Home » Blog

Apa Yang Dimaksud Dengan Rantai Makanan

Daftar Isi

Bagaimana jika terjadi kepunahan atau peningkatan populasi suatu jenis makhluk hidup dalam suatu ekosistem?

Jika suatu populasi hewan punah maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem. Terutama meningkatnya jumlah populasi makanan (mangsa) spesies tersebut. Semua spesies di dunia mempunyai peran ekologi masing”. Sehingga hilangnya salah satu spesies hewan tentu akan berpengaruh pada keanekaragaman hayati di bumi.

Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring jaring makanan brainly?

Jawaban: perbedaan antara rantai makanan dgn jaring jaring makanan adalah : Pada rantai makanan organisme hanya memakan satu jenis organisme saja, sedangkan pada jaring jaring makanan organisme memakan organisme lainnya yang tidak hanya satu jenis saja.

Apa yang dimaksud dengan konsumen 1 konsumen 2 dan konsumen Puncak?

Konsumen tingkat 1 (konsumen primer) adalah konsumen yang langsung memakan produsen, seperti ulat yang memakan tanaman padi. Konsumen tingkat 2 (konsumen sekunder) adalah konsumen yang memakan konsumen primer. Konsumen tingkat 3 (konsumen tersier) adalah konsumen yang memakan konsumen sekunder di atas.

Baca Juga:  Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Keseimbangan Alam

Apakah yang akan terjadi apabila salah satu organisme tidak tersedia di alam apakah yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah coba prediksikan?

Yang akan terjadi jika produsen suatu ekosistem punah yaitu konsumen akan kehilangan sumber makanan, sehingga konsumen akan mengalami kematian. Contohnya, ketika produsen berupa tumbuhan mengalami kepunahan, maka herbivora kehilangan sumber makanan dan akan mati, hal ini menyebabkan kematian pula pada karnivora.

Apa yang dimaksud dengan rantai makanan dan piramida makanan?

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dalam ekosistem dengan urutan tertentu. Jaring-jaring makanan adalah kumpulan rantai makanan yang berhubungan dalam suatu ekosistem. Piramida makanan adalah gambaran perbandingan antara produsen, konsumen 1, konsumen 2, dan seterusnya.

Organisme apakah yang berada pada konsumen Puncak?

Ular sebagai konsumen puncak (Karnivor).

Apa yang dimakan plankton?

Zooplankton

Terdapat dua jenis zooplankton yaitu zooplankton pemakan fitoplankton (konsumen I) dan zooplankton pemakan zooplankton yang lebih kecil (konsumen II dan III).

Apa yang akan terjadi jika produsen ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam misalnya banjir?

Apabila produsen dalam ekosistem sawah ini habis, maka hal tersebut akan berdampak pada konsumen tingkat 1 dan selanjutnya. Makhluk hidup lainnya yakni belalang, katak, ular, dan elang yang bergantung pada padi akan kesulitan bertahan hidup sehingga mengakibatkan kepunahan.

Apa perbedaan rantai makanan sama jaring jaring makanan?

Sederhananya, rantai makanan bisa dilihat secara runtut dari produsen, konsumen dan pengurai. Berbeda dengan rantai makanan, jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari rantai makanan yang saling terhubung, dan tumpang tindih dalam sebuah ekosistem.

Apa yang dimaksud dengan konsumen Puncak?

Konsumen puncak adalah konsumen yang berada pada tingkatan trofik paling atas dalam suatu rantai makanan.

Apakah rantai makanan itu beri 2 contoh?

Rumput > marmut > beruang > pengurai. Rumput > marmut > elang > pengurai. Rumput > kupu-kupu > belibis > elang > pengurai.

Apa yang akan terjadi jika dalam suatu ekosistem tidak terdapat tumbuhan hijau?

Tidak akan ada kehidupan karena tidak terjadi siklus energi (satu mata rantai musnah).

Apa yang akan terjadi jika salah satu organisme tidak tersedia di alam?

