Jakarta tergolong salah satu kota yang memiliki banyak sekali museum yang dijadikan tempat wisata. Tapi tahukah kamu dengan Museum MACAN? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang adanya museum tersebut. Meski posisinya berada di kawasan perkotaan, tapi Museum MACAN masih jarang terekspose keberadaannya, dan tidak banyak orang mengetahuinya.

Museum Macan berada di AKR Tower Level MM, Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Memang museum ini merupakan museum yang dibuat untuk tempat berwisata, dan bisa menjadi alternatif wisata bagi warga Jakarta yang sudah bosan dengan beberapa tempat wisata andalan di Jakarta.

Museum MACAN ini memiliki objek wisata yang sangat menarik, apalagi bagi kamu yang mengerti tentang dunia seni kontemporer, jelas museum ini menjadi salah satu alternatif tempat wisata favorit di Jakarta. Bagi kamu yang tidak mengerti tentang dunia seni, museum ini juga sangat menarik karena bisa buat foto-foto, dan jelas memiliki jiwa instagramable sekali, karena memang didesain khusus agar instagramable dan cocok dengan anak-anak masa kini. Seni tidak selalu berkaitan dengan hal yang tua.

Ternyata Museum MACAN juga memiliki beberapa fakta menarik yang membuat museum di Jakarta Barat ini sangat menarik. Apa saja itu faktanya?

1Di dalamnya tidak ada macan

Mendengar kata Museum MACAN, mungkin sebagian besar orang akan berpikir bahwa itu museum yang mengoleksi benda-benda maupun sejarah tentang macan atau harimau, tapi ternyata itu semua salah. MACAN yang jadi nama branding dari museum tersebut, ternyata merupakan sebuah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Singkatan tersebut digunakan agar lebih dikenal dan tidak sulit diucapkan oleh orang Indonesia.

Baca Juga : Wisata Jakarta Seru dan Murah Meriah

2Booming Karena Yayoi Kusama

Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui tentang keberadaan museum yang satu ini. Namun Museum MACAN menjadi lebih terkenal karena diperkenalkannya berbagai karya dari seniman Jepang, dengan tajuk Yayoi Kusama: Life Is The Heart of Rainbow’ pada 12 Mei sampai 9 September 2018 yang lalu. Karena diperkenalkannya 130 karya dari Yayoi Kusama, akhirnya Museum MACAN bisa mempublikasikan dirinya kepada publik sebagai salah satu destinasi wisata di Jakarta.

3Harga tiket yang sebanding

Sekarang Museum MACAN sudah dibuka untuk umum dan siap melayani wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Harga tiketnya pun juga sangat sesuai dengan kantong masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Untuk orang dewasa, tiketnya dibanderol dengan harga Rp 100.000. Bagi mahasiswa dan pelajar, tiketnya dibanderol Rp 90.000, dan bagi anak-anak dibanderol dengan harga Rp 80.000. Tentu saja harga tiket tersebut akan sebanding dengan pengalaman yang kamu dapat ketika berkunjung ke Museum MACAN di Jakarta Barat ini.

4Bisa berburu harta karun

Saat berkunjung ke Museum MACAN, kamu tidak hanya bisa melihat tentang berbagai karya seni kontemporer, tapi disana juga terdapat wahana yang bernama berburu harta karun. Tapi wahana ini hanya berlaku bagi anak-anak dan pelajar. Pengunjung anak-anak dan pelajar akan diasah otaknya karena disana ada permainan dimana disuruh mencari harta karun yang tersembunyi. Menarik bukan?

5Bersantai di Plus Minus Kopi

Dalam museum MACAN ternyata tidak hanya menampilkan berbagai karya seni kontemporer. Ketika pengunjung sudah lelah mengunjungi berbagai objek, disana juga disediakan kafe yang dimana kamu bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari kaca tebal, dan bisa menikmati secangkir kopi yang begitu nikmat disana. Memang konsepnya didesain sedemikian rupa agar pengunjung betah berada disana. Bagaimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke Museum MACAN?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here