Home » Blog

Apa Yang Dimaksud Konflik

Daftar Isi

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekerasan brainly?

Kekerasan berasal dari sebuah istilah dari bajasa Latin “violentina” yang berarti kekerasan, keganasan, kehebatan, kesengitan, kebengisan, kedahsyatan, kegarangan, dan perkosaan.

Apa yang menyebabkan timbulnya konflik?

Umumnya konflik terjadi karena adanya perbedaan pendirian maupun perbedaan kepentingan.

Apa manfaat dari konflik?

Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma, nilai-nilai, serta hubungan-hubungan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan dengan kebutuhan individu atau kelompok.

Jelaskan apa pengertian konflik dan kekerasan?

Konflik lebih mengarah pada pertikaian yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih. Sementara kekerasan mengarah pada dorongan nafsu untuk menghancurkan pihak yang lemah dan tak berdaya.

Apa akibat dari konflik brainly?

Meningkatnya solidaritas sesama anggota kelompok. Retaknya hubungan antarindividu dan kelompok. Terjadinya perubahan kepribadian para antarindividu. Rusaknya harta benda dan bahkan hilangnya nyawa.

Apa yang dimaksud dengan Interindividu?

Konflik interindividu adalah konflik yang terjadi dalam diri individu karena ada hubungan erat dengan emosi individu hingga tingkat keresahan yang paling tinggi. Konflik antar individu merupakan konflik yang terjadi antara individu dengan individu yang lain. Konflik ini sifatnya substantif.

Apa saja manfaat konflik Menurut Coser?

Manfaat konflik menurut pendapat dari Lewis A. coser, yaitu merupakan sualat atau cara yang digunakan dalam mempertahankan, mempertegas, serta mempersatukan sistem sosial di dalam lingkungan sosial. Misal, solidaritas dan integrasi antar masyarakat bertambah kuat, di samping sisi negatif dari konflik tersebut.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Seni Lukis

Apa persamaan antara konflik sosial dan kekerasan?

Jawaban terverifikasi ahli

Persamaan dari konflik dan kekerasan, yaitu: Mengakibatkan perpecahan dan permusuhan. Bersifat ke arah yang negatif. Mengakibatkan kerugian dan kerusakan lingkungan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik vertikal?

Sementara konflik vertikal adalah konflik yang melibatkan pihak yang kedudukannya tidak sejajar. Contoh konflik vertikal adalah bentrok polisi dan masyarakat yang menolak digusur. Berdasarkan sifat pelaku, konflik sosial bisa dibedakan menjadi konflik terbuka dan tertutup.

Bagaimanakah hubungan antara konflik dan kekerasan?

Konflik merupakan suatau masalah sosial yang terjadi akibat dari perbedaan pandangan seseorang individu satu dengan lainnya maupun secara kelompok, konflik memiliki keterkaitan dengan kekerasan yaitu kekerasan merupakan lanjutan dari terjadinya suatu konflik.

Apa manfaat konflik Menurut ahli sosiologi Parsons Jorgensen dan Hernandez *?

Parsons, Jorgensen, dan Hernandez, manfaat konflik ialah konflik dapat meningkatkan kohesivitas kelompok, memunculkan isu-isu dan harapan-harapan yang terpendam, memperjelas batas-batas dan norma-norma kelompok, dan mempertegas tujuan yang hendak dicapai.

Apa yang dimaksud dengan akibat konflik?

Akibat Konflik Sosial

1. Meningkatnya solidaritas sesama kelompok, karena merasa memiliki tujuan yang sama. 2. Retaknya hubungan antarindividu dan kelompok, karena terjadi konflik di dalam kelompok. 3. Terjadinya perubahan kepribadian, karena saling mempertahankan pendiriannya masing-masing.

Bagaimana definisi konflik menurut Lewis A Coser brainly?

Menurut Lewis A. Coser, konflik adalah perjuangan nilai atau tuntutan atas status dan merupakan bagian dari masyarakat yang akan selalu ada, sehingga apabila ada masyarakat maka akan muncul konflik.

Apa yang dimaksud dengan konflik dalam sosiologi?

Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan. Konflik berasal dari kata kerja latin “configere”. Artinya saling memukul. Secara sosiologi, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih.

Apa akibat dari adanya konflik sosial?

3. Dampak konflik sosial yang ditemukan dalam penelitian ini ada lima yaitu : 1) bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok, 2) hancurnya kesatuan kelompok, 3) perubahan dalam diri individu, 4) hancurnya nilai-nilai dan norma sosial, dan 5) hilangnya harta benda dan korban manusia.

Apa saja contoh konflik individu minimal 3 contoh?

1. Pengeroyokan terhadap satu orang pelaku kejahatan. 2. Penebangan pohon di hutan yang dilakukan oleh seorang petani untuk dijadikan lahan berkebun dimana hal tersebut ditolak oleh para pecinta lingkungan.