Ketika salah satu organisme tidak tersedia di alam maka siklus rantai makanan dan jaring-jaring makanan akan terganggu. Segala proses yang berhubungan dengan organisme tersebut akan putus dan terjadi ketidakstabilan di alam.

Berilah penjelasan apa yang dimaksud konsumen tingkat 3?

Konsumen tingkat ketiga (konsumen tersier), adalah konsumen yang memakan konsumen tingkat kedua, misalnya, burung elang pemakan ular atau burung alap-alap pemakan burung pemakan ulat.

Apa saja hewan konsumen tingkat 2?

Karnivora atau hewan seperti Singa, Macam, dan Hiu adalah hewan yang memiliki peranan sebagai bagian dari konsumen tingkat 2.

Apa yg dimaksud konsumen 1?

Konsumen primer atau dikenal dengan sebutan konsumen tingkat pertama merupakan konsumen yang langsung mengkonsumsi atau memakan produsen, dalam hal ini adalah tumbuhan atau organisme yang berperan sebagai produsen.

Jelaskan apakah yang dimaksud dengan produsen dalam sebuah ekosistem?

Produsen merupakan organisme atau spesies yang mampu menghasilkan makanan sendiri. Dalam hal ini, tumbuhan biasanya menjadi produsennya. Selanjutnya hewan herbivora memakan produsen atau tumbuhan.

Apakah padi bisa dimakan belalang?

Rerumputan atau padi (produsen) bisa dimakan oleh konsumen primer tingkat satu seperti ulat, belalang dan tikus.

Dapatkah suatu makhluk hidup hidup sendiri dalam suatu ekosistem?

tidak, krna mahluk hidup adalah mahluk sosial sama sperti manusia dimana saling bergantung dan membutuhkan.

Apa yang terjadi jika produsen dalam ekosistem sawah terganggu?

Jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya banjir adalah tidak terjadi rantai makanan pada ekosistem tersebut. Jika tidak segera ada cara pemulihan produsen maka ekosistem akan mengalami kepunahan.

Apa yang akan terjadi jika dalam suatu rantai makanan terjadi gangguan pada salah satu komponennya?

Jika salah satu komponen dalam rantai makanan tidak ada makan keseimbangan ekosistem akan terganggu. Ekosistem di katakan seimbang apabila komposisi di antara komponen-komponen tersebut dalam keadaan seimbang. Ekosistem yang seimbang, keberadaannya dapat bertahan lama atau kesinambungannya dapat terpelihara.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Gaya Otot

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rantai makanan beserta contohnya?

Rantai makanan adalah urutan serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan urutan tertentu. Contohnya, padi dimakan oleh tikus, tikus dimakan oleh ular, dan ular dimakan oleh elang.

Apa contoh rantai makanan?

Rantai Makanan di Ekosistem Sawah.

Misalnya seperti contoh berikut ini: Padi → tikus → ular sawah → elang → dekomposer/ pengurai. Pada contoh tersebut maka padi adalah produsen yang mempu menghasilkan makanan sendiri. Selanjutnya, padi dimakan oleh tikus maka tikus menjadi konsumen I.

Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah habis karena terjadi banjir?

Apabila produsen pada ekosistem sawah habis karena suatu bencana alam, maka populasi makhluk hidup lain yang tinggal pada ekosistem sawah tersebut akan menurun, baik itu serangga, tikus maupun makhluk hidup yang lainnya.

Jika dalam suatu rantai makanan konsumen 2 punah apa yang akan terjadi pada konsumen 1 dan 3?

Jika konsumen II (ular) punah, maka jumlah konsumen I (tikus) akan bertambah banyak dan konsumen III (elang) akan ikut punah. Konsumen I akan bertambah banyak karena tidak ada yang memangsa, sehingga produsen terancam punah karena dikonsumsi oleh konsumen I yang jumlahnya meningkat.

Jika didalam sebuah ekosistem populasi konsumen lebih banyak daripada jumlah produsen maka apa yang akan terjadi?

karena produsen yang menghasilkan makanan bagi konsumen. jika konsumen lebih banyak dari pada produsen maka ketersediaan produsen akan habis dan konsumen kehilangan sumber makanannya.

