Cirebon terkenal merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki berbagai pilihan tempat wisata yang bisa membuatmu terpukau. Cirebon dikenal dengan wisata sejarah dan religi, namun kota ini juga memiliki tempat wisata alam yang tidak kalah indah jika dibandingkan dengan tempat wisata di kota besar lainnya.

Ada beberapa tempat wisata di Cirebon yang cukup terkenal dan seringkali menjadi favorit ketika berpergian ke sana. Kali ini Amazing Indonesia akan menunjukkan berbagai destinasi wisata seru dan menarik yang bisa membuatmu semakin tertarik untuk datang ke Cirebon. Apa saja destinasi wisata favorit di Cirebon?

Ade Irma Suryani Waterland

[Foto: jejakpiknik.com]

Salah satu tempat travelling di Cirebon yaitu Ade Irma Suryani Waterland yang merupakan destinasi wisata air yang terdapat di Cirebon. Lokasinya berada di tepi pantai utara Cirebon. Dilengkapi dengan 40 cottage pinggir pantai yang turut menunjang bagi pengunjung tempat wisata tersebut. Harga sewa cottage per hari mencapai Rp 1 juta sampai Rp 2,5 Juta. Untuk cottage dengan fasilitas see view, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 1,7 juta. Sedangkan untuk cottage kelas full view sedikit lebih mahal. Dan untuk cottage kelas family pengunjung harus menyediakan uang sebesar Rp 2,5 juta.

Pantai Kejawanan

[Foto: sejarahnusantara.web.id]

Pantai Kejawanan merupakan salah satu tempat travelling di Cirebon. Pantai Kejawanan merupakan obyek wisata terapi dan juga merupakan Tempat Pengelolaan Ikan (TPI Kejawanan). Selain itu, pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbit dengan posisi yang tepat berada ditengah-tengah pantai. Pengunjung juga dapat berwisata keliling pantai dengan menggunakan perahu motor milik nelayan dengan tarif yang cukup murah. Beralamat di Pegambiran, kecamatan Lemahwungkuk, kota Cirebon.

Danau Setu Patok

[Foto: wisata-tanahair.com]

Tempat travelling di Cirebon yang memiliki panorama indah berikutnya yaitu danau Setu Patok Cirebon yang berada di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Berjarak sekitar 20 menit dari kota Cirebon. Akses untuk mencapai danau ini bisa melalui jalur Perumnas Argasunya atau bisa juga dengan melewati jalur pantura Mundu.

Baca Juga : 5 Kuliner Cirebon yang Wajib Kamu Coba

Taman Sari Gua Sunyaragi

[Foto: cekhargatiket.org]

Taman Sari Goa Sunyaragi adalah tempat travelling di Cirebon yang merupakan sebuah tempat pertapaan sekaligus tempat pelatihan tentara kesultanan Cirebon pada zaman dahulu. Selain terkenal dengan banyak mitos, tempat ini juga mempunyai nilai seni yang sangat indah.

Keraton Kasepuhan Cirebon

[Foto: tripadvisor.co.id]

Salah satu tempat travelling di Cirebon yang wajib Anda kunjungi yaitu keraton Kasepuhan Cirebon karena menyimpan banyak cerita sejarah. Keraton kesultanan pertama di Cirebon ini dibangun Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1529.

Di sini ada beragam benda peninggalan dan benda-benda pusaka milik sultan. Menariknya, keraton ini memiliki sebuah kereta singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan tiap tanggal 1 Syawal. Tempat ini sangat cocok bagi Anda pecinta arsitektur masa lampau untuk menghabiskan masa liburan.

Keraton Kanoman Cirebon

[Foto: situsbudaya.id]

Tempat travelling di Cirebon berikutnya yaitu keraton Kanoman Cirebon yang didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau dikenal dengan Pangeran Kertawijaya. Pangeran yang memiliki gelar Sultan Anom I ini diangkat pada tahun 1678 M. Peninggalan bersejarah yang terdapat di Keraton Kanoman cukup erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati yang dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Bukit Gronggong

[Foto: berkeliling.com]

Bukit Gronggong merupakan salah satu tempat travelling di Cirebon yang romantis dan menarik perhatian para wisatawan lokal dan sekitarnya. Letak bukit Gronggong yaitu di jalur utama Cirebon dan Kuningan. Bukit ini menyuguhkan keindahan lampu-lampu dari kota Cirebon di atas bukit, sehingga membuat lokasi ini banyak diminati oleh kalangan anak muda, terutama pada saat sore hari dan menjelang malam.

Selain 7 destinasi wisata Cirebon di atas, masih banyak destinasi wisata Cirebon lainnya yang membuatmu tertarik untuk berkunjung ke Cirebon. Yuk datang ke Cirebon sekalian mengenal Kota Cirebon dari dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here