Sebutkan 5 Akibat konflik itu apa saja?

3. Dampak konflik sosial yang ditemukan dalam penelitian ini ada lima yaitu : 1) bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok, 2) hancurnya kesatuan kelompok, 3) perubahan dalam diri individu, 4) hancurnya nilai-nilai dan norma sosial, dan 5) hilangnya harta benda dan korban manusia.

7 Apa yang menyebabkan timbulnya konflik pribadi?

Penyebab konflik pribadi sendiri yaitu karena adanya perbedaan cara pandang antar individu terkait persoalan yang sama. Jenis konflik ini sangat sering terjadi di dalam keluarga, pertemanan, dunia kerja, dan lainnya.

Bagaimana definisi konflik menurut Lewis A Coser?

Coser memulainya dengan mendefinisikan konflik sosial sebagai suatu perjuangan terhadap nilai dan pengakuan tergahap status yang langka, kemudian kekuasaan dan sumber-sumber pertentangan dinetralisir atau dilangsungkan, atau dilangsungkan, atau dieliminir saingan-saingannya (8).

Apa definisi konflik brainly?

Konflik merupakan suatu masalah sosial yang timbul karena ada perbedaan pendapat maupun pandangan yang terjadi dalam msaayarakat dan negara.

Apa manfaat dari konflik?

Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma, nilai-nilai, serta hubungan-hubungan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan dengan kebutuhan individu atau kelompok.

Apa yang dimaksud dengan kekerasan dalam sosiologi?

“Secara sosiologis, kekerasan terjadi saat interaksi sosial yang dilakukan individu atau kelompok mengabaikan nilai dan norma sosial.” Agar suatu kekerasan tidak terjadi, orang-orang ataupun kelompok yang terlibat di dalam konflik harus bisa menyadari situasi dari konflik yang terjadi di antara mereka.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Qanaah

Apa yang dimaksud dengan konflik dalam diri sendiri berikan contohnya?

Konflik dalam Diri Individu

Konflik dalam individu ini bisa diartikan sebagai konflik yang terjadi dalam mental seseorang karena sesuatu hal, seperti pilihan yang berbeda dengan kata hati. Contohnya, seseorang yang menyesal bekerja sebagai kriminal untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Apa yang dimaksud dengan konflik dalam diri sendiri?

Konflik dalam diri individu (conflict within the individual), adalah konflik yang terjadi karena memilih tujuan yang saling bertentangan, atau karena tuntutan tugas yang terlampau banyak untuk di tinggalkan.

Apa itu konflik menurut para ahli?

Menurut Taquiri dan Davis, konflik adalah warisan kehidupan sosial yang terjadi dalam berbagai keadaan sebagai akibat dari bangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi, dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih secara terus-menerus.

Apa pengertian konflik menurut Selo Soemardjan?

Jawaban. Jawaban: Konflik adalah suatu proses sosial individu atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai ancaman dan/atau kekerasan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekerasan?

Soerjono Soekanto, kekerasan (violence) adalah penggunaan kekuatan fisik secara paksa terhadap orang atau benda. Adapun kekerasan sosial adalah kekerasan yang dilakukan terhadap orang dan barang karena orang dan barang tersebut termasuk dalam kategori sosial tertentu.

Apa yang dimaksud dengan konflik atau konflik sosial dan berikan contohnya tiga saja?

Konflik sosial adalah konflik yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat. Misalnya masalah pergaulan, masalah ekonomi, komunikasi, dan lain-lain. Konflik internasional adalah konflik yang terjadi antar negara-negara di dunia, baik itu negara berkembang maupun negara maju.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik sosial dan berikan contohnya?

Konflik sosial adalah konflik yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat. Misalnya masalah pergaulan, masalah ekonomi, komunikasi, dan lain-lain.

Apa pengertian konflik menurut James W Vanderzanden?

7. James W Vander Zanden

Dia memberikan pandangan, dalam bukunya Sociology, konflik diartikan sebagai suatu pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak atas kekayaan. Kekuasaan, status atau wilayah tempat yang saling berhadapan, bertujuan untuk menetralkan, merugikan, maupun menyisihkan lawan mereka.

Apa yang dimaksud dengan konflik menurut para ahli?

konflik diartikan sebagai suatu pertentangan mengenai nilai / tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status, / wilayah tmpat pihak yg saling berhadapan & bertujuan untuk menetralkan, merugikan, / menjatuhkan lawan mereka.

Apa contoh konflik dan kekerasan?

Contoh konflik dengan kekerasan adalah sebagai berikut : Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suami terhadap istrinya. Sang suami sering memukul istri (kekerasan fisik) dan berkata kasar padanya (kekerasan psikis) serta tidak memberikan uang untuk membeli keperluan rumah tangga (kekerasan finansial).

Apa pengertian kekerasan menurut Stuart dan Sundeen?