Apa yang dimaksud rantai makanan dan jaring-jaring makanan brainly?

Rantai Makanan adalah peristiwa makan atau dimakan secara berurutan dalam suatu ekosistem yang terjadi terus menerus secara berulang ulang. Jaring – Jaring Makanan adalah kumpual rantai makanan yang saling terhubung dan tumpang tindih pada suatu ekosistem.

Apa yang dimaksud dengan konsumen 1 konsumen 2 dan konsumen Puncak?

Konsumen tingkat 1 (konsumen primer) adalah konsumen yang langsung memakan produsen, seperti ulat yang memakan tanaman padi. Konsumen tingkat 2 (konsumen sekunder) adalah konsumen yang memakan konsumen primer. Konsumen tingkat 3 (konsumen tersier) adalah konsumen yang memakan konsumen sekunder di atas.

Belalang dimakan siapa?

Rumput sebagai produsen dimakan oleh belalang sebagai konsumen pertama, belalang dimakan oleh katak sebagai konsumen kedua, katak dimakan oleh ular sebagai konsumen ketiga, dan ular dimakan oleh elang sebagai konsumen keempat.

Apa yang dimaksud dengan konsumen tingkat 2 brainly?

Jawaban. Konsumen tingkat 2 ( dua ) adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan dari atau berupa konsumen tingkat 1. Contohnya ( pada rantai makanan ekosistem sawah ), ular adalah konsumen tingkat dua karena mendapatkan makanan berupa konsumen tingkat 1 ( dalam hal ini tikus ).

Dalam sebuah rantai makanan apabila konsumen puncak punah apa yang akan terjadi pada konsumen 1 dan konsumen 2 adalah?

Pembahasan. Jika konsumen puncak punah, maka tidak ada lagi pemangsa bagi konsumen 2 akibatnya populasi konsumen 2 akan meningkat. Konsumen 2 merupakan pemangsa bagi konumen 1, sehingga hal ini juga berpengaruh pada jumlah populasi konsumen 1 yang menurun akibat banyak dimangsa oleh konsumen 2.

Apakah yang dimaksud dengan rantai makanan brainly?

Rantai makanan adalah suatu proses dimana makhluk hidup berkedudukan sebagai sumber makanan dan pemakan. Lebih dari satu rantai makanan akan membentuk jating-jaring makanan. Sebagai contoh, manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, begitu pula sebaliknya.

Apa perbedaan konsumen 1 dan 2?

Konsumen tingkat I (primer) merupakan organisme yang memperoleh energi langsung dari produsen (contoh: belalang). Konsumen tingkat II (sekunder) merupakan organisme yang memangsa konsumen primer (contoh: katak). Konsumen tingkat III (tersier) merupakan organisme yang memakan konsumen sekunder (contoh: ular).

Jelaskan apa yang dimaksud rantai makanan dan jaring-jaring makanan?

Sederhananya, rantai makanan adalah urutan makan dan dimakan dari produsen, konsumen, dan pengurai. Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai makanan yang saling terhubung dan tumpang tindih dalam sebuah ekosistem.

Apakah rantai makanan dalam jaring-jaring makanan dapat terputus jelaskan alasannya?

Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan.

Apakah yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem?

Yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah adalah rantai makanan dalam ekosistem tersebut akan berhenti dan lama-kelamaan punah. Produsen menduduki tingkat trofi I dalam ekosistem akan mempengaruhi tingkat trofi selanjutnya.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu Kimia

Apa akibatnya jika salah satu makhluk hidup punah?

1. Berkurangnya keanekaragaman hayati di bumi. 2. Terganggunya ekosistem di bumi karena hilangnya salah satu anggota rantai makanan. 3. Hilangnya hewan serta tumbuhan langka akan berdampak pada hilangnya hewan dan tumbuhan yang bergantung padanya sehingga akan menyebabkan punahnya hean atau tumbuhan lain.

