Terkadang warga ibukota, DKI Jakarta sampai harus ke luar kota demi menikmati liburan yang begitu indah, karena mungkin mereka sudah bosan dengan suasana liburan di Jakarta yang gitu-gitu saja. Saat masyarakat yang jauh dari DKI Jakarta, ingin ke Jakarta demi melihat Monas, Kota Tua, Ancol, dan juga Ragunan, masyarakat Jakarta sudah bosan dengan itu semua dan memilih liburan ke luar kota demi liburan yang “wah”.

Sebenarnya di Jakarta itu sangat kaya akan tempat wisata. Namun yang mungkin terekspose hanya itu-itu saja. Banyak sudut-sudut wisata di Jakarta yang masih jarang terjangkau oleh publik karena mungkin minimnya publikasi terhadap tempat wisata tersebut.

Salah satu jenis tempat wisata yang terdapat di Jakarta adalah museum. Karena Jakarta merupakan salah satu kota yang penuh akan sejarah. Sehingga disana terdapat banyak sekali museum.

Mendengar kata museum di Jakarta, pasti pikiran kita akan langsung tertuju kepada museum yang terdapat di Kota Tua, maupun museum yang terdapat di Monas. Selain itu, ternyata Jakarta masih memiliki banyak sekali museum yang mungkin jarang orlang mengetahui keberadaannya.

Berikut Amazing Indonesia akan membeberkan 5 museum tersembunyi di Jakarta yang sangat cantik nan indah, yang bisa menjadi alternatf tempat wisatamu.

1Museum Macan

[Foto: Time.com]

Baru tahu kan kalau di Jakarta punya museum yang bernama Museum Macan? Yaps, museum yang tidak begitu terekspose keberadaannya ini terdapat di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tepatnya di AKR Tower Level MM, Jalan Perjuangan No.5.

Meskipun namanya Museum Macan, namun kamu jangan berharap akan bertemu macan, atau harimau disana. Karena maksud dari museum macan, disana menyediakan konsep seni rupa modern dan kontemporer yang dibuat oleh seniman asal Indonesia dan juga Internasional. Biaya masuk ke Museum Macan ini adalah 50 ribu rupiah bagi dewasa, 40 ribu bagi pelajar, dan 30 ribu bagi anak-anak.

Baca Juga : Ada 5 Fakta Unik Museum Macan Jakarta yang Bikin Terpesona

2Museum Toeti Heraty

[Foto: Destinasian.co.id]

Hayo tebak museum yang satu ini berada dimana? Yaps, Museum Toeti Heraty berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Tepatnya di Jl.Hos Cokroaminoto No.9, Menteng, Jakarta Pusat. Disana kamu akan melihat lukisan-lukisan dan patung-patung yang sangat indah dan benar-benar artistik. Museum Toeti Heraty ini memiliki banyak sekali karya dari para seniman di Indonesia.

Menariknya, dalam Museum Toety Heraty ini juga memiliki Auditorium, Ruang Rapat, Kafe, dan Homestay yang bisa kamu tinggali. Biaya masuk ke Museum Toeti Heraty adalah 10 ribu rupiah untuk segala usia. Tidak menyangka ya di tengah Kota Jakarta terdapat tempat wisata museum yang sangat indah.

3Art 1: Museum

[Foto: DestinAsian.co.id]

Mungkin nama ini lumayan asing bagi warga Jakarta. Karena museum ini sempat berganti nama di tahun 2011. Sebelumnya bernama Galeri Seni Mon Décor, dan berganti menjadi Art 1: Museum. Disana ada banyak sekali karya seni, seperti lukisan, patung, dan karya instalasi yang bisa memanjakan mata para pengunjung.

Bagi kamu yang menyukai seni, Art 1: Museum ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena seni kontemporernya begitu kental dan sangat indah untuk diamati. Lokasinya dimana sih? Art 1: Museum ini terdapat di Jalan Rajawali Selatan No.3, Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Biaya masuknya adalah 100 ribu rupiah untuk umum, dan 75 ribu untuk pelajar.

4Moja Museum

[Foto: Tribunnews.com]

Moja Museum benar-benar bisa menjadi surganya para selebgram. Karena seni-seni disana begitu instagramable dan mengusung konsep modern yang sangat luar biasa. Disana banyak sekali karya seni instalasi yang bisa dijadikan objek berfoto dan hasilnya pasti sangat indah. Lokasi Moja Museum ini terdapat di Jalan Metro Pondok Indah, Blok Tb, No.27, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta. Tiketnya adalah 125 ribu bagi umum, dan 115 ribu bagi lansia dan anak-anak.

5Museum Layang-Layang

[Foto: Jakarta-tourism.go.id]

Ternyata di Jakarta juga punya museum yang sangat unik, yakni museum layang-layang. Yaps, sesuai dengan namanya, disana banyak sekali terdapat layang-layang dengan berbagai bentuk dan motif sehingga akan sangat indah dan memanjakan mata kita. Hanya dengan 15 ribu rupiah, kamu bisa mengunjungi museum layang-layang ini yang terdapat di Jl. H Kamang, No.38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Kamu harus kesini karena benar-benar menarik untuk alternatif tempat wisata di Jakarta.

Jakarta ternyata juga punya 5 museum tersembunyi dengan keindahan luar biasa, namun masih sedikit mendapatkan perhatian dari publik. Bagi kamu yang berada di Jakarta, maka wajib mengunjungi 5 museum tersembunyi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here