Wilayah Indonesia begitu luas dengan beragam suku dan budaya yang unik di masing-masing daerah. Hal ini menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata ke berbagai daerah di Indonesia. Hanya saja, dibutuhkan banyak waktu dan biaya yang tidak sedikit kalau ingin mengelilingi seluruh wilayah Indonesia yang luas ini. Tapi percayakah kamu, kalau kita bisa keliling Indonesia dalam 1 hari?

Ya, kita bisa mempelajari beragam suku dan budaya Indonesia hanya dalam satu hari berkat ide dan gagasan brilian Ibu Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto yang akrab disapa Ibu Tien Soeharto yang ingin membangun Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Gagasan ini diungkapkannya pada rapat pengurus YHK di Jl. Cendana No. 8, Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan miniatur wilayah dan kebhinnekaan Indonesia.  Dengan berkunjung ke TMII kita bisa mempelajari seluruh budaya, suku, rumah adat, dan tarian daerah yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Info lengkap klik di sini.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/bd/TMII_Logo.svg/1200px-TMII_Logo.svg.png

id.wikipedia.org

Tagline TMII “Pesona Indonesia” sesuai dengan tampilan TMII secara keseluruhan yang memang menunjukkan pesona wilayah Indonesia. Ini terlihat dari penataan bentuk bangunan rumah adat, juga penataan benda-benda budaya di dalamnya. TMII juga memiliki maskot berbentuk Hanoman dan bernama NITRA (Anjani Putra). Maskot ini diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto bertepatan dua windu ultah TMII pada tahun 1991. Nama Ibu Tien pun disematkan pada masjid At–Tiin, salah satu dari dua masjid megah di kawasan TMII. Ini bentuk penghargaan atas jasanya hingga seluruh masyarakat Indonesia bisa keliling Indonesia dalam 1 hari dengan berkunjung ke TMII. Masjid At–Tiin berada di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1. Sementara masjid lain di wilayah TMII, yaitu Masjid Diponegoro.

Tempat rekreasi keren ini berada di daerah Cipayung, Jakarta Timur, dan memiliki luas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi. Terletak pada koordinat 6 derajat 18’6.8”LS, 106 derajat 53’47.2”BT jika dilihat di peta.

Hasil gambar untuk tmii

tamanmini.com

Anjungan Daerah menggambarkan berbagai suku dan budaya dari 33 provinsi di Indonesia. Anjungan ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia yang dibagi dalam enam zona, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Selain itu kamu bisa menikmati wahana lain seperti kereta gantung, berbagai museum, Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, Istana Anak yang megah, serta wahana kolam renang Sendang Sedojo dan yang terbaru Snowbay Waterpark.

Hasil gambar untuk tmii

Calyawisata.com

Kamu dapat menghabiskan waktu seharian di sini bersama keluarga dan bisa beristirahat di berbagai Anjungan Daerah. Tidak perlu takut lelah berjalan karena terdapat tempat penyewaan sepeda dari mulai tipe single sampai double. Ada pula mobil wisata nusantara dan penyewaan mobil pribadi. Fasilitas lain dibagi 4 kategori, yakni:

  1. Hotel
  2. Restoran
  3. Toko Kerajinan Tangan dan Galeri
  4. Persewaan Gedung (Puri dan Sasana) dan Transportasi Umum

Harga tiket masuk bervariasi, namun tetap terjangkau. TMII adalah wisata murah meriah yang terdapat di kota Jakarta. Selengkapnya klik disini.

Senin s/d Jum’at, Sabtu – Minggu, Hari libur Perorangan Rp. 10.000,-
Mobil Rp. 10.000,-
Bus/Truk Rp. 30.000,-
Motor Rp. 6.000,-
Sepeda Rp. 1.000,-

Senin – Minggu Jam Operasional Pintu Masuk TMII 07.00 – 22.00 WIB

Walaupun sudah pernah ke sini, kamu pasti tidak akan pernah bosan mengunjunginya lagi. Banyak spot foto keren dan pastinya menjadi kenangan indah bersama keluarga. Yuk, keliling Indonesia dalam 1 hari dengan berkunjung ke TMII.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here