Apa yang terjadi pada konsumen puncak jika konsumen tingkat pertama atau konsumen tingkat kedua berkurang populasinya?

Jawaban terverifikasi ahli

Maka secara keseluruhan, semua populasi ikut terganggu dan akibatnya akan terjadi ketidakseimbangan ekosistem. Pada konsumen puncak, jika konsumen 1 terganggu maka konsumen 2 juga ikut terganggu sampai pada konsumen puncak yang ikut terganggu.

Apakah rantai makanan yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan?

Rantai makanan yang satu dengan yang lain saling berhubungan karena merupakan urutan serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu. Pada rantai makanan terjadi perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan ke makhluk hidup pemakan (predator).

Jika suatu ekosistem tersebut tidak seimbang apakah yang akan terjadi pada ekosistem tersebut?

Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka akan mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru. Perubahan ekosistem dapat terjadi secara alami seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, tsunami serta dapat pula karena aktivitas dan tindakan manusia.

Apa yang akan terjadi jika salah satu dari mereka?

Yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang adalah keseimbangan ekosistem akan terganggu. Contoh, bila ular di sawah punah maka populasi tikus akan meningkat. Akibatnya merusak tanaman padi di sawah dan para petani akan merugi.

Apa akibatnya jika dalam jaring jaring makanan semua makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 mati?

Konsumen I merupakan makanan dari konsumen 2. Jika konsumen I mati maka konsumen 2 akan menurun/juga mati.

Apakah yang dimaksud dengan konsumen tingkat 1?

Organisme yang bergantung pada produsen untuk kebutuhan makan sebagai sumber energi. Konsumen tingkat I biasanya ditempati hewan herbivora atau ikan-ikan kecil yang berada di lautan. Organisme yang memangsa konsumen di tingkat I, biasanya merupakan organisme karnivora, herbivora, atau omnivora.

Apakah buaya merupakan konsumen puncak dalam rantai makanan?

Bangau merupakan konsumen tingkat 2, sementara buaya berada di puncak rantai makanan karena secara alamiah, tidak ada pemangsa bagi buaya. Namun, saat buaya mati, ia akan diuraikan oleh bakteri pengurai atau dekomposer.

Jika konsumen 2 punah Apa yang terjadi?

Jadi, Jika dalam suatu rantai makanan konsumen II punah, yang akan terjadi pada konsumen I akan bertambah banyak karena tidak ada pemangsa (konsumen II).

Apa yang kamu ketahui tentang rantai makanan Berilah satu contoh rantai makanan pada suatu ekosistem?

rantai makanan adalah suatu proses makan memakan contoh padi di makan belalang , belalang di makan tikus & tikus di makan ular sawah.

Apa yang dimaksud konsumen tingkat 2 dan 3?

Pengertian konsumen tingkat 1 adalah organisme yang mengkonsumsi produsen (tumbuhan). Konsumen tingkat 2 adalah organisme yang mengkonsumsi konsumen 1. Konsumen tingkat 3 adalah organisme yang mengkonsumsi komsumen 2.

Mengapa ayam dapat berperan sebagai konsumen 1 dan 2 jelaskan?

Jawaban: Karena ayam bisa menjadi konsumen 1 karena : sering memakan rumput. dan konsumen 2 karena : bisa memakan segalanya/Omnivora.

Apa yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang?

Jawaban: Jika salah satu rantai makanan dalam suatu ekosistem punah atau hilang maka yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang adalah keseimbangan ekosistem akan terganggu. Contoh, bila ular di sawah punah maka populasi tikus akan meningkat.

Apa yang dimaksud dengan jari jari makanan?

Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai makanan yang saling berhubungan dikombinasikan, tumpang tindih dalam suatu ekosistem. Nama lain untuk jaring-jaring makanan adalah sistem sumber daya-konsumen. Antara mahkluk hidup dan lingkungan adalah hal yang tidak dipisahkan dalam jaring-jaring makanan.

Apakah yang dimaksud konsumen tingkat 2 dalam suatu rantai makanan?

Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (carnivora) dan seterusnya. Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak.