Home » Blog

Apa Yang Dimaksud Dengan Protokoler

Daftar Isi

Mengapa keprotokolan menjadi penentu keberhasilan suatu acara?

Pentingnya Keprotokolan Dalam Penyelenggaraan Acara Kenegaraan. Hupmas, KPU SURABAYA- Protokol merupakan salah satu elemen yang yang harus diperhatikan agar acara terselenggara dengan baik. Protokol dapat menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan satu sama lain dan dapat diterima oleh semua pihak.

Apa yg dimaksud dengan protokoler?

Dalam pengertian luas protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan/kantor maupun masyarakat. Secara estimologis istilah protokol dalam bahasa Inggris protocol, bahasa Perancis protocole, bahasa Latin protocoll(um), dan bahasa Yunani protocollon.

Apa tujuan pengaturan dalam keprotokolan?

Pengaturan Keprotokolan bertujuan untuk: a. memberikan penghormatan kepada Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan negara asing dan/atau organisasi internasional, serta Tokoh Masyarakat , Tertentu, dan/atau Tamu Negara sesuai dengan kedudukan dalam negara, pemerintahan, dan masyarakat; b.

Apa perbedaan antara petugas humas dan protokol?

Perbedaan antara humas dan protokol adalah humas sebagai subyeknya atau berupa profesi yang dijabat oleh seseorang, sedangkan protokol merupakan suatu sistem atau peraturan yang ada.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Pola

Apa peran dan fungsi protokoler?

Protokoler berfungsi menjadikan suatu upacara/kegiatan berjalan efektif dan efisien yang dipimpin oleh seorang protokol. Sedangkan tujuan Protokoler menjadikan suatu lembaga atau organisasi tertib, teratur, dan profesional dalam menjalankan suatu kegiatan (upacara).

Apa saja syarat petugas protokol?

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa seorang protokol harus memiliki syarat-syarat wajib yaitu berpenampilan menarik, teliti, berwawasan luas, berkepribadian baik, memiliki keahlian dalam berkomunikasi dan cerdas.

Apa fungsi dan tugas protokol brainly?

Jawaban: Secara umum fungsi protokol adalah sebagai penghubung dalam komunikasi data sehingga proses penukaran data bisa berjalan dengan baik dan benar.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan asas timbal balik?

Asas timbal balik atau asas resiprositas merupakan salah satu asas yang digunakan dalam sebuah perjanjian internasional yang memilliki arti bahwa di dalam sebuah perjanjian internasional suatu tindakan negara terhadap lain negara bisa dibalas setimpal7.

Apa yang dimaksud dengan protokol Menurut Satrio Wuryanto?

Sementara Satrio Wuryanto (1992) memberikan pengertian protokol adalah orang atau pejabat dengan segala tugasnya maupun segala altivitas yang bersifat resmi atau kenegaraan tertentu.

Apa isi dari Undang Undang No 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan?

1. Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan protokol brainly?

Jawaban. sebuah aturan yang difungsikan untuk mengatur perpindahan data yang terjadi antara 2 data atau lebih.

Siapa yang berhak mengatur protokol?

Adapun yang mengatur kegiatan protokol adalah pejabat protokol yang berkompeten dalam menyelenggarakan keprotokolan, seseorang yang berkompeten dalam menyelenggarakan keprotokolan dan seseorang yang memiliki tugas dan fungsi ynag berkaitan dengan keprotokolan.

Apa yang dimaksud dengan strategi keprotokolan?

Protokol adalah serangkaian aturan dalam acara resmi, yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang, sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam negara, pemerintah atau masyarakat.

Mengapa kegiatan protokoler penting?

Pentingnya tujuan pengaturan keprotokolan adalah terciptanya situasi yang menyenangkan, keteraturan dan kelancaran suatu kegiatan atau sebuah acara, karena semata mata untuk menjaga kewibawaan pemimpin di suatu institusi/organisasi.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Budaya

Apa Fungsi protokol humas?

Apa Tujuan dari Protokol Humas? Tujuan dari protokol humas adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat umum tentang kebijakan suatu lembaga dan manfaatnya bagi masyarakat, serta menyampaikan pendapat publik kepada pengelola lembaga dengan menyediakan komunikasi yang sistematis.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan seating arrangement?

Penyusunan tata tempat dalam suatu acara disebut seating arrangement, mekanismenya meliputi hal-hal sebagai berikut : Mengidentifikasi golongan penerima preseance. Menyusun urutan Pejabat negara, pejabat pemerintah dan pejabat tokoh masyarakat.

Apa persamaan petugas humas dan protokol?

Jawaban. – Sama-sama harus dapat memahami reaksi dari para khalayak (pihak lain) yang menerima pesan. – Sama – sama memilki kemampuan untuk membuat suatu instansi atau perusahaan menjadi lebih maju.

