Home » Blog

Apa Yang Akan Terjadi Bila Planaria Dipotong Pada Bagian Tengah Tubuh Melintang

Daftar Isi

Apakah protozoa bisa membelah diri?

Protozoa berkembang biak dengan membelah diri dan konjugasi.

Apakah cacing planaria?

KOMPAS.com – Planaria adalah salah satu dari kelompok cacing pipih yang termasuk kelas Turbellaria (filum Platyhelminthes). Planaria merupakan nama salah satu genus, namun nama planaria juga digunakan untuk menyebut anggota famili Planariidae dan famili terkait.

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong pada bagian tengah secara membujur?

2. Saat planaria dipotong pada bagian tengah tubuh (secara membujur) maka: bagian tubuh kanan planaria akan perlahan akan menumbuhkan bagian tubuh kiri. bagian tubuh kiri akan menumbuhkan bagian tubuh kanan.

Jelaskan apa yang dimaksud daya regenerasi pada planaria?

Daya regenerasi Planaria yaitu setiap sel yang mampu memperbaiki atau menggantikan sel yang rusak ataupun hilang secara cepat.

Apakah cacing fragmentasi?

Fragmentasi adalah ciri khas perkembangbiakan vegetatif cacing pipih (Platyhelminthes). Fragmentasi adalah cara berkembang biak pada hewan dengan teknik memutuskan bagian tubuhnya atau memotong tubuhnya untuk membentuk organisme baru.

Bagaimana hasil akhir proses regenerasi setiap potongan tubuh induk planaria tersebut?

Planaria memiliki ciri khas berupa kemampuannya untuk meregenerasi diri bila dibelah atau dipotong. Bila satu planaria dipotong menjadi beberapa bagian, maka setiap potongan akan menjadi planaria baru.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Desain Produk

Apakah bintang laut termasuk hewan fragmentasi?

Bintang laut dapat berkembangbiak secara aseksual yaitu dengan fragmentasi dan secara seksual yaitu melalui pembuahan eksternal atau bertemunya sel ovum dan sel sperma yang terjadi di dalam air.

Apa yang dimaksud dengan daya regenerasi yang tinggi?

Planaria dikatakan memiliki daya regenerasi tinggi maksudnya karena kemampuan planaria untuk dapat membentuk individu baru secara utuh dari setiap potongan tubuhnya pada reproduksi aseksual.

Apa yang dimaksud dengan fragmentasi berikan contoh hewan yang melakukan presentasi?

question. Yang dimaksud fragmentasi adalah reproduksi aseksual yang dilakukan denga cara pemotongan bagian tubuh menjadi beberapa bagian. Contoh fragmentasi dilakukan oleh phaeophyta dan Planaria sp. Bagian tubuh yang terpotong pada saat fragmentasi akan tumbuh menjadi individu baru.

Apa pengaruh dari cacing tanah terhadap hara tersedia?

Cacing dapat mengubah sifat fisik dan kimia tanah, memperlancar proses mineralisasi bahan organik, dan menstabilkan siklus hara (Parkin dan Berry, 1999). Aktivitas cacing tanah meningkatkan ketersediaan hara tanah dan meningkatkan laju siklus hara (Basker et al. 1992).

Bagaimana cara memusnahkan cacing pipih?

Ia memusnahkan cacing tersebut. dengan cara memotong-motong tubuh cacing dengan pisau yang ia bawa.

Apakah cacing planaria bersifat parasit?

Kalian kenal Planaria? Ya… salah satu cacing pipih (Platyhelminthes) yang tidak bersifat sebagai parasit. Planaria merupakan salah satu cacing pipih yang hidup bebas.

Manakah diantara organisme berikut yang dapat berkembang biak dengan cara fragmentasi?

Contoh hewan yang berkembang biak dengan fragmentasi adalah cacing pita, Porifera, Ophiuroidea , dan cacing pipih ( Planaria ).

Bagaimana proses fragmentasi pada cacing planaria?

Planaria akan melakukan fragmentasi yaitu dengan cara mematahkan tubuhnya menjadi beberapa potongan tubuh, kemudian masing masing potongan tubuh tersebut akan melengkapi bagian tubuh yang hilang sehingga terbentuk individu baru yang utuh.

Apa yang dimaksud dengan meregenerasi sel?

Regenerasi sel adalah tindakan pembaharuan, pertumbuhan, atau restorasi sel yang terlibat dalam pematangan, penyembuhan luka, perbaikan jaringan, dan fungsi biologis yang sama.

Bagaimana cara reproduksi pada bakteri?

Bakteri dapat bereproduksi dengan membelah diri menjadi dua secara langsung dan spontan atau disebut dengan pembelahan biner secara amitosis.

Apa yang akan terjadi bila planaria dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala?

Jawaban terverifikasi ahli

Masing-masing bagian kepala, tengah, dan ekor planaria tersebut akan membentuk planaria yang baru sehingga akan menjadi 3 planaria yang baru.

Kenapa cacing tanah menghindari cahaya?

Cacing tanah bersifat nokturnal atau mempunyai kecenderungan menghindari cahaya bila cahaya berlebihan. Hal ini disebabkan tubuh cacing tanah terutama bagian ujung depan terdapat banyak sel fotosensitif yang sangat peka terhadap cahaya, terutama sinar ultra violet matahari.

Jelaskan apa saja peranan Platyhelminthes?

Peranan. Umumnya Platyhelminthes merupakan cacing yang merugikan karena bersifat parasit pada manusia dan hewan, namun terdapat spesies platyhelminthes (cacing pipih) yang tidak merugikan manusia atau hewan yaitu planaria. Planaria memiliki peranan yang dimanfaatkan sebagai makanan ikan.

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong menjadi 3 bagian kepala tengah dan ekor?

Jawaban terverifikasi ahli

Masing-masing bagian kepala, tengah, dan ekor planaria tersebut akan membentuk planaria yang baru sehingga akan menjadi 3 planaria yang baru.

Apakah cacing berkembang biak dengan cara ovipar?

Cacing berkembang biak dengan cara fragmentasi.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi dimana setiap potongan tubuhnya dapat membentuk bagian tubuh lain dan menjadi individu baru adalah?

Fragmentasi merupakan cara hewan untuk berkembangbiak dengan memutus atau memotong tubuhnya menjadi dua bagian atau lebih. Kemudian, potongan-potongan tubuh tersebut akan tumbuh menjadi individu-individu yang baru. Contoh hewan yang berkembangbiak secara fragmentasi yaitu cacing pipih atau planaria dan cacing pita.

Apa fungsi dari regenerasi?

Proses regenerasi jaringan sangat penting dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup. Salah satu fungsinya adalah untuk memperbaiki jaringan atau organ saat mengalami luka. Namun tidak semua mahluk hidup memiliki kemampuan regenerasi pada organ atau jaringannya, contohnya pada manusia.

Apa nama lain dari regenerasi?

Regenerasi Sinonim

membangun kembali, menciptakan, mereproduksi, daur ulang, mengulang, meremajakan, membangkitkan, refashion, menyusun kembali, menghidupkan kembali, merevitalisasi, merombak.

Bagaimana sistem pencernaan planaria?

-System pencernaan makanan planaria terdiri atas mulut, kerongkongan dan usus. -Faring dapat dijulurkan untuk menangkap makanan. -Memiliki usus yang bercabang tiga, satu cabang kearah anterior dan dua cabang kea rah posterior.

Bagaimana proses terbentuknya individu baru pada cacing planaria?

Pada Planaria, regenerasi dapat terjadi bila tubuhnya dipotong atau teriris. Planaria memiliki ciri khas berupa kemampuannya untuk meregenerasi diri bila dibelah atau dipotong. Bila satu planaria dipotong menjadi beberapa bagian, maka setiap potongan akan menjadi planaria baru.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Zakat Mal

Mengapa cacing pipih sangat sensitif terhadap cahaya?

Jawaban. Beberapa jenis cacing pipih memiliki sistem penginderaan berupa oseli, yaitu bintik mata yang mengandung pigmen peka terhadap cahaya. Bintik mata tersebut biasanya berjumlah sepasang dan terdapat di bagian anterior (kepala).

Apakah cacing planaria bertelur?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, platypus dan planaria secara berturut turut berkembang dengan cara bertelur dan fragmentasi.

Apakah planaria berkembang biak dengan cara membelah diri?

Adapun secara aseksual, planaria membelah diri secara transversal, tiap-tiap belahan mengembangkan bagian-bagian yang hilang dan berkembang menjadi satu organisme utuh.

Apakah cacing pipih berkembang biak dengan cara fragmentasi?

Jawaban. Penjelasan:cacing pipih berkembang biak dengan membelah diri menjadi fragmen fragmen.

Cacing planaria termasuk kelompok hewan apa?

Planaria termasuk dalam Filum Platyhelminthes yang memiliki bentuk tubuh pipih dan simetri bilateral.

Apa yang akan terjadi bila planaria dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala bagian tengah dan ekor brainly?

Jika planaria dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala, bagian tengah, dan bagian ekor​ maka akan membentuk individu baru. Planaria bereproduksi dengan aseksual dengan cara fragmentasi atau memotong diri. Setiap potongan tubuhnya mampu menjadi individu baru.

Apa perbedaan antara fragmentasi dan membelah diri?

Perbedaan membelah diri dengan fragmentasi ialah apabila pada fragmentasi tumbuh anggota tubuh baru dari potongan induk, sementara membelah diri akan terbentuk individu lengkap setelah induk membleah menjadi dua.

Mengapa planaria dapat membentuk individu baru meskipun dipotong pada berbagai bagian?

Jawaban: Karena cacing planaria berkembang biak secara vegetatif (tanpa kawin)dengan cara fragmentasi atau membelah diri dimana saat bagian tubunya terpisah maka akan membentuk Individu baru.

Cacing berkembang biak dengan cara apa?

Selama kawin, dua cacing berbaris terbalik satu sama lain sehingga sperma dapat dipertukarkan. Cacing tanah masing-masing memiliki dua lubang jantan dan dua wadah sperma yang mengambil sperma dari pasangannya. Cacing tanah pun memiliki sepasang ovarium yang memproduksi sel telur.

Apa yang dimaksud dengan daya regenerasi pada planaria?

Pengertian dari daya regenerasi yang terjadi pada planaria merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh tunbuhan planaria pada berbagai macam bentuk bagian tubuh yang mengalami kerusakan pada bagian Planaria.

Apa peranan dari planaria?

Planaria dapat ditemukan diperairan, genangan air, kolam, atau sungai. Hal ini membantu untuk menentukan tingkat pencemaran lingkungan atau sebagai indikator pencemaran.

Bagaimana cara reproduksi cacing planaria?

Planaria berkembang biak secara aseksual dengan fragmentasi dan secara seksual dengan pembentukan gamet.

Apakah cacing planaria bisa mati?

Cacing planaria ternyata luar biasa. Spesies ini tidak mati walaupun kepalanya dipenggal. Bahkan, kepalanya bisa tumbuh lagi dan ingatannya pun tidak hilang.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi dimana setiap potongan tubuhnya dapat membentuk bagian tubuh lain dan menjadi individu baru adalah?

Fragmentasi merupakan cara hewan untuk berkembangbiak dengan memutus atau memotong tubuhnya menjadi dua bagian atau lebih. Kemudian, potongan-potongan tubuh tersebut akan tumbuh menjadi individu-individu yang baru. Contoh hewan yang berkembangbiak secara fragmentasi yaitu cacing pipih atau planaria dan cacing pita.

Hewan apa yang berkembang biak dengan cara fragmentasi?

Fragmentasi. Merupakan cara perkembangbiakan hewan dengan cara memotong atau memutus bagian tubuh menjadi dua. Lalu kedua potongan tersebut akan membentuk individu-individu baru. Contoh hewan seperti cacing pita dan cacing pipih.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan regenerasi?

Sehingga dapat diartikan, regenerasi adalah proses alami tubuh makhluk hidup untuk memulihkan sel, jaringan, dan organ tubuh yang rusak agar bisa berfungsi kembali.

Cara perkembangbiakan dimana individu baru merupakan bagian tubuh dari induk yang terlepas kemudian tumbuh disebut?

Jawaban. individu baru yang terbentuk dari potongan tubuh induknya adalah pembiakan dengan cara VEGETATIF.

Apakah cacing pipih itu berbahaya?

Cacing pipih ini juga bisa dinilai cukup berbahaya. Terdapat beberapa spesies cacing pipih yang mampu menimbulkan bibit penyakit pada beberapa hewan dan manusia. Salah satunya adalah dari Clonorchis Sinensis, yang mampu menyebabkan infeksi cacing hati, baik pada manusia maupun pada hewan mamalia lainnya.

Bagaimana cara berkembang biak cacing pipih?

Cacing pipih dapat berkembang biak secara aseksual dan secara seksual. Secara aseksual dilakukan dengan pembelahan tubuh. Tiaptiap hasil pembelahan akan meregenerasi bagian yang hilang. Cara ini biasa dilakukan oleh Tubellaria sp.

Dimana hidup cacing pipih?

Cacing pipih atau Plathyhelmintes punya bentuk yang khas, yaitu pipih, lunak, dan simetri bilateral. Ia bisa hidup bebas di air tawar atau air laut, misalnya, Planaria dan sebagai parasit pada hewan atau manusia, misalnya, cacing hati. Struktur tubuh cacing ini sangat unik.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Terputusnya tubuh cacing planaria menjadi beberapa potongan tubuh yang mana tiap potongan dapat menjadi individu baru yang utuh Peristiwa ini disebut?

Planaria akan melakukan fragmentasi yaitu dengan cara mematahkan tubuhnya menjadi beberapa potongan tubuh, kemudian masing-masing potongan tubuh tersebut akan melengkapi bagian tubuh yang hilang sehingga terbentuk individu baru yang utuh.

Hewan apa saja yang berkembang biak dengan cara membelah diri?

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah Planaria dan beberapa jenis cacing. Perkembangbiakan secara membelah diri dilakukan oleh hewan bersel satu seperti amoeba. Cara induk hewan membelah diri adalah dengan membagi tubuhnya menjadi dua bagian sama besar.

Kenapa cacing takut cahaya?

Jawaban. cacing tanah memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap cahaya matahari langsung ataupun suhu yang panas karena itu cacing tanah selalu mencari tempat yang gelap. jika terkena suhu yg panas atau cahaya matahari langsung akan menyebabkan kulitnya kering. jika kulit cacing tanah mengering, ia akan mati lemas.

Apakah hewan planaria termasuk golongan vertebrata atau invertebrata?

termasuk kelompok Avertebrata atau hewan tidak bertulang belakang.

Apa yang spesial dari cacing planaria?

Jawaban. Planaria (Dugesia tigrina) memeiliki keistimewaan dalam melakukan regenerasi pada seluruh bagian tubuhnya. Untuk melakukan aktivitas hidupnya termasuk regenerasi diperlukan nutrisi.

Apakah Hydra berkembang biak dengan cara membelah diri?

Hydra termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara vegetatif yaitu melalui Tunas.

Apa yang akan terjadi bila planaria dipotong pada bagian tengah tubuh melintang brainly?

JAWABAN : A. Bila planaria dipotong pada bagian tengah tubuh (melintang) maka bagian atas akan menumbuhkan ekor dan bagian ekor akan menumbuhkan kepala.

Bagaimana cara reproduksi hewan pada kelas Turbellaria?

Reproduksi secara aseksual dengan regenerasi, yaitu diawali dengan badan yang bertambah panjang dan bagian tubuh dekat faring sedikit demi sedikit menyempit dan akhirnya terputus. Bagian yang terputus akan melengkapi diri. Masing-masing akan menjadi tubuh yang baru dan lengkap.

Apa yang dimaksud dengan hewan Hydra?

Hydra dalam mitologi Yunani dikenal sebagai naga berkepala banyak dengan kekuatan regenerasi yang luar biasa. Uniknya, Hydra juga eksis di dunia nyata. Namun, perlu diketahui Hydra merupakan hewan kecil dan memiliki kekuatan super dalam beregenerasi.

Apa yang dimaksud dengan fragmentasi?

Fragmentasi adalah pematahan atau pemotongan tubuh induk menjadi dua bagian atau lebih. Setelah itu, potongan tubuh tersebut akan mengalami regenerasi untuk membentuk bagian tubuh yang lain yang tidak ada pada potongan tubuh tersebut. Pada akhirnya, potongan-potongan tubuh tersebut akan menjadi satu individu yang baru.

Apakah cacing planaria bisa mati?

Cacing planaria ternyata luar biasa. Spesies ini tidak mati walaupun kepalanya dipenggal. Bahkan, kepalanya bisa tumbuh lagi dan ingatannya pun tidak hilang.

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong pada bagian tubuh di dekat kepala dan bagian ekor?

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong pada bagian tubuh di dekat kepala dan dibelah pada bagian ekor? ∆ bagian kepala akan membelah membentuk menjadi individu baru dan bagian ekor akan bercabang menjadi dua atau terbelah.

Mengapa planaria disebut sebagai hewan yang memiliki daya regenerasi yang sangat tinggi?

Pada perkembangan aseksual, planaria melakukan pembelahan secara transversal. Masing-masing belahan mengembangkan bagian-bagian yang hilang hingga terbentuk individu baru yang lengkap. Kemampuan mengembangkan bagian tubuh yang hilang inilah, sehingga planaria dikatakan mempunyai daya regenerasi yang tinggi.

Apa keistimewaan dari cacing pipih?

TEMPO.CO, Cambridge – Cacing pipih, hewan yang memiliki daya regenerasi tinggi, ternyata punya manfaat besar dalam membantu penyembuhan berbagai penyakit mata pada manusia. Tentu bukan cacing itu yang dibuat obat mata, melainkan peta gennya yang membantu para ilmuwan mempelajari indera penglihatan tersebut.

Planaria berkembang biak dengan fragmentasi apa artinya?

cacing pipih (Planaria) berkembang biak dengan cara fragmentasi. Fragmentasi merupakan pemutusan bagian tubuh. Setelah tumbuh mencapai ukuran yang normal, Planaria secara spontan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian berkembang menjadi dewasa dan proses tersebut akan terulang kembali.

Apa yang dimaksud dengan fragmentasi berikan contoh hewan yang melakukan presentasi?

question. Yang dimaksud fragmentasi adalah reproduksi aseksual yang dilakukan denga cara pemotongan bagian tubuh menjadi beberapa bagian. Contoh fragmentasi dilakukan oleh phaeophyta dan Planaria sp. Bagian tubuh yang terpotong pada saat fragmentasi akan tumbuh menjadi individu baru.

Apakah hewan ovovivipar itu?

Hewan ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Contoh hewan ovovivipar antara lain ikan hiu, ikan pari, kadal, dan lain sebagainya.