Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan warga Bogor yang paling terkenal. Destinasi yang resmi dibangun mulai tahun 1817 ini sudah menjadi ikon dari kota dengan julukan kota hujan ini. Tidak hanya indah, kebun yang memiliki luas mencapai 87 hektar dengan jumlah koleksi pohon dan tumbuhan lebih dari 15.000 jenis ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Jika dilihat sekilas, Kebun Raya Bogor memang terlihat seperti hutan pada umumnya. Namun destinasi ini menyimpan berbagai daya tarik yang akan membuat wisatawan tidak akan menyesal telah mengunjunginya. Berikut ini informasi mengenai lokasi, rute, daya tarik, fasilitas, dan harga tiket masuk jika kamu berminat mengunjunginya.

1Lokasi Kebun Raya Bogor

[Foto: Hargatiket.net]

Destinasi wisata ini berada di kawasan yang mudah dijangkau, tepatnya di Jalan Ir. Haji Djuanda No. 13, Bogor Tengah. Karena berada tidak jauh dari pusat kota Bogor sehingga akses jalan maupun transportasi ke tempat wisata ini cukup mudah.

2Rute Menuju Kebun Raya Bogor

[Foto: Blog.tiketkai.com]

Cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa sampai ke lokasi, kamu bisa menggunakan angkutan umum berupa bus atau kereta dan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Berikut ini rute jika menggunakan kendaraan umum :

Jika menggunakan kereta api

Setelah sampai di Stasiun Bogor selanjutnya kamu bisa naik angkot nomor 03 yaitu jurusan Bubulak – Baranangsiang. Angkot nomor 03 akan melewati Kebun Raya Bogor sehingga kamu bisa langsung turun di sana. Selain itu bisa menggunakan angkot nomor 02 yang akan menuju Pintu 2 Kebun Raya Bogor, namun pintu ini hanya dibuka pada hari libur saja.

Jika menggunakan bus

Setelah sampai di Terminal Baranangsiang selanjutnya kamu bisa naik angkot nomor 03 yaitu jurusan Baranangsiang – Bubulak.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Bogor yang Tidak Seperti Biasanya

3Daya Tarik Kebun Raya Bogor

[Foto: Tirto.id]

Meskipun terlihat seperti hutan pada umumnya, namun Kebun Raya Bogor menyimpan berbagai daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa daya tariknya :

Bunga Rafflesia Arnoldi

Destinasi ini memang memiliki koleksi pohon dan tumbuhan mencapai 15.000 jenis. Dari 15.000 jenis tersebut terdapat tanaman langka yang cukup terkenal yaitu Rafflesia Arnoldi.

Monumen Lady Raffles

Monumen Lady Raffles merupakan bukti cinta dan ketulusan dari Sir Thomas Stamford Raffles kepada kekasihnya. Di sini kamu bisa menemukan prasasti yang berisi puisi buatan Raffles. Selain itu monumen ini dibangun untuk memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada Raffles yang telah memperkenalkan bunga Rafflesia Arnoldi asal Indonesia kepada dunia.

Jembatan Pemutus Cinta

Sesuai namanya, jembatan pemutus cinta ini memiliki mitos yang berkaitan dengan pasangan kekasih. Masyarakat sekitar memiliki keyakinan jika sepasang kekasih bertemu di jembatan tersebut maka kisah cintanya akan berakhir.

Patung Tangan Tuhan dan Patung Little Mermaid

Di Kebun Raya Bogor terdapat beberapa patung yang cukup menarik, diantaranya adalah Patung Tangan Tuhan dan Patung Little Mermaid. Kamu bisa menggunakan dua objek tersebut sebagai lokasi foto bersama.

Taman Garuda

Taman Garuda atau Taman Bhineka merupakan salah satu lokasi favorit pengunjung Kebun Raya Bogor. Di taman ini terdapat tanaman bunga yang sengaja dibentuk menyerupai Garuda Pancasila.

4Fasilitas Kebun Raya Bogor

[Foto: Jejakpiknik.com]

Fasilitas di sekitar lokasi cukup lengkap, terutama untuk kamu yang berasal dari luar kota. Berikut ini fasilitas yang diberikan :

  • Toilet umum
  • Hotel dan penginapan
  • Toko oleh-oleh
  • Rumah makan
  • Toko tanaman
  • Tempat ibadah
  • Parkir
  • Kursi
  • Dan lain lain

5Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

[Foto: Blogmashendra.com]

Harga tiket masuk dari wisata ini yaitu Rp 25.000 untuk wisatawan asing dan Rp 14.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan jam bukanya mulai pukul 07.30 hingga 17.30.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here