Stuart dan Sundeen, perilaku kekerasan atau tindak kekerasan merupakan ungkapan perasaan marah dan permusuhan yang mengakibatkan hilangnya konrol diri di mana individu bisa berperilaku menyerang atau melakuakan suatu tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Apa contoh konflik vertikal?

Berikut ini beberapa contoh dari konflik vertikal, yaitu : 1. Konflik antar kelas yang terjadi pada tingkatan atau susunan di suatu perusahaan dengan atasan dan bawahan. Bisa berupa konflik kolektif maupun antara individu.

Apa saja contoh contoh konflik pribadi?

Contoh konflik pribadi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya konflik masalah hutang piutang, konflik batas tanah, konflik rumah tangga, konflik harta warisan, atau konflik masalah jual beli.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Filtrasi

Apa saja contoh konflik terbuka?

Contoh konflik sosial terbuka ialah demonstrasi buruh, demonstrasi mahasiswa pada 1998, demo aktivis dan mahasiswa menolak Omnibus Law, dan sejenisnya.

Apa itu tindak kekerasan?

Dengan demikian tindak kekerasan adalah suatu perbuatan yang disengaja atau suatu bentuk aksi atau perbuatan yang merupakan kelalaian, yang kesemuanya merupakan pelanggaran atas hukum kriminal, yang dilakukan tanpa suatu pembelaan atau dasar kebenaran dan diberi sanksi oleh Negara sebagai suatu tindak pidana berat atau …

Apa saja contoh konflik tertutup?

Konflik tertutup adalah suatu konflik yang terjadi namun hanya beberapa pihak saja yang mengetahui adanya konflik tersebut. Contohnya : Konflik yang terjadi dalam suatu keluarga. Konflik yang terjadi antar rekan kerja.

Siapa itu Lewis A Coser?

Lewis A. Coser lahir di kota Berlin, tahun 1913. Lewis A. Coser mendapat gelar Ph.D dari Universitas Columbia pada tahun 1968. Pada tahun 1975, Coser terpilih menjadi Presiden American Sosiologycal Assosiation (ASA). Karya Coser yang sangat fenomenal adalah The Functions of Social Conflict.

Apakah kekerasan termasuk konflik?

Dengan kata lain, kekerasan merupakan konflik yang sudah diwujudkan dalam bentuk fisik maupun psikis. Jadi perberbedaan dari konflik dan kekerasan : Konflik sosial.

Apa hubungan antara konflik dan kekerasan?

Keterkaitan umum antara konflik dan kekerasan adalah dimana memang tidak sepenuhnya semua konflik dapat menimbulkan kekerasan namun pastinya kekerasan berasal dari konflik, konflik secara umum terjadi karena perbedaan pandangan.

Apa saja yang termasuk kekerasan?

Bentuk-bentuk kekerasan tersebut antara lain: (1) Kekerasan Emosional seperti dihina, direndahkan, tidak diharapkan lahir, tidak disayangi, mengalami perundungan; (2) Kekerasan Fisik seperti ditendang, dipukul, dicekik, dibekap, diancam/diserang dengan senjata; dan (3) Kekerasan Seksual yang dibagi menjadi kekerasan …

Apa yang dimaksud konflik Menurut Lewis?

menurut lewis a coser. konflik bisa diartikan sebagai proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. konflik dengan kelompok lain dapat memlerkuat kembalinya identitas kelompok dan melindunginya agar tdk lebur dalam dunia sosial sekelilingnya.

Manakah yang termasuk ke dalam konflik sosial menurut Lewis A Coser?

Lewis Coser mengatakan konflik dibagi atas dua bagian, yaitu konflik external dan konflik internal. Konflik external adalah konflik yang terjadi antara dua kelompok yang berbeda, dimana akan memperkuat kelompok yang berkonflik tersebut dengan memberikan batasan yang jelas dengan kelompok lain.

Bagaimana pendapatmu tentang teori konflik yang dikemukakan oleh Coser?

Menurut saya tentang definisi konflik dari Coser yaitu, bahwa suatu konflik dapat terjadi karena adanya suatu tujuan langka tertentu yang ingin diperjuangkan baik oleh individu atau kelompok yang bersifat langka serta dilakukan dengan mencederai pihak lawan.

Apa pengertian konflik menurut Gillin dan Gillin Lewis A Coser?

Menurut Gillin dan Gillin: Pengertian konflik menurut gillin dan gillin adalah bagian dari proses sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, dan perilaku.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik non realistis menurut Lewis A Coser?

Konflik Non Realistis Konflik yang tidak realistis adalah konflik yang bukan berasal dari tujuan-tujuan saingan yang antagonis, tetapi dari kebutuhan untuk meredakan ketegangan, paling tidak dari salah satu pihak. (Coser, 1956: 49).

Apa saja contoh contoh konflik pribadi?

Contoh konflik pribadi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya konflik masalah hutang piutang, konflik batas tanah, konflik rumah tangga, konflik harta warisan, atau konflik masalah jual beli.