Wisata alam memang menjadi pilihan berbagai wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota, begitu juga dengan warga Banyumas. Curug Jenggala menjadi lokasi wisata favorit warga Banyumas untuk menghabiskan waktu libur mereka. Tidak hanya warga lokal saja, curug ini juga dikunjungi oleh berbagai warga dari luar kota sekitar.

Curug atau yang juga kita kenal dengan air terjun digemari karena nuansa yang diberikan dari wisata ini berbeda dengan wisata lain. Kesegaran yang didapatkan tidak hanya dari udara sekitar, tapi juga dari air mengalir yang jatuh di atas ketinggian. Berikut ini  beberapa pesona dari Curug Jenggala yang harus diketahui.

Lokasi Curug Jenggala

[Foto: Bocahporka.blogspot.com]

Curug Jenggala merupakan salah satu wisata alam yang banyak dikunjungi karena lokasinya berada di sekitar destinasi wisata lain. Curug ini berada di wilayah dusun Kalipagu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Baturraden merupakan salah satu wilayah dari Banyumas yang memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Jalur Menuju Curug Jenggala

[Foto: Bocahporka.blogspot.com]

Wisata alam biasanya berada di lokasi yang sulit ditemukan karena terletak di daerah desa atau tempat tersembunyi, namun cara untuk sampai ke air terjun satu ini cukup mudah. Saya hanya perlu berkendara menuju Baturraden, setelah sampai di sana kemudian lanjut berkendara ke arah Curug Bayan. Jika di perjalanan menemukan sebuah homestay dengan jalan sempit dan memanjang, kemudian saya mengikutinya hingga bertemu dengan petunjuk arah yang bisa membawa menuju kawasan Curug Jenggala.

Baca Juga : Ada Tempat Wisata di Bekasi yang Tersembunyi, Bernama Curug Parigi

Daya Tarik Curug Jenggala

[Foto: Mongabay.co.id]

Seperti curug pada umumnya yang memiliki banyak sekali daya tarik sehingga patut untuk dikunjungi. Curug Jenggala ini juga memiliki berbagai daya tarik yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya adalah :

1Jalan setapak dengan pemandangan yang indah

Untuk menuju ke lokasi air terjunnya, saya harus berjalan sejauh kurang lebih 500 meter dari tempat parkir. Perjalanan tersebut terasa menarik karena bisa sambil menikmati pemandangan sekitar dan udara yang sejuk.

2Spot foto menarik

Spot foto merupakan hal yang paling dicari oleh wisatawan terutama para kaum muda. Spot foto yang cantik dan menarik akan menambah keindahan foto yang akan diunggah ke media sosial.

3Selfie Deck

Yang menjadi daya tarik lain dari lokasi wisata ini adalah selfie deck yang dibangun berbentuk hati dengan rumput di sekitar yang menambah keindahan. Air terjun sebagai background juga menambah keindahan selfie deck ini. Cukup banyak kaum muda terutama pasangan kekasih yang pergi ke Curug Jenggala di Banyumas hanya untuk mencoba berfoto di Selfie Deck ini.

4Air terjun yang tidak terlalu tinggi

[Foto: Kacamatawisata.blogspot.com]

Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi tapi gemericik air dan kejernihan airnya menambah daya tarik dari wisata yang satu ini. Selain itu air terjun ini terdiri dari 3 aliran air dengan 1 aliran utama yang lebih besar dan berada di tengah.

Fasilitas yang Diberikan Curug Jenggala

Fasilitas yang diberikan oleh destinasi wisata satu ini cukup lengkap dan memberikan kenyamanan, diantaranya adalah :

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala

[Foto: Purwokertoguidance.com]

Harga tiket masuknya cukup terjangkau dengan keindahan yang dihadirkan begitu menakjubkan, saya bisa masuk ke lokasi hanya dengan membayar Rp 5.000 saja. Untuk biaya parkir jika membawa kendaraan bermotor juga sama yaitu Rp 5.000 dan buka dari pagi hingga sore hari saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here