Traveling sepertinya bukan lagi hanya sekadar untuk menghibur diri dari padatnya rutinitas harian, tetapi sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan, ada orang yang mewajibkan setidaknya seminggu sekali atau sebulan dua kali harus melakukan traveling.

Namun bagi sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa traveling akan menghabiskan uang banyak hanya untuk menikmati keindahan alam. Padahal tidak semuanya seperti itu.

Danau Biru Cisoka
Danau Biru Cisoka

Sebenarnya kamu juga bisa memilih tempat wisata yang tidak mengeluarkan banyak uang, misalnya tempat wisata yang sekarang ini mulai ramai didatangi pengunjung, yakni  Danau Biru Cigaru atau sering disebut dengan Telaga Biru Cisoka. Danau  ini terletak di kampung Cigaru, desa Cisoka, Tangerang.

Danau Biru Cisoka
Danau Biru Cisoka

Sebelum menjadi tempat wisata, danau biru ini dulunya adalah area persawahan yang dijadikan penggalian pasir. Namun penggalian tersebut saat ini dihentikan. Hasil dari galian pasir itu terbentuklah cekungan yang dapat menampung air. Danau tersebut memiliki kedalaman kurang lebih 50 meter.

Di tempat ini terdapat tiga danau, dengan warna air biru dan salah satu air di danau tersebut memiliki warna hijau. Perubahan warna yang terjadi disebabkan oleh kadar keasaman yang tinggi dan tumbuhan ganggang (alga) yang tumbuh berkembang di dasar danau. Sehingga air yang terdapat dalam danau tidak layak untuk diminum.

Pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk berenang ke dalam danau, karena membahayakan. Jadi, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan danau biru dengan berfoto ria di area Danau.

Danau Biru Cisoka
Danau Biru Cisoka

Di sini juga terdapat sebuah perahu getek yang dapat kamu naiki untuk menyusuri danau, hanya dengan mengeluarkan uang dua puluh ribu rupiah. Di atas perahu juga disediakan spot foto dengan hiasan kerangka berbentuk “love” berwarna merah muda.

Untuk masuk ke Danau Biru, gratis namun jika kamu membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000 untuk jenis sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil,  ditambah dengan biaya parkir Rp. 2.000 sepeda motor dan Rp. 3.000 untuk mobil.

Transportasi umum menuju Danau Biru Cisoka

Untuk menuju Telaga Biru Cisoka, lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi, meskipun lokasinya di perkampungan ketika kamu mengikuti GPS, pasti akan sampai dan lebih cepat. Akan tetapi, jika dari Jakarta akan lebih mudah ditempuh dengan menggunakan transportasi umum.

Kamu bisa naik kereta commuterline jurusan Maja atau Rangkasbitung dan turun di stasiun Tigaraksa. Dari stasiun Tigaraksa, kamu berjalan ke arah kiri kurang lebih 300 meter hingga bertemu palang pintu kereta api, kemudian belok kanan. Selanjutnya  akan terlihat pangkalan angkutan umum (angkot) jurusan Adiyasa-Balaraja dengan warna putih-hijau toska. Hanya ada satu jenis angkot di sini, sehingga tidak perlu khawatir salah angkot.

Saat naik angkot, kamu bisa memberi info kepada supir tujuannya adalah SMA N 8 Cisoka. Perjalanan dengan angkot ini biayanya sebesar Rp 7.000 saja. Selanjutnya dari SMA N 8 Cisoka menuju Danau Biru, kamu bisa sewa ojek atau jalan kaki sekitar 20 menit.

Selama jalan kaki, kamu tidak akan merasa bosan karena akan disuguhi pemadangan alam yang asri dan beberapa hewan ternak warga seperti domba dan kerbau.

menu makan di Danau Biru Cisoka
menu makan di Danau Biru Cisoka

Mudah bukan, untuk menuju ke Danau Biru? Selain mudah biaya yang kamu keluarkan untuk traveling di sini juga sangat murah. Bahkan, untuk makanannya juga lumayan murah, misalnya untuk mie ayam satu porsinya hanya Rp 7.000 saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here