Home » Blog

Apa Yang Dimaksud Dengan Kekuasaan

Daftar Isi

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan eksekutif menurut John Locke?

1. Menurut John Locke kekuasaan eksekutif merupakan kekuasaan yang mencakup kekuasaan yuikatif karena mengadili itu berarti melaksanakan undang-undang, sedangkan kekuasaan federatif (hubungan luar negeri) merupakan kekuasaan yang berdiri sendiri.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan menurut John Locke?

Pembagian kekuasaan menurut John Locke adalah suatu pembagian kekuasaan di dalam negara ke dalam tiga bagian kekuasaan. Tiga bagian kekuasaan itu adalah legislatif, eksekutif, dan federatif. Kekuasaan legislatif adalah kekuasaan membuat peraturan dan undang-undang.

Berapa kekuasaan di Indonesia?

Pembagian kekuasaan horizontal pada tingkat pemerintahan pusat mengalami pergeseran setelah terjadinya perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjadi enam kekuasaan negara yaitu kekuasaan konstitutif, kekuasaan eksekutif, kekuasaan legislatif, kekuasaan yudikatif, eksaminatif/inspektif dan kekuasaan moneter …

Apa perbedaan kepemimpinan dan kekuasaan dan mengapa dibutuhkan pola kepemimpinan dan kekuasaan dalam organisasi?

Perbedaan antara kepemimpinan dan kekuasaan adalah kepemimpinan lebih menekankan pada kemampuan seseorang untuk mengarahkan orang lain agar mau melakukan apa yang menjadi tugas dan kewajibannya sedangkan kekuasaan merupakan kewenangan seseorang untuk melaksanakan apa yang telah menjadi wewenangnya.

Jelaskan dengan singkat sistem pembagian kekuasaan di Indonesia seperti apa?

Konsep pembagian kekuasan di Indonesia adalah Trias Politica yang dicetuskan Montesquieu. Pembagian kekuasaan ini selaras dengan amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Montesquieu menggagas pembagian kekuasaan ke dalam tiga jenis, antara lain legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Apa yang dimaksud dengan negara menurut Karl Marx?

Pengertian Negara Menurut Karl Marx

Negara adalah alat kelas yang berkuasa ( kaum borjuis / kapitalis) untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lain (proletariat / buruh).

Kekuasaan negara apa saja?

Kekuasaan legislatif, yaitu kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang. Kekuasaan eksekutif, yaitu kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undang-undang. Kekuasaan federatif, yaitu kekuasaan untung melaksanakan hubungan luar negeri.

Baca Juga:  Hewan Hewan Apa Yang Kaya

Seperti apakah contoh dari pendelegasian wewenang?

Contoh Delegasi

Contoh: Pemberian kewenangan dari Kepala Daerah kepada Kepala Dinas atau Camat dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, untuk pelimpahan wewenang yang memiliki telah diterima untuk melaksanakan pelayanan publik yang baik dan aturan yang sesuai.

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan menurut Max Weber?

Max Weber menyatakan bahawa kekuasaan adalah kesempatan seseorang atau sekelompok orang untuk menyadarkan masyarakat akan kemauan-kemauannya sendiri sekaligus menerapkannya terhadap tindakan-tindakan perlawanan dari orang-orang atau golongan- golongan tertentu.

Apa tugas dari lembaga eksekutif?

Lembaga eksekutif merupakan lembaga yang memegang kekuasaan melaksanakan undang-undang, menyelenggarakan urusan pemerintahan, serta mempertahankan tata tertib dan keamanan, baik di dalam maupun di luar negeri. Lembaga eksekutif terdiri atas presiden, wakil presiden, dan para menteri.

Apa perbedaan antara legislatif dan eksekutif?

Lembaga Legislatif adalah sebuah lembaga yang memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan, peraturan, dan undang-undang. Lembaga eksekutif adalah lembaga yang bertugas untuk melaksanakan kebijakan, peraturan, dan undang-undang yang dibuat oleh lembaga legislatif.

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan Eksaminatif beri contoh kekuasaan Eksaminatif di Indonesia?

Kekuasaan eksaminatif merupakan kekuasaan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan. Pada kekuasaan tersebut dijalankan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ini tertuang dalam Pasal 23 E ayat (1) UUD 1945.

Apa perbedaan dari kekuasaan menurut John Locke dan Montesquieu?

Dari dua pendapat ini ada perbedaan pemikiran antara John Locke dengan Montesquieu. John Locke memasukkan kekuasaan yudikatif ke dalam kekuasaan eksekutif, sementara Montesquieu memandang kekuasaan pengadilan (yudikatif) itu sebagai kekuasaan yang berdiri sendiri.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara agraris?

Mengutip dari buku Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Negara Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujannya tinggi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan legislatif?

1. Legislatif adalah lembaga yang berperan untuk membuat peraturan undang-undang. Legislatif juga berwenang melakukan pengawasan terhadap jalanya pemerintahan oleh eksetutif. Di Indonesia, Lembaga legislatif adalah DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) bersama dengan DPD (Dewan Perwakilan Daerah).

Apa saja yang termasuk ke dalam lembaga yudikatif?

Lembaga yudikatif di Indonesia adalah Mahkamah Konstitusi atau MK, Mahkamah Agung atau MA, dan Komisi Yudisial atau KY.

Bagaimana pembagian kekuasaan menurut menurut Montesquieu?

Pertama, lembaga legislatif (kekuasaan membuat undang-undang), kedua lembaga eksekutif (kekuasaan melaksanakan undang-undang), dan ketiga lembaga yudikatif (kekuasaan mengadili pelanggaran undang-undang).

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara?

Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu. Negara adalah organisasi yang mendapatkan kekuasaan dari masyarakat dan telah mempunyai wilayah tertentu.

Apa yang dimaksud dengan negara menurut para ahli?

Prof. Farid S: Negara adalah suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan. G. Pringgodigdo, SH: Negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur – unsur tertentu.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan Eksaminatif?

– Kekuasaan Eksaminatif Kekuasaan eksaminatif adalah kekuasaan terhadap penyelenggaraan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara.

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan eksekutif dan kekuasaan yudikatif?

Jawaban: a.Kekuasaan eksekutif merupakan kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang. b.Kekuasaan yudikatif atau disebut kekuasaan kehakiman yaitu kekuasaan untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

Apa saja sumber sumber wewenang?

Dalam hukum Administrasi, dikenal 3 (tiga) sumber kewenangan, yaitu atribusi, delegasi, dan mandat. Mandat sendiri dapat terjadi jika organ pemerintahan mengizinkan kewenangannya dijalankan oleh organ lain atas namanya.

Apa Pengertian negara dari 4 sudut pandang?

Sudut pandang sebuah negara yang keempat adalah negara sebagai integrasi antara pemerintah dan rakyat. Negara dianggap sebagai sebuah kesatuan bangsa, sedangkan seorang individu yang ada di dalamnya dianggap sebagai bagian integral dari negara.

Siapakah yang punya kekuasaan di negara Indonesia?

Presiden merupakan penyelenggara pemerintahan tertinggi yang memegang kekuasaan pemerintahan menurut undang-undang dasar. Presiden Republik Indonesia mempunyai kedudukan istimewa yaitu sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Siapa yang menjalankan kekuasaan negara?

lembaga eksekutif adalah presiden dan wakil presiden dan beserta dengan menteri-menterinya yang turut membantunya dalam menjalankan tugasnya di sebuah negara. Presiden merupakan lembaga negara yang memiliki kekuasaan eksekutif yaitu kekuasaan yang menjalankan roda pemerintahan.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan E Commerce

Menurut Anda apa yang dimaksud dengan kekuasaan?

Harold D.Laswell,5 dan Abraham Kaplan mengatakan bahwa “kekuasaan adalah suatu hubungan di mana seseorang atau kelompok orang dapat menentukan tindakan seseorang atau kelompok lain agar sesuai tujuan dari pihak pertama.

Dari mana asal kekuasaan pemimpin?

Perlu dipahami bahwa kekuasaan seorang pemimpin dapat bersumber dari hal-hal berikut (1) kemampuan untuk mempengaruhi orang lain; (2) sifat dan sikapnya ‘unggul’ sehingga mempunyai kewibawaan terhadap pengikutnya; (3) memiliki informasi, pengetahuan dan pengalaman luas dan lebih banyak; serta (4) pandai bergaul dan …

Jelaskan apa arti kekuasaan dalam ilmu politik?

Kekuasaan politik dengan demikian adalah kemampuan untuk membuat masyarakat dan negara membuat keputusan yang tanpa kehadiran kekuasaan tersebut tidak akan dibuat oleh mereka.

Siapa yang menetapkan UUD negara Republik Indonesia?

Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkan Undang-undang Dasar dan garis-garis besar dari pada haluan negara. Presiden melakukan kewajibannya Presiden dibantu oleh satu orang Wakil Presiden. Presiden memegang kekuasaan membentuk Undang-undang dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Manakah fungsi fungsi kekuasaan menurut John Locke?

Pembagian kekuasaan menurut John Locke yaitu sebagai berikut: Kekuasaan legislatif, yaitu kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang. Kekuasaan eksekutif, yaitu kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undang-undang.

Mengapa kekuasaan diperlukan dalam suatu organisasi?

Karena kekuasaan dan pengaruh dapat menjadi energi pendorong atau daya dorong seorang pemimpin untuk mempengaruhi, menggerakkan, dan mengubah perilaku para bawahannya untuk meningkatkan kinerja serta pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Mengapa etika politik diperlukan dalam organisasi?

Fungsi dari etika politik adalah sebagai salah satu pengatur keseimbangan di dalam pemisahaan kekuasaan antara lembaga legislatif dan eksekutif. Etika politik dikatakan mengambil peran dalam budaya politik jika memiliki kemampuan untuk mengendalikan lembaga-lembaga dan mekanisme politik.

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan Eksaminatif dan berikan 1 contoh lembaga yang termasuk ke dalam kekuasaan Eksaminatif *?

LIMAPAGI – Kekuasaan eksaminatif adalah kekuasaan yang punya hubungan dengan penyelenggaraan pemeriksaan atas tanggung jawab serta pengelolaan keuangan negara. Kekuasaan ini dijalankan oleh BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan.

Apa beda antara wewenang dan kewenangan?

Kewenangan merupakan kekuasaan formal yang berasal dari undang-undang, sedangkan wewenang itu sendiri yaitu suatu spesifikasi dari kewenangan yang artinya barang siapa disini adalah subyek hukum yang diberikan kewenangan oleh undang-undang, maka subyek hukum berwenang untuk melakukan sesuatu tersebut dalam kewenangan …

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan dalam organisasi?

Kekuasaan adalah kapasitas seseorang, tim, atau organisasi untuk mempengaruhi yang lain. Kekuasaan tidak dimaksudkan untuk mengubah perilaku seseorang, melainkan potensi untuk mengubah seseorang (Mc. Shane & Von Glnow, 2010: 300). Lebih jauh lagi, kedua ahli ini menjelaskan bahwa kekuasaan mensyaratkan kebergantungan.

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan seorang pemimpin?

Legitimate Power (kekuasaan sah), yakni kekuasaan yang dimiliki seorang pemimpin sebagai hasil dari posisinya dalam suatu organisasi atau lembaga. Kekuasaan yang memberi otoritas atau wewenang (authority) kepada seorang pemimpin untuk memberi perintah, yang harus didengar dan dipatuhi oleh anak buahnya.

Mengapa Indonesia menganut separation of power?

indonesia menganut sistem separation of power. terbukti dengan adanya pemisahan antar legislatif, yudikatif, dan eksekutif. pemisahan lembaga lembaga ini bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih antara ketiganya.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan eksekutif?

Kekuasaan legislatif ialah kekuasaan membuat peraturan dan Undang-Undang; kekuasaan eksekutif ialah kekuasaan melaksanakan Undang-Undang dan didalamnya termasuk kekuasaan mengadili (Locke memandang mengadili itu sebagai uitvering, yaitu termasuk pelaksanaan Undang-Undang), dan kekuasaan federatif ialah kekuasaan yang …

Siapa pemegang kekuasaan yudikatif di Indonesia?

Dengan demikian, menurut Undang-Undang Dasar 1945, kekuasaan yudikatif di Indonesia dijalankan oleh lembaga Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY).

Apa Pengertian negara Menurut Robert Mac?

Maclever, Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh pemerintah yang untuk maksud tersebut diberi kekuatan memaksa.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara serta unsur unsur negara?

Negara adalah suatu struktur organisasi yang terdiri dari pemimpin ,rakyat .Unsur dari sebuah negara adalah : a.Negara pasti memiliki seorang pemimpin untuk mengatur rakyatnya. b.Negara juga memiliki perdana menteri. c.Negara harus mempunyai undang-undang atau peraturan.

Apa contoh dari wewenang?

wewenang ini adalah perolehan delegasi atau pelipahan wewenang dari posisi astasan ke bawahan dalam organisasi. Contoh; Pemberian wewenang Kepala wilayah atau Head to Head dalam menjalankan pelayanan masyarakat serta untuk membuat produk hukum dalam wujud apapun sesuai dengan tujuan negara.

Baca Juga:  Apa Yang Terjadi Apabila Permintaan Terhadap Jagung Tinggi

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan dalam organisasi?

Kekuasaan adalah kapasitas seseorang, tim, atau organisasi untuk mempengaruhi yang lain. Kekuasaan tidak dimaksudkan untuk mengubah perilaku seseorang, melainkan potensi untuk mengubah seseorang (Mc. Shane & Von Glnow, 2010: 300). Lebih jauh lagi, kedua ahli ini menjelaskan bahwa kekuasaan mensyaratkan kebergantungan.

Kekuasaan ada berapa?

Berdasarkan UUD 1945, kekuasaan Indonesia dibagi menjadi 3 lembaga yaitu eksekutif, legislative, dan yudikatif.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan legislatif dan berikan contohnya?

Kekuasaan legislatif adalah jenis kekuasaan atau lembaga yang berwenang dalam membuat serta merancang kebijakan, peraturan, dan perundang–undangan. Contoh lembaga atau kekuasaan legislatif adalah : Dewan Perwakilan Daerah. Dewan Perwakilan Rakyat.

Apakah di Indonesia ada pembagian kekuasaan?

Penerapan pembagian kekuasaan di Indonesia terdiri atas dua bagian, yaitu pembagian kekuasaan secara horizontal dan pembagian kekuasaan secara vertikal. Secara horizontal, pembagian yaitu pembagian kekuasaan menurut fungsi lembaga-lembaga tertentu, seperti: legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan Eksaminatif dan moneter?

Kekuasaan eksaminatif yaitu kekuasaan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemeriksaan atas pengelola dan tanggung jawab tentang keuangan negara oleh Badan Pemeriksa Keuangan(BPK), sedangkan Kekuasaan moneter yaitu kekuasaan untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem …

Apakah pengertian dari kekuasaan dan kekuasaan negara?

Kekuasaan negara adalah wewenang yang diberikan kepada penguasa atau pemerintah untuk mengatur dan menjaga wilayah kekuasaannya dari penguasaan negara lain. Dalam penerapannya, terdapat pemisahan kekuasaan dan pembagian kekuasaan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan dan berikan contohnya?

kekuasaan adalah hak yg dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu. contoh: ketua kelas berkuasa dalam mengatur kelasnya.

Kekuasaan eksekutif dipegang oleh siapa saja?

Kekuasaan eksekutif biasanya dipegang oleh badan eksekutif. Di negara demokratis, badan eksekutif biasanya terdiri atas kepala negara seperti raja atau presiden. Badan eksekutif dalam arti luas juga mencakup para pegawai negeri sipil dan militer.

Apa saja sumber kekuasaan dalam organisasi?

Mereka membaginya atas lima sumber kekuasaan, yakni: kekuasaan paksaan (coercive power), kekuasaan keahlian (expert power), kekuasaan legitimasi (legitimate power), kekuasaan referensi (referent power), dan kekuasaan penghargaan (reward power).

Apa hubungan antara kepemimpinan dan kekuasaan?

Hubungan pemimpin dan kekuasaan adalah ibarat gula dengan manisnya, ibarat garam dengan asinnya, dua-duanya tak terpisahkan. Kepemimpinan yang efektif (effective leadership) terealisasi pada saat seorang pemimpin dengan kekuasaannya mampu menggugah pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan yudikatif?

Lembaga yudikatif merupakan lembaga pemegang kekuasaan kehakiman. Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

Mengapa kekuasaan itu penting bagi seorang pemimpin jelaskan?

Karena kekuasaan dan pengaruh dapat menjadi energi pendorong atau daya dorong seorang pemimpin untuk mempengaruhi, menggerakkan, dan mengubah perilaku para bawahannya untuk meningkatkan kinerja serta pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Brainly apa yang dimaksud dengan negara?

Negara adalah suatu wilayah yang didiami penduduk secara tetap dan mempunyai sistem pemerintahan, dan keberadaannya diaku oleh negara lain.

Apa pendapat John Locke pakar politik dari Inggris?

Locke menyatakan bahwa perlu ada pemisahan tegas antara urusan agama dan urusan negara sebab tujuan masing-masing sudah berbeda. Negara tidak boleh menganut agama apapun, apalagi jika membatasi atau meniadakan suatu agama.

Apa perbedaan antara bangsa dan negara?

Bangsa terbentuk dari adanya keberadaan sekelompok orang yang mempunyai kesamaan seperti agama, ras, adat istiadat, dan bahasa. Sedangkan negara terbentuk dari sekelompok orang yang berada pada suatu wilayah tertentu yang telah diatur oleh hukum dan pemerintah.

Kekuasaan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi tingkah laku?

”Kekuasaan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi perilaku orang lain, sehingga orang lain tersebut akan berperilaku sesuai dengan yang diharapkan oleh orang yang memiliki kekuasaan” (Robbins dan Judge, 2007).

Apa konsep dan definisi negara menurut Kranenburg?

Tujuan negara menurut Kranenburg, Shang Yang, dan Ahli lain. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut.

Apa perbedaan antara kepemimpinan dan kekuasaan?

Secara sederhana, kepemimpinan adalah setiap usaha untuk memengaruhi, sementara itu kekuasaan dapta diartikan sebagai suatu potensi pengaruh dari seorang pemimpin. Jadi kekuasaan merupakan salah satu sumber seorang pemimpin untuk mendapatkan hak untuk mengajak atau memengaruhi orang lain.