Apa yang dimaksud tata penghormatan?

Tata Penghormatan adalah aturan untuk melaksanakan pemberian hormat bagi Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan negara asing dan/atau organisasi internasional, dan Tokoh Masyarakat Tertentu dalam Acara Kenegaraan atau Acara Resmi.

Apa saja asas dari protokol?

Asas keimbangan, kesuaian, dan keselarasan dimana keprotokolan harus mencerminkan keseimbangan, keserasian, dan keselarasan, antara individu dan masyarakat dengan kepentingan bangsa dan negara.

Apa fungsi protokol dalam komunikasi data dalam jaringan?

Fungsi protokol jaringan komputer secara umum adalah untuk menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi dan bertukar informasi supaya dapat berjalan dengan akurat dan lancar.

Mengapa protokol diplomatik harus diatur?

Aturan keprotokolan yang diaplikasikan dan diimplementasikan dalam suatu kegiatan diplomatik memiliki peran positif yaitu ikut menentukan terciptanya suasana yang mempengaruhi keberhasilan suatu acara. Keprotokolan juga berperan menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan negara satu dengan yang lainnya.

Apa saja pendekatan dalam keprotokolan?

Mempedomani dari segi arti protokol adalah merupakan serangkaian aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, maka mereka yang melaksanakan dan atau yang menerapkan kaidah dan norma keprotokolan harus lebih menghayati tiga pendekatan di dalam keprotokolan yaitu: (1) pendekatan kepemimpinan, (2) …

Apa saja ruang lingkup tugas keprotokolan?

Telah jelas dalam UU No. 9 Tahun 2010 disebutkan bahwa ruang lingkup keprotokolan meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Tata tempat yang dimaksud adalah tata urutan atau lebih banyak dikenal sebagai Order of Presedence atau Preseance dalam Bahasa Perancis.

Apa yang dimaksud dengan keprotokolan Menurut Zulkarnain Nasution?

Menurut Zulkarnaen Nasution (2006:157) pengertian protokol juga diartikan sebagai sebuah laporan resmi mengenai apa yang terjadi dan yang dikejakan, serta tambahan dalam suatu perjanjian yang telah diusahakan atau upacara tentang pertemuan dari wakil- wakil berbagai negara.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Tadarus Al Qur'An

Apa yang dimaksud dengan protokol dalam humas?

Dalam sebuah lembaga atau pemerintahan, protokol merupakan sub bagian dari bidang humas. Yang bertugas untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang direncanakan dan akan dilakukan oleh bidang humas sebagai bentuk untuk meningkatkan citra lembaga atau pemerintahan kepada masyarakat.

Apa yang kamu ketahui tentang fungsi protokol Flow Control?

Fungsi dari Flow Control adalah sebagai pengatur jalannya data dari pengirim ke penerima. Tugasnya adalah mengontrol terjadinya kesalahan sewaktu data dikirimkan. Fungsinya adalah memberikan pelayanan komunikasi data yang berhubungan dengan prioritas dan keamanan data.

Apa tujuan dari protokol?

Fungsi Protokol adalah menyelenggarakan “Kenyamanan” pelaksanaan suatu kegiatan acara/upacara dalam artian yang seluas-luasnya.

Jelaskan apa yang dimaksud protokol dalam komunikasi data dan fungsinya?

Protokol adalah sistem peraturan yang memungkinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua komputer atau lebih. Aturan ini harus dipenuhi oleh pengirim dan penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan protokol dan Protokoler?

Protokol adalah halaman pertama yang dilekatkan pada sebuah manuskrip atau naskah. Protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan/kantor maupun masyarakat.

Apa tujuan keprotokolan Menurut Undang Undang Nomor 9 Tahun 2010?

memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara agar berjalan tertib, rapi, lancar, dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, baik secara nasional maupun internasional; dan. menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antarbangsa.

Apa definisi protokol menurut Pasal 1 ayat 1 Undang Undang Nomor 8 Tahun 1987?

Dalam Undang-undang ini yang dimaksud dengan : 1. Protokol adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai Page 2 dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, …

Apa yang dimaksud kedudukan protokol?

11. Kedudukan Protokoler adalah kedudukan yang diberikan kepada seseorang untuk mendapatkan penghormatan, perlakuan, dan tata tempat dalam acara resmi atau pertemuan resmi. 12.

Manakah yang termasuk kegiatan humas dalam internal?

Jawaban. Kegiatan terbesar humas adalah menulis,editing,media relation,spesial event,berbicara produksi,riset,programming dan konsultasi. Sedangkan kegiatan yang penggunaan waktu terbesar adalah untuk koordinasi,perencanaan dan negosiasi.