Bagi kamu yang hobi traveling, Hutan Wisata Tinjomoyo menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu coba. Mungkin, kamu akan berpikiran bahwa hutan adalah kawasan belantara tempat tinggal hewan dan tumbuhan liar, yang tidak bisa dijadikan sarana refreshing. Kurang tepat jika kamu berpikiran seperti itu. Hutan Tinjomoyo yang terletak di Semarang ini, termasuk hutan yang lain dari hutan biasanya. Karena, hutan ini telah menjadi taman wisata yang layak untuk dikunjungi, dan melepas penat bersama keluarga.

1Harga Tiket Masuk Murah Meriah

[Foto: Jejakpiknik.com]

Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup nyaman di kantong kita. Pasalnya, untuk masuk ke dalam kawasan Hutan Tinjomoyo ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 3.000 saja. Dulunya, kawasan Hutan Tinjomoyo ini merupakan sebuah kebun binatang dengan beragam spesies di dalamnya. Namun, karena adanya banjir besar yang menerjang wilayah hutan, dan memutuskan jembatan besar yang menjadi akses utama menuju hutan, mengakibatkan kebun binatang ini sudah tidak bisa diakses lagi dan dipindah keberadaannya ke daerah Mangkang.

2Tempat Tinggal 240 Jenis Spesies Burung

[Foto: Sportourism.id]

Area Tinjomoyo sendiri merupakan gabungan dari sungai, bukit, dan hutan yang didominasi oleh vegetasi jati hingga pinus. Dua tumbuhan yang tumbuh di area hutan ini, menjadikan kesan alami saat kamu berlibur ke wilayah Hutan Tinjomoyo beserta keluarga. Tidak hanya dipenuhi oleh tumbuhan saja, area ini menjadi tempat tinggal bagi 240 jenis spesies burung dan beberapa macam hewan langka.

Baca Juga : Malang Punya 5 Tempat Wisata Hutan Pinus yang Super Menarik

Saat berkunjung ke sini, kamu bisa menemukan Elang Jawa, yang merupakan salah satu hewan langka yang melakukan migrasi dari Asia sampai di kawasan ini sekitar bulan Maret sampai April. Jangan harap kamu dapat menemukan burung ini di bulan Oktober hingga November, karena burung ini akan bermigrasi ke daerah asalnya. Tidak hanya Elang Jawa, terdapat pula burung Kepodang, serta Elang Ular Bido di kawasan Hutan Tinjomoyo ini.

3Terdapat Wahana yang Menarik

[Foto: Jateng.tribunnews.com]

Hutan yang mempunyai luas hingga 57 hektar ini, tidak hanya menyuguhkan suasana alami yang indah dan menyegarkan mata. Tetapi, di area ini kamu bisa menikmati berbagai wahana yang sangat beragam macamnya. Mulai dari outing activity, flying fox, birds watching, outbound hingga camping ground bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini bersama keluarga.

Selain kegiatan di atas, saat berlibur ke kawasan hutan, kamu juga bisa menikmati dinginnya air sungai yang berada di dalam kawasan Hutan Tinjomoyo ini. Anda bisa duduk bersantai di atas batu besar di tengah sungai dengan aliran air yang begitu tenang, sembari melihat penghijauan yang bisa memanjakan mata kamu dan menenangkan pikiran kamu.

4Spot Foto Instagramable

[Foto: Tempatwisataindonesia.id]

Selain itu, di area ini juga menawarkan spot foto yang instagramable banget buat kamu yang hobi eksis di sosial media. Di kawasan Hutan Tinjomoyo, kamu bisa menemukan jembatan merah serta reruntuhan jembatan besar yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto kamu. Dengan sedikit gaya yang eksis, ditambah caption yang menarik, berfoto di kawasan Hutan Tinjomoyo ini bisa menambah like di instagram kamu.

5Terdapat Makanan Khas Semarang

Foto: Jateng.liputan.co.id]

Selain menyuguhkan wahana dan keindahan alam yang akan membuat betah berlama-lama di kawasan hutan ini, kamu juga bisa mencicipi makanan khas Semarang yang akan menggoyangkan lidah kamu. Tidak hanya menyediakan makanan khas Semarang saja, di sini juga terdapat makanan khas Arab, China, bahkan India, seperti halnya kebhinekaan yang digambarkan maskot kota Semarang, ‘Warak Ngendhog’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here