Bukan hal baru lagi bahwa Gunung Tangkuban Perahu dengan panorama alamnya yang cukup indah sudah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Barat. Gunung ini terleak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesa. Perlu di ketahui bahwa ini adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat.

Tempat wisata favorit di Jawa Barat ini sudah sangat di kenal dengan Kawah Ratu-nya. Dimana pada kawah tersebut kamu dapat menikmati keindahan pemandangan alam yang tiada duanya di Indonesia. Bukan hanya itu saja lho, Gunung Tangkuban Perahu juga mempunyai kawasan hutan lindung Dipterokarp dan Pinus lho, di sana juga hidup tanaman cantigi yang hidup di ekosistem bawah kawah.

Gunung Tangkuban Perahu ini termasuk kedalam jajaran gunung tinggi lho, di kawasan Jawa Barat. Ketinggiannya itu mencapai 2.084 Mdpl, dari tempat tersebut kamu dapat menikmati sejuknya udara, keindahan alam, dan juga suasana Kota Bandung yang sangat fenomenal dari ketinggian.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu bukan hanya menawarkan keindahan alamnya saja lho, tapi terdapat cerita legenda dan mitos masyarakat yang melegenda mengenai gunung satu ini pun juga cukup menarik. Kata masyarakat sekitar, Tangkuban Perahu tercipta sebab Sangkuriang gagal mempersunting Dayang Sumbi yang sebenarnya adalah ibunya sendiri.

Saat itu Sangkuriang diberi sebuhah persyarakat untuk membuat danau dan perahu, namun karena gagal dia menendang perahu tersebut sampai terbalik, yang saat ini menjadi sebuah Gunung Tangkuban Perahu.

Baca Juga : 6 Gunung di Indonesia Ini Punya Taman Bunga Edelweis yang Cantik

Kawah Cantik di Gunung Tangkuban Perahu

Memang tidak ada habisnya jika membahas tentang pesona keindahan Gunung Tangkuban Perahu, hal itu terlihat dari kawah-kawah cantik yang ditawarkan di tempat wisata ini. Disana kamu dapat mengunjungi sekamur 10 kawah indah di Gunung Tangkuban Perahu yang memang sudah terkenal, bahkan sudah terkenal ke manca negara lho.

Beberapa kawah tersebut diantaranya adalah Kawah Ratu, Kawah Jurig, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Siluman, Kawah Ecoma, Kawah Lanang, Kawah Domas, Kawah Jurian, dan juga Pangguyangan Badak. Dari semua kawah yang berada di Gunung Tangkuban Perahu tersebut menawarkan pesona keindahan tersendiri.

Mengenai nama dar beberapa kawah di Gunung Tangkuban Perahu ini ialah sebuah kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dari nama Kawah Ratu ini di karenakan kawah terbesar diantara yang lain, dan untuk Kawah Upas (racun), Kawah Jurig, dan Kawah Siluman hal itu di sebabkan disana dahulu ada banyak penduduk lokal yang meninggal dunia karena mereka menghirup racun yang keluar dari kawah ini.

Dari pengalama saya saat berkunjung ke sana salah satu kawah favorit di Gunung Tangkuban Perahu selain Kawah Ratu dan Kawah Upas ialah Kawah Domas. Perlu kamu ketahui, kawah yang satu ini mengeluarkan sumber air panas yang cukup bermanfaat bagi wisatawan, bahkan ada yang percaya air disana dapat menyembuhkan gatal-gatal. Di kawah ini kamu dapat merebus telur selama 10 menit saja.

Karena kepercayaan masyarakat yang mengatakan bahwa air di kawah tersebut dapat menyembuhkan penyakit, bahkan ada yang mengatakan dapat membuat awet muda. Tak jarang digunakan sebagai tempat pemandian air panas dan lulur kecantikan.

Setiap hari akan selalu tampak orang yang berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, selain untuk menikmati panorama yang indah, katanya mereka juga ingin tau rasanya tanjakan yang ada di gunung ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here