp150.000 per hari.

Begitu tiba di tempat, air biru tak berujung di air terjun terbesar di Sumba yang bernama Waikelo Sawah perlu kalian kunjungi. Itu merupakan air terjun buatan dan bendungan yang mampu memanjakan mata, tetap tidak cocok jika digunakan untuk berenang.

Selain itu, ketika travelling ke Pulau Sumba kalian bisa mengunjungi ke desa tradisional dan belajar langsung berbaur dengan masyarakat sekitar. Di tempat itu kalian bisa menemukan rumah tradisional yang terbuat dari bambo dengan atap unik setinggi 25 meter. Seperti desa-desa lain di Sumba yang atapnya tinggi. Hal itu bertujuan untuk menghormati roh leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yang mereka anut.

Jadi itulah tempat rekomendasi buat kalian yang merencanakan liburan ketika mendapat jatah cuti atau liburan, travelling ke pulau Sumba bisa jadi tempat tujuan awal kalian. Sebab di sana kalian akan mendapatkan banyak hal, bukan hanya pemandangan yang memanjakan mata, tetapi juga kalian bisa belajar adat yang masih murni dari daerah sana. Yuk, siapkan dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here