Wilayah Bogor memang tidak seluas Jakarta karena luasnya hanya 118,50 meter persegi, sekitar seperempatnya dibandingkan luas Jakarta yang mencapai 523,66 meter persegi. Meski tak terlalu luas, di Bogor terdapat beragam tempat wisata yang mungkin tidak seperti biasanya dan layak untuk dikunjungi. Walaupun agak aneh istilah yang saya gunakan di sini, namun kenyataannya memang begitu. Ada banyak tempat wisata yang berbeda dengan tempat-tempat lain yang biasanya sudah banyak dikunjungi orang. Penasaran? Mari kita ulas bersama, ya.

Tempat Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Selain di Ciater, ternyata ada lho tempat pemandian air panas di Bogor. Yap, pemandian ini terdapat di Gunung Peyek, tepatnya di Jalan Pasar Ciseeng, Parung, Bojong Indah, Bogor. Untuk dapat mencapai lokasi, kamu bisa melalui tol Bogor–Parung, kemudian langsung menuju Kedung Halang, arah pemandian air panas Tirta Sanita. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju komplek TNI AD ke Kampung Jeletreng ya, Guys, jangan berhenti di Tirta Sanita. Nah, sisanya kalian tanya saja pada warga setempat karena Pemandian Air Panas Gunung Peyek sudah tidak jauh dari situ.

https://3.bp.blogspot.com/-F-T3lfE8LHg/VygRy9O9SmI/AAAAAAAAAMk/fPuhTi4huxQYNUuAsw2Wne5lRwtJzQZGACKgB/s1600/Screenshot_2016-05-03-09-46-11_1.jpgFoto: bogorgemilang.blogspot.com

Lokasinya sangat unik karena berada di bukit yang tingginya sekitar 2 meter. Di bagian atas bukit itulah tempat pemandian berada, berupa kolam-kolam dengan ukuran tak beraturan, air hangat yang sangat kontras dengan udara sejuk di sekeliling, menciptakan sensasi seperti sedang ber–jacuzzi di alam bebas. Sambil berendam, kamu bisa sekalian menikmati pemandangan alam sekitar yang dikelilingi sawah, matahari terbenam, bahkan bisa sembari berfoto ria.

Manjat Tebing di Gunung Kapur Klapanunggal

Sesuai namanya, gunung ini terdiri dari bebatuan kapur yang banyak dan besar. Lokasi bekas pertambangan kapur ini berupa undakan-undakan batu kapur tinggi dan berlubang karena ada goanya juga. Di dalam goa terdapat stalaktit dan alur air yang walaupun tidak begitu kentara, tapi menjadikan tempat ini unik. Kalau kamu mau naik ke puncaknya, kamu terpaksa melakukan panjat tebing. Itu artinya, kamu harus membawa peralatan memanjat, ya.

Hasil gambar untuk gunung kapur klapanunggalFoto: goindospot.com

Menuju ke tempat wisata ini kamu bisa keluar dari tol Jagorawi, kemudian terus saja ke Jalan Raya Narogong. Tiba di sini, bertanyalah pada warga sekitar karena lokasi bekas pertambangan kapur ini tak begitu jauh lagi. Kamu juga bisa mencapai tempat wisata di Bogor ini dengan koordinat ini.

Curug Country, Niagara Mininya Bogor.

Curug adalah air terjun yang jatuh dari tebing–tebing nan eksotik. Keindahan alam di tempat wisata di Bogor ini sangat menakjubkan dan pastinya bisa jadi spot foto terbaik dalam liburan kamu. Banyak lokasi curug di Bogor, salah satunya Curug Country. Curug yang berlokasi di Tanjungrasa, Tanjungsari Bogor ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 dengan biaya masuk Rp 20.000, – Ingin berlibur ke Curug Country weekend ini? Ikuti saja koordinat ini supaya kamu tidak tersesat.

http://jakarta.panduanwisata.id/files/2012/10/curug-country-041.jpgFoto: theaorengbinangproject.com

Air terjun di sini bertingkat-tingkat sehingga menciptakan air terjun nan eksotik dengan aliran air yang tak terlalu deras. Selain bisa menghasilan foto yang instagramable banget, kamu juga bisa bermain-main air di sini bersama teman-temanmu. Tapi tetap berhati-hati karena bebatuannya licin akibat terus terendam air. Bagi yang tidak bisa berenang, mungkin bisa bawa pelampung untuk berjaga-jaga… hahaha.

Gunung Batu Jonggol dan Gunung Munara Rumpin

Selain Gunung Pangrango dan Gunung Salak, ada beberapa bukit yang sebenarnya masuk dalam kategori gunung karena ketinggiannya lebih dari 700 mdpl. Gunung Jonggol salah satunya. Medan yang harus ditempuh untuk mencapai ke gunung ini tidak terlalu sulit. Sementara itu, biaya yang kamu butuhkan untuk membeli tiket masuk pun hanya Rp15.000,- Ketinggian gunung ini membuatnya banyak dikunjungi para pendaki pemula sebagai tempat pemanasan sebelum mencoba mendaki gunung yang lebih tinggi. Oh ya, begitu sampai di puncaknya, jangan lupa berfoto dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango yang ada di kejauhan. Dijamin fotomu bakal nge-hits banget di media sosialmu.

https://wisatajabodetabek.files.wordpress.com/2015/11/gunung_batu_kaskus.jpgGunung Batu Jonggol. Foto: wisatajabodetabek.wordpress.com

Adapula Gunung Munara Rumpin. Gunung ini lebih tinggi dibandingkan dengan Gunung Batu Jonggol, yakni 1.119 mdpl. Dengan ketinggian ini, kamu tidak butuh waktu berhari-hari kalau ingin tiba di puncaknya dan menikmati pemandangan dari atas sana. Setiap pos di Gunung Munara sudah banyak penjual makanan. Jadi, kamu tidak perlu banyak bawa perbekalan.

http://www.nativeindonesia.com/wp-content/uploads/2015/03/Gunung-munara-bogor.jpgGunung Munara Rumpin. Foto: nativeindonesia.com

Dengan biaya masuk super murah dan rute mudah dari pasar Parung ke Ciseeng-Rumpin yang masih bisa dijangkau menggunakan kendaraan, tidak lantas memberikan pemandangan ala kadarnya. Malahan kamu bisa memandang lukisan Tuhan yang terbentang luas nan indah, matahari terbit, atau kabut turun di malam hari.

Sampai di atas jangan buru–buru turun, ya. Sebaiknya kamu bangun tenda dan bermalam. Happy Camping!

Alun-alun Surya Kencana

Tidak seperti alun–alun yang biasa kamu lihat di pusat kota Bandung atau kota Jogjakarta. Alun-alun Surya Kencana berada di dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan merupakan hamparan rumput yang luas.

http://www.wiranurmansyah.com/wp-content/uploads/2015/01/20130420_160826.jpgwiranurmansyah.com

Bagi kalian yang pernah mendaki Gunung Gede Pangrango, tapi tidak sampai ke alun–alun Surya Kencana, sudah pasti kamu rugi besar. Bagaimana tidak, tempat ini sangat luas dan indah. Ada spot menarik dari savana atau hamparan rumput seluas 50 hektar yang berada di ketinggian 2.750 mdpl ini. Bahkan di sini kamu bisa melihat hamparan bunga Edelweiss, yang dikenal pula sebagai bunga abadi, karena tidak akan layu walau dibawa pulang dan tanpa ditanam kembali.

Masih banyak ya tempat wisata di Bogor yang mungkin belum kamu jelajahi.
Yuk, rencanakan liburanmu